REPRESENTASI POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TUNGGAL PADA FILM YANG TAK TERGANTIKAN (2021)

Fitrinanda An Nur(1*)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi pola komunikasi orang tua tunggal pada film Yang Tak Tergantikan. Film Yang Tak Tergantikan merupakan film Indonesia karya sutradara Herwin Novianto yang mengangkat kisah tentang drama keluarga, dan telah dirilis pada tanggal 15 Januari 2021. Fokus penelitian ini adalah mengenai bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara tokoh Aryati dengan ketiga anaknya pada film tersebut. Tokoh Aryati digambarkan sebagai seorang ibu single parent yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes, yaitu “Two Order of Signification” atau signifikasi dua tahap. Model analisis semiotika Roland Barthes digunakan peneliti untuk mengungkapkan makna denotasi, konotasi, dan mitos pada film Yang Tak Tergantikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan studi dokumentasi yang kemudian diolah peneliti untuk mendapatkan data yang sesuai dan akurat. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa film Yang Tak Tergantikan dapat merepresentasikan pola komunikasi antara tokoh Aryati sebagai orang tua tunggal dengan ketiga anaknya, yang dimana terdapat dua pola komunikasi yang digunakan yaitu pola komunikasi authoritative dan pola komunikasi authoritarian, sedangkan pola komunikasi permissive tidak ditemukan dalam penelitian ini.


Kata kunci: Pola Komunikasi, Orang Tua Tunggal, Semiotika, Film

References

Alfathoni, & Manesah. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish.

Barthes, R. (1972). Mythologies. The Noonday Press.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.

Fauzi, R. (2020). Komunikasi Interpersonal Anak Broken Home Pasca Perceraian Orang Tua. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 02(01), 16–23.

Hafizah, E., & Sari, P. (2019). Pola Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(1), 92.

Junaedi, A., & Yustiana, M. (2019). Representasi Feminisme Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Untar, 3(1).

Kristianto, K. D. (2015). Representasi Fungsi Keluarga Dalam Film Ekskul. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, 3(2), 1.

Losa, T. J., Boham, A., & Harilama, S. (2016). Pola Komunikasi Ibu Single Parent Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Di Kelurahan Tingkulu. E-Journal “Acta Diurna,” 5(2), 1–2.

Makarim, F. R. (2020). Pola Asuh Anak Ala Timur dan Barat, Apa Bedanya? Halodoc.Com. https://www.halodoc.com/artikel/pola-asuh-anak-ala-timur-dan-barat-apa-bedanya

Monalisa. (2018). Pola Asuh “positive parenting” untuk generasi milenial. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/708760/pola-asuh-positive-parenting-untuk-generasi-milenial

Ningsih, R. (2017). Pola Komunikasi Keluarga dalam Menanamkan Tata Cara Berpakaian Melayu di Kelurahan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 6–7.

Prihatin, I. U. (2020). Kemenag Sebut Angka Perceraian Mencapai 306.688 Per Agustus 2020. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com/peristiwa/kemenag-sebut-angka-perceraian-mencapai-306688-per-agustus-2020.html

Soyomukti, N. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Ar-Ruzz Media.

Suprihatin, T. (2018). Dampak Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent Parenting) Terhadap Perkembangan Remaja. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung.

Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga: Pemahaman Hakikat Keluarga dan Penanganan Problematika Rumah Tangga. Ghalia Indonesia.

Urfan, N. F. (2018). Semiotika Mitologis Sebuah Tinjauan Awal Bagi Analisis Semiotika Barthesian. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).

Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak Journal of Communication, 3(1), 52.

Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi Edisi 2.

Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 261 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 200 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.