HUBUNGAN ROMANTIS DI MEDIA SOSIAL (Resepsi Pengguna terhadap Keterbukaan Hubungan Romantis yang Diunggah Selebgram di Instagram)

Maya Puji Lestari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penggunaan media sosial di Indonesia menunjukkan angka yang semakin meningkat di setiap tahunnya. Kini, realitas yang terjadi dalam dunia nyata tidak lagi bisa dipisahkan dengan apa yang terjadi pada media sosial, begitu pula sebaliknya. Instagram sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia menjadi objek dalam penelitian ini. Dengan menggunakan analisis resepsi yang Stuart Hall, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi pengguna mengenai keterbukaan hubungan romantis yang ada di instagram. Seluruh informan bergender perempuan dengan latar belakang usia dan profesi yang beragam. Setelah melakukan pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi, didapatkan hasil jika norma agama dan adat budaya membentuk batasan pada postingan-postingan yang ditoleransi untuk disebarkan di instagram. Para informan menyetujui jika pernikahan merupakan cita-cita pada hubungan romantis dan menjadi institusi yang melegalkan segala keterbukaan hubungan romantis di instagram. Realitas di instagram menciptakan nilai dan konsep baru di dunia nyata, salah satunya adalah standarisasi pernikahan yang instagram-able. Di samping itu, sebagian besar informan tidak menyetujui apabila kemesraan diekspresikan secara berlebihan di instagram karena bertentangan dengan norma moral yang berlaku secara kolektif di masyarakat. Perbedaan resepsi terjadi pada informan yang memiliki latar belakang gaya hidup terbuka, postingan kemesraan yang diunggah di instagram ditoleransi selama pihak berwenang belum melakukan tindakan terkait postingan yang dianggap meresahkan di dunia maya.

Kata Kunci: Analisis resepsi, hubungan romantis, cinta, instagram, selebgram.

Article Metrics

Abstract view(s): 2799 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3816 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.