Representasi Kecantikan dalam Akun Tiktok Jharna Bhagwan

Tri Yuni Fatmawati(1*), Fitrinanda An Nur(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract

 

Kecantikan dan perempuan adalah kesatuan yang sebanding. Kecantikan sebagai ciri perempuan sebenarnya yang mengakar kuat dalam sistem sosial yang lebih luas dan terencana secara budaya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana kecantikan direpresentasikan dalam akun TikTok Jharna Bhagwani. Bertujuan untuk menganalisis isi konten kecantikan yang direpresentasikan dalam akun TikTok Jharna Bhagwani.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosial media TikTok milik Jharna Bhagwani. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, observasi, dan studi pustaka yang kemudian diolah peneliti untuk mendapatkan data yang akurat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi kecantikan dalam akun TikTok Jharna Bhagwani ditampilkan dengan berbeda. Pada unggahannya tersebut Jharna Bhagwani mencoba me-recreate berbagai macam make up karakter untuk menegaskan bahwa cantik itu tidak harus berdandan seperti perempuan pada umumnya yang melulu berdandan cantik. TikTok bisa menjadi sarana bagi perempuan terutama Jharna Bhagwani untuk mengaktualisasikan diri.

 

Kata Kunci: Analisis Isi Kualitatif; Kecantikan; Representasi; TikTok

 

References

Agustin, F. K., & Wiwitan, T. (2021). Hubungan Beauty Vlogger dengan Kreativitas Remaja Perempuan pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(2), 767–772.

An Nur, F., & Hariyanti, N. (2019). Beauty Vlogger: Representasi Perempuan di Era Disrupsi. ETTISAL : Journal of Communication, 4(2), 213–220. https://doi.org/10.21111/ejoc.v4i2.3600

Aprilita, D., & Listyani, R. H. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo , Bidadarisurga , dan @papuan_girl). Journal of Sociologi Studies: PARADIGMA, 04(03), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16891

Aziizah, I. A. N. (2022). Tren Make Up 2022, Korean Natural hingga Arabian Look Jadi Pilihan Perempuan Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tren Make Up 2022, Korean Natural hingga Arabian Look Jadi Pilihan Perempuan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/life.

Caesarlita, D. (2016). 3 Jenis Tata Rias yang Wajib Diketahui. https://lifestyle.sindonews.com/berita/1159568/186/3-jenis-tata-rias-yang-wajib-diketahui

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group.

Fakih, F. I. N., Purnawan, N. L. R., & Pradipta, A. D. (2021). PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING@jharnabhagwani SEBAGAI BEAUTY INFLUENCER MELALUI TIKTOK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi MEDIUM, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.4324/9780429201226-7

Hakim, A. R. (2021). INSECURE DALAM ILMU PSIKOLOGI DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’ĀN. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representation and Signifying Practice. Sage Publication.

https://vt.tiktok.com/@jharnabhagwani/. (2022).

Ikasari, O. (2018). Representasi Kecantikan pada Video Youtube Beauty Vlogger “The Power of Makeup!” (Analisis Semotika pada Video “The Power of MAKEUP!” dalam Akun Beauty Vlogger YouTube Nikkie Tutorials). Universitas Sebelas Maret.

Khomalia, I. (2018). STANDARISASI KECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL: Analisis Wacana Sara Mills Beauty Standard di Canel Youtube (Gita Savitri Devi). Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 16(1), 62–80. https://doi.org/10.21154/dialogia.v16i1.1494

Nurhalimah, S. (2019). Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Deepublish.

Nurvian, I. A. (2019). Kecantikan Perempuan Dalam Majalah Utterly Me Yang Dikaitkan Dengan Alam [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/94774/%0Ahttp://repository.unair.ac.id/94774/4/4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Pertiwi, A. (2020). Viral Lewat #LathiChallenge, Jharna Bhagwani Sampaikan Pesan Positif Lewat Make Up.

Prabasmoro, A. P. (2003). Becoming White: Representasi Ras, Kelas, Feminitas, & Globalitas dalam Iklan Sabun. Jalasutra.

Prahmadhani, D. T. (2007). Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skin Care Tentang Kecantikan [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/28150/2/019114109_Full%5B1%5D.pdf

Rahmat. S., Novi. S., & N. H. (2021). Perempuan: Perempuan dan Media Volume 1. Syiah Kuala University Press.

Saputera, R. T. (2021). Analisis Video Comment to Video Likes Ration TikTok pada 5 Artis TikTok dengan Followers Terbanyak 2021.

Sari, A. T. P. (2017). ‘Tidak menang tampang doang’: kombinasi outer dan inner beauty di kalangan mahasiswi. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 2(1), 1–19.

Satria, G. D. &, & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119.

Suci, F. (2021). Perempuan: Perempuan dan Media Volume 1. Syiah Kuala University Press.

Yanti, V., & Bajari, A. (2020). KONSTRUKSI CANTIK DALAM AKUN INSTAGRAM. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 55–68. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.55-68.2019

Article Metrics

Abstract view(s): 661 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 684 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.