Model Perilaku Komunikasi Komunitas Hong dalam Melestarikan Permainan dan Mainan Tradisional Sunda

Santi Susanti(1*), Yuni Nurtania(2), Yuni Nurtania(3)

(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract

Permainan tradisional merupakan hasil budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Permainan tersebut sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal yang tercermin dalam etika dan norma yang berlaku dalam memainkan suatu permainan. Perkembangan teknologi dan berkembangnya kebutuhan manusia telah menggantikan permainan tradisional dengan permainan modern. Di saat permainan modern bekembang pesat, permainan tradisional menjadi kian tersisih, tertinggal bahkan terlupakan. Komunitas Hong sebagai pusat kajian mainan rakyat yang didirikan pada tahun 2003, berupaya melestarikan mainan dan permainan rakyat sebagai salah satu identitas bangsa. Untuk menjaga eksistensinya dalam melestarikan dan mengembangkan mainan serta permainan rakyat Sunda, Komunitas Hong melakukan upaya-upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung keberlangsungan komunitasnya, baik dari kalangan internal maupun dari lingkungan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi Komunitas Hong dalam melestarikan permainan dan mainan tradisional Sunda. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan, perilaku komunikasi Komunitas Hong disesuaikan dengan khalayak sasaran yang dituju, yang terdiri dari masyarakat/publik, pemerintah, sesama anggota komunitas Hong, mitra kerja dan sponsor penyandang dana. Komunikasi dilakukan melalui beragam kegiatan, antara lain workshop, festival, kemitraan dan publikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah, perilaku komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas Hong, merupakan bagian dari upaya melestarikan permainan dan mainan tradisional masyarakat Sunda. Pesan yang dirancang sedemikian rupa dengan penyaluran melalui berbagai media, merupakan langkah strategis untuk mengenalkan mainan dan permainan tradisional masyarakat Sunda agar dikenal luas oleh masyarakat sehingga upaya melestarikan mainan dan permainan tradisional Sunda dapat berlangsung berkesinambungan.

 

Kata kunci: Perilaku komunikasi, komunitas Hong, pelestarian budaya, mainan dan permainan tradisional, masyarakat Sunda

Full Text:

PDF

References

Berlyne, Daniel E. (1960). Conflict, Arousal dan Curiosity. New York: McGraw Hill

Donohew, L., L. Tipton. (1973). A Conceptual Model Information Seeking, Avoiding dan Processing New Holder for Communication Research. London: Sage Publication

Jantra, Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 1 No. 1, Juni 2006

Johan Huizinga. 1990. Homo Ludens: Fungsi dan Hakekat Permainan dalam Budaya. Jakarta: LP3ES.

Johanes, Mardimin. 1994. Transforasi Budaya menuju Masyarakat Indonesia Modern. Yogyakarta: Kanisius)

Lasswell, Harold (1948). Bryson, L., Ed. The Structure and Function of Communication in Society. The Communication of Ideas. New York: Institute for Religious and Social Studies, 117.

Miles, M. dan Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitataif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Ruhidi, Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Rosda.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. Konsep Perilaku dan Perilaku Kesehatan, dalam Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Pamela Angell (2006). Business Communication: Creativity, Strategy, and Solution. McGraw-Hill..

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Jakarta: Tiara Wacana.

Sitepu, Anwar. 2004. Pembangunan Komunitas Peduli Anak di Kampung Belakang

Penelitian:

Alif, Mohamad Zaini, “Perubahan dan Pengembangan Bentuk, Fungsi dan Material Mainan Dalam Permainan anak di Masyarakat Sunda”, Tesis, Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung, ITB, Bandung, 2006.

Yonathan, Arman “Perancangan Buku “Ulin Yu!!” sebagai upaya pelestarian Permainan Rakyat Jawa Barat”, Skripsi, Program Sarjana Desain Komunikasi Visual, Maranatha, Bandung, 2009

Yupi Sundari, “Strategi Komunikasi Kelompok Sambasunda dalam Mengembangkan Musik Tradisional Sunda”, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Komunikasi, UNPAD, Bandung, 2006

www.wikipedia.org

http://id.depsos.go.id

http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak/print/edisi=179

Wawancara M. Zaini Alif, 17 Mei 2009

Wawancara Mohammad Djunardi, 15 Mei 2009.

Article Metrics

Abstract view(s): 1375 time(s)
PDF: 1534 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.