WAJAH SOEHARTO DALAM INFOTAINMENT (ANALISIS FRAMING TABLOID CEK & RICEK TERHADAP PEMBERITAAN SOEHARTO)

Ika Damayanti(1*)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Soeharto adalah orang yang paling berkuasa di Indonesia pada masanya. Dia meninggal dalam sebuah kontroversi yang berhubungan dengan biografinya dan banyak kasus yang belum terselesaikan. Jurnalis telah bekerja sangat keras untuk mengungkap setiap menit di kehidupannya seperti infotainment yang biasa meliput aktifitas-aktifitas selebriti. Masing-masing media memiliki frame sendiri untuk mendeskripsikan kisah Soeharto yang mungkin mempengaruhi masyarakat untuk memahami Soeharto sebagai cara mereka membingkai dirinya. 

Full Text:

PDF

References

BP2i. Observasi Vol. 4, No.2, Th. 2006. Menggugat Infotainment

Effendy Uchjana Onong. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2004. Komunikasi Massa. Malang: CESPUR

Severin J. Werner-James W. Tankard, Jr. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media.

Sobur Alex. 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. 2006: Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syahputra Iswandi. 2006. Jurnalistik Infotainment: Kancah Baru Jurnalistik Dalam Industri Televisi. Yogyakarta: Pilar Media.

Koran

Tempo, 27 Mei 2008.

Article Metrics

Abstract view(s): 330 time(s)
PDF: 282 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.