Efektivitas Instagram Sebagai Media Informasi Pondok Modern Darul Hijrah Putra Martapura

Mohammad Luthfi(1), Muhammad Taufiq Mubarak(2*)

(1) Universitas Darussalam Gontor
(2) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author

Abstract

Berdasarkan analisis phlanx.com, Instagram @pondokdarulhijrah memiliki engagement rate sebesar 4.59% dengan jumlah  9.715 followers yang berada pada rentang 5k-20k followers dengan nilai Average 2.43% dinyatakan sangat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa efektif penggunaan Instagram sebagai media informasi pondok modern Darul Hijrah Putra mengacu pada Teori 4C Chris Heuer dengan empat indikator yaitu context, communication, collaboration, dan connection. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi followers Instagram @pondokdarulhijrah sebanyak 9.715 followers. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikan 5% menghasilkan sampel sebesar 384 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media informasi pondok modern Darul Hijrah Putra dinyatakan sangat efektif yang ditunjukkan dengan skor 19.292 yang berada pada rentang interval 18.720 – 23.040 ( >Q3-A). Indikator tertinggi dalam efektivitas media sosial ialah indikator context dengan skor grand mean 3.28.  Indikator context berada pada kategori sangat efektif dengan total skor 1.327 atau sebesar 82.52%. Indikator terendah dalam efektivitas media sosial ialah indikator connection dengan skor grand mean 3.13. Indikator connection merupakan efektivitas paling rendah dengan total skor 1.219 atau sebesar 75.81% dikategori sangat efektif. Indikator connection perlu dilakukan evaluasi dikarenakan deskriptor ini memperoleh hasil yang sangat rendah diantara tiga indikator. Agar followers dapat mencari kembali konten informasi-informasi terkait informasi perkembangan pondok harus dilakukan kedekatan yang baik antara public relations pondok modern Darul Hijrah Putra dengan followers di media sosial Instagram. Pada penelitian ini memberikan kontribusi secara teoritis terhadap pengembangan keilmuan dalam kajian media sosial juga memberikan manfaat secara praktis dalam penggunanan instagram sebagai media informasi pesantren khususunya pondok modern Darul Hijrah Putra Martapura.

References

Amin, K., Alfarauqi, M. D. A., & Khatimah, K. (2018). Social Media, Cyber Hate, and Racism. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 3–10. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i1.5613

Annur, C. M. (2022). Ada Berapa Pengguna Internet dan Media Sosial di Seluruh Dunia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/12/08/ada-berapa-pengguna-internet-dan-media-sosial-di-seluruh-dunia

Austin, E. W., & Pinkleton, B. E. (2006). Strategic Public Relation Management. LAWRENCE ERLBAUM ASSOCIATES, PUBLISHERS.

Dwijayanti, J., & Kusumastuti, Y. I. (2018). Hubungan Antara Cyber Public Relations dalam Mengkomunikasikan Etika Bisnis dan Citra Burgreens. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 186–203. http://ithh.journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25631/16642

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.

Hubner, I. B., Virgiana Wijaya, J., & Dwi Nugraha, K. (2022). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Flash Coffee Di Jabodetabek. Jurnal Bangun Manajemen, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.94

Ilhamuddin, M. F., Rifqi, A., Setianingrum, V. M., & Naqiyah, N. (2021). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Humas Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89–93.

Jannati, N., Praktisi, R., Dan, P. R., Pascasarjana, L., & Komunikasi, M. (2015). Tantangan dan Kesempatan Praktisi Public Relations Menghadapi Dinamika Era Digital di Indonesia. CommLine, VI(2), 131–142. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/commline/article/view/609

Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136

Kriyantono Ph.D, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. PRENADAMEDIA GROUP.

Kurniawati, W. D. N. (2016). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(2), 127–143. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943

Lim, R. P., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Pengguna Instagram terhadap Kesehatan Mental Instagramxiety pada Remaja di Kota Salatiga. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 47–66. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13757

Nandiwardhana, B. (2020). Etika Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Citra Perusahaan. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 3(3), 228–240. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i3.90

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6

Prasetyo, K., Amrullah, H. F., & Endri, E. P. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @satgascovid19.id Di Memenuhi Kebutuhan Informasi Tentang Covid-19 ( Survei Masyarakat DKI Jakarta ). Journal of Social Sciences and Humanties, 18(7), 309–318.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Riduwan, & Akdon. (2008). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. ALFABETA.

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP, 4(2), 1–13.

Solis, B. (2010). Engage! The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. In International Journal of Advertising (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.2501/S0265048710201300

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv.

Susanto, T., Utamidewi, W., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 200–210. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3454

Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations Pt. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792

Susilo, A., Tresnawati, Y., Kresnowiati, W., & Listiani, E. (2022). Social Media and Government : The Effectiveness of Instagram as Socialization Media for Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Program by Ministry of Education and Culture , Republic of Indonesia. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 4(2), 197–208.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2021). Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication PT GMF Aeroasia. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(2), 81–97. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/4173

Article Metrics

Abstract view(s): 400 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 352 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.