PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BRAND FASHION STREETWEAR URBAIN INC.

Muhammad Rizky Pramadyanto(1*)

(1) Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak

besarnya pengguna internet di Indonesia menjadi faktor utama bagi pebisnis untuk menggunakan pemasaran digital untuk mendapatkan konsumen. Urbain inc sebagai brand fashion streetwear menjadi salah satu brand yang diminati dikalangan penikmat fashion. Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. penelitian ini mengkaji bagaimana pemanfaatan yang dilakukan oleh urbain inc dalam digital marketing dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder serta observasi. Sumber data yang digunakan berupa jurnal, publikasi, situs, serta laman media sosial urbain inc. hasil penelitian menunjukan pemanfaatan digital marketing sebagai pemasaran termasuk website, e-commerce dan sosial media dengan menggunakan slogan “VS Everybody” dinilai berhasil dalam membangun brand awareness. Karena bisa membangun top of mind masyarakat bahwa urbain inc merupakan brand fashion streetwear yang kuat akan unsur street culture. Media sosial Instagram dan platform e-commerce memiliki faktor besar dalam membangun brand awareness urbain inc dimata masyarakat.

References

Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Creative strategies in social media marketing: An exploratory study of branded social content and consumer engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15-27.

Brodie, R. J., & Etc. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of Service Research, 14(3), 252-271.

computerhope.com. (2017, 10 12). Website marketing. Retrieved from https://www.computerhope.com/: https://www.computerhope.com/jargon/w/website-marketing.htm

Drewniany, A. J., & Jewler. (2008). Creative Strategy in Advertising. Lyn Uhl.

Durianto, & etc, ,. S. (2017). Strategi Menaklukan Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Honebein, P. C. (1996). Seven goals for the design of constructivist learning. New Jersey: Educational Technology Publications.

hypebeast.com. (2021, June 9). Ngobrol bareng Adi tentang Evolusi Streetwear dan Pengaruhnya ke Industri Lifestyle di Indonesi. Retrieved from www.hypebeast.com: https://hypebeast.com/id/2021/6/ngobrol-bareng-adi-tentang-evolusi-streetwear-dan-pengaruhnya-ke-industri-lifestyle-di-indonesia

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53(1), 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management 14thE. New Jersey: Upper Saddle River, NJ Pearson Education Limited.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Machado, C., & Davim, J. (2016). Theory and Application of Business and Management Principles. Switzerland: Springer International.

Manning, J. (2014). Social media, definition and classes of. In K. Harvey (Ed.),. In Encyclopedia of Social Media and Politic, 1158-1162.

Moleong, & J., L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purwana. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani.

Rathnayaka, U. (2018). Role of Digital Marketing in Retail Fashion Industry: A Synthesis of the Theory and the Practice. Journal of Accounting & Marketing.

Ryan, D., & Jones. (2009). Understanding Digital Marketing. London: Kogan Page.

Sanapiah, F. (2005). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.

Sibero, A. (2011). Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: MediaKom.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa TalesKabupaten Kediri. Generation Journal /Vol.4, 41-48.

Susanti. (2017). PROSIDING seminar nasional sisfotek Pemanfaatan E -Commerce Untuk Mendukung UMKM Dalam Pemasaran., (pp. 201–208).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

WeAreSocial, & Hootsuite. (2021). Digital Indonesia. Retrieved from datareportal.com: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia?rq=indonesia

YoungOnTop. (2020, June 10). Rahasia Dibalik Larisnya Kaos Jakarta VS Everybody. Retrieved from www.youngontop.com: https://www.youngontop.com/read/227089/rahasia-dibalik-larisnya-kaos-jakarta-vs-everybody/

Article Metrics

Abstract view(s): 182 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 299 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.