Citra Ganjar Pranowo dalam Konflik Desa Wadas Di Media Online

Azizah Musyaffa(1), Said Romadlan(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract

Selama ini citra Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang dekat dan peduli dengan warganya. Namun pada konflik Wadas citra tersebut mulai dipertanyakan karena Ganjar Pranowo dianggap tidak melindungi dan tidak membela warga Desa Wadas. Fokus penelitian ini pada pemberitaan media online Kompas.com dan suaramerdeka.com untuk melihat citra Ganjar Pranowo dalam konflik Desa Wadas. Maka pemasalahan penelitian yang diajukan adalah pertama, bagaimana citra Ganjar Pranowo dalam konflik Desa Wadas di media online Kompas.com dan suaramerdeka.com? Kedua, apa faktor yang menentukan citra Ganjar Pranowo dalam konflik Desa Wadas di media online Kompas.com dan suaramerdeka.com? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh isi media dan konsep citra, sedangkan metodenya adalah analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com menampilkan citra Ganjar Pranowo secara positif dan negatif, sedangkan suaramerdeka.com lebih menonjolkan citra positif Ganjar Pranowo dalam konflik Desa Wadas. Adapun faktor yang menentukan citra Ganjar Pranowo dalam konflik Desa Wadas, Kompas.com dipengaruhi oleh individu pekerja media, sedangkan suaramerdeka.com dipengaruhi oleh organisasi media. Hasil penelitian ini memperkuat teori hirarkhi pengaruh isi media bahwa isi media dipengaruhi berbagai faktor untuk kepentingan-kepentingan tertentu termasuk berfungsi untuk membentuk atau menentukan citra seseorang tokoh politik. 

Kata Kunci: Citra; Ganjar Pranowo; Desa Wadas; Pengaruh Isi Media

 

 

So far, Ganjar Pranowo's image is a leader who is close and cares about his citizens. However, in the Wadas conflict, the image began to be questioned because Ganjar Pranowo was considered not to protect and did not defend the residents of Wadas Village. The focus of this research is on online media reports Kompas.com and suaramerdeka.com to see the image of Ganjar Pranowo in the Wadas Village conflict. So the problems of the proposed research is first, what is the image of Ganjar Pranowo in the Wadas Village conflict in the online media Kompas.com and suaramerdeka.com? Second, what are the factors that determine Ganjar Pranowo's image in the Wadas Village conflict in Kompas.com and suaramerdeka.com online media? The theory used in this study is image concept and theories of influence on mass media content, while the method is qualitative content analysis. The results showed that Kompas.com displayed Ganjar Pranowo's image positively and negatively, while suaramerdeka.com highlighted the positive image of Ganjar Pranowo in the Wadas Village conflict. As for the factors that determine Ganjar Pranowo's image in the Wadas Village conflict, Kompas.com influenced by individual media workers, while suaramerdeka.com are influenced by media organizations. The results of this study strengthen the hierarchical theory of the influence of media content that the media content is influenced by various factors for certain interests including functioning to shape or determine the image of a political figure.

Keywords: Image; Ganjar Pranowo; Wadas Village; Influence on Media Content

References

Adam, B. (2022). PEMBERITAAN PEMBANGUNAN BENDUNGAN DI DESA WADAS PADA KOMPAS.COM DAN VIVA.CO.ID (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN) [Universitas Nasional]. http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5640

Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Berger, A. A. (2011). Media and Communication Research Methods an Introduction to Qualitative and Quantitative Approach (2nd ed.). Singapore: Sage.

Colistra, R. (2018). Power Pressures and Pocketbook Concerns: Perceptions of Organizational Influences on News Content in the Television Industry. International Journal of Communication, 12, 1790–1810. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/8121/2331

David, C. C., Tandoc, E. C., & Katigbak, E. (2019). Organizational adaptations to social media: How social media news workers in the Philippines are embedded in newsrooms and influences on editorial practices. Newspaper Research Journal, 40(3), 329–345. https://doi.org/10.1177/0739532919835611

Eriyanto. (2019). Metode Penelitian Komunikasi (3rd ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Hartiana, T. I. P., Setyarinata, A. W., & Nugraheni, Y. (2020). Citra politik Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo di media sosial. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.21319

Hutagalung, I. (2016). BUDAYA ORGANISASI DAN DINAMIKA RUANG REDAKSI ( Proses Gatekeeping di Kompas dan Koran Tempo ). JURNAL INTERAKSI, 5(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.5.1.1-6

Hutami, M. F., & Sjafirah, N. A. (2019). Framing Media Online Tribunnews.Com Terhadap Sosok Perempuan Dalam Berita Video Pornografi Depok. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1), 25–43. https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21072

Jefkins, F. (2003). Public Relations (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Latief, R. (2018). Penerapan Jurnalisme Presisi Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Jurnalisa, 04(1), 46–60. http://103.55.216.56/index.php/jurnalisa/article/view/5620

Mustafa, M., Abdullah, A., & Jayus, J. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMULIHAN CITRA JOKOWI DALAM MENGATASI WABAH COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(1), 77. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i1.15686

Novianty, S. M. (2019). Brand Politik Presiden Jokowi Di Kanal Berita Daring. WIDYAKALA JOURNAL, 6(2), 96. https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.135

Nusaibah, A. A., Abrar, A., & Martini, S. (2021). Sejarah Pemikiran Kebangsaan Jakob Oetama Pada Surat Kabar Kompas 1970-2001. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 89–102. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3597

Oliver, S. (2006). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v5i1.5584

Romadlan, S., & Fauziah, I. (2022). KONSTRUKSI REALITAS MEDIA ONLINE MENGENAI KEKERASAN APARAT KEPOLISIAN DI DESA WADAS, JAWA TENGAH. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 26(1), 53–70. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4954

Shoemaker, P. J., Eichholz, M., Kim, E., & Wrigley, B. (2001). Individual and Routine Forces in Gatekeeping. Journalism & Mass Communication Quarterly, 78(2), 233–246. https://doi.org/10.1177/107769900107800202

Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating the Message Theories of Influences on Mass Media Content (2nd ed.). New York, Longman Publisher.

Wibisono, I., & Nusantara, A. B. (2022). POLA KOMUNIKASI POLITIK GANJAR PRANOWO MELALUI AKUN YOUTUBE @GANJARPRANOWO DALAM MENYIKAPI ISU. INTELEKTIVA, 3(10), 70–88. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/767

Article Metrics

Abstract view(s): 875 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 758 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.