Strategi Promosi Portal Berita Serayunews Dalam Membangun Brand Awareness

Rizky Mardhiyanto(1*), Muhammad Muttaqien(2)

(1) universitas muhammadiyah yogyakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Suatu perusahaan dapat membangun brand awareness di benak masyarakat dalam mengenalkan produknya dengan berbagai cara, salah satunya melalui media berita online. Media online dapat dijadikan sebagai alat dalam memilih pasar dengan melakukan penyebaran berita dan alat untuk melakukan hubungan dengan para konsumen, karena umumnya masyarakat banyak yang menggunakan media online. Seperti media berita Serayunews yang merupakan media berita online yang mengabarkan berita dan informasi di Eks Karesidenan Banyumas. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui serta memahami strategi promosi yang dilakukan atau diterapkan oleh Serayunews dalam membangun brand awareness. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang bersumber pada pengumpulan data dan menganalisa faktor-faktor pendukung penelitian dengan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa media promosi yang digunakan Serayunews yang pertama adalah media online, kedua bekerjasama dengan media-media yang sifatnya konvensional, karena target pasar media konvensional berbeda dengan media online, tujuanya untuk menyebarkan Serayunews kepada konsumen media konvensional, lalu untuk membangun brand awareness dibenak masyarakat yaitu dengan memberikan berita, sosialisasi dalam bentuk event, sponsor, berkerjasama dengan stakeholders, berkerjasama dengan pengusaha dan organisasi setempat, Serayuews juga melakukan give away melalui instagram dan facebook untuk pembaca Serayunesews, dengan cara-cara tersebut maka Serayunews dapat menarik konsumen.

References

Ani, S. (2021). STRATEGI PROMOSI SHIROKUMA CAFE DI MASA PANDEMI. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 7(2), 103–109. https://doi.org/10.30813/jhp.v7i2.3024

Arifin, M. S. (2018). MANAJEMEN REDAKSIONAL PORTAL BERITA ONLINE DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI Teknologi internet beserta berbagai platform turunannya adalah revolusi bidang teknologi yang berpengaruh media ) yang berbasis internet seperti Barack Obama me.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta 2010.

Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta : Wedatama Widya Sastra.

Dharmesta, B. S., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty Offset.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fitria, Y., & Farida, F. (2018). Strategi Promosi Agen Properti Independen Pada Media Online. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1376

Goh, TH. Sunny, Kheng-hor, K. (2003). Marketing wise. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Juliana, S., & Sihombing, S. O. (2019). Pengaruh Penempatan Produk Dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 19. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702

Junaedi, fajar. (2019). Etika komunikasi di era siber: teori dan praktik (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Kominfo. (2020). Penggunaan Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker

Nurdiansyah, F., & Ruqoyah, henhen siti. (2021). STRATEGI BRANDING BANDUNG GIRI GAHANA GOLF SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 Fajar. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 5–48.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Rahmadhani, Y. (2017). Www.tripriau.com dalam membangun. 4(1), 1–15.

Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6

Romli, M., A. S. (2018). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutari, N. G. A. K., & Dalem, A. A. G. A. P. D. (2017). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa GOJEK Dalam Meningkatkan Brand Awareness Cabang Bali. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.

Suwandi, & Basrowi. (2008). Memahami penelitian kualitatif (Suwandi (ed.)). Jakarta : Rineka Cipta.

Tyasmara, I. wulan. (2016). Strategi Promosi Surat Kabar Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Visi Komunikasi, 15(02), 189–203.

Article Metrics

Abstract view(s): 356 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 646 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.