EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DI KOTA JAYAPURA

Sebedeus Hitokdana(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/laj.v3i1.6572

Abstract

Industri kecil sangat potensial untuk dikembangkan karena menyangkut upaya perluasan kesempatan kerja, peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), juga pemberdayaan masyarakat lokal. Pengembangan industri kecil di Kota Jayapura sebagai bagian dari industri kecil di Indonesia secara keseluruhan, membutuhkan perhatian yang sungguh dan kebijkan yang arif. Kebijakan itu harus mampu mendorong industri kecil di Kota Jayapura untuk dapat berkembang hingga menjadi mandiri. Oleh karena itu sangat menarik untuk mengetahui efektivitas kebijakan pengembangan industri kecil di Kota Jayapura, sehingga mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas kebijakan pengembangan industri kecil di Kota Jayapura. Secara teoritis efektivitas kebijakan pengembangan industri kecil di Kota Jayapura dijelaskan sebagai tindakan yang dilakukan baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat yang mengakibatkan peningkatan pada bidang produksi dan pengolahan, pemasaran dan pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan industri kecil melalui pelatihan, pendampingan dan hubungan kemitraan antara industri kecil dengan industri besar dan menengah di Kota Jayapura.

Kata kunci: efektivitas, kebijakan pemerintah, industri kecil.

References

DAFTAR PUSTAKA

Dewanta, Awan Setia, dkk, 1999, Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia, ctk 2, Aditya Media, Yogyakarta.

Dunn, William N., 1999, Pengantar Analisa Kebijakan Publik, ctk. 2, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Jones, Charles O., 1991, Pengantar Kebijakan Publik, Ed. I, ctk.1 CV. Rajawali, Jakarta.

Steers, Richard M., 1997, Organization Effectiviness, A Behavioral View, Goodyear Publishing Company, Inc., Santa Monica, California.

Suryana, Ahmad Syamsuddin, dkk, 1995, Mulai dengan Usaha Kecil Merintis Karir Kewirausahaan Anda, ctk.1, Penerbit Pusat Pengembangan Usaha Kecil Kawasan Timur Indonesia (PUKTI) Ujung Pandang kerjasama dengan Konrad Adenauer Stifting Internasionales Institut.

Tambunan, Tulus, 1999, Reformasi Industrialisasi Perdesaan, ctk. 1, Media Ekonomi Publishing (MEP) Universitas Trisakti, Jakarta.

-------------, Perkembangan Industri Kecil di Indonesia, PT. Mutiara Sumber Widya, Jakarta.

Tohar M., 1999, Membuka Usaha Kecil, Kanisius, Yogyakarta.

Wahab, Solichin Abdul, 1997, Analisis Kebijaksanaan : dari formulasi ke implementasi kebijaksanaan negara, Ed.I ctk.2, Bumi Aksara, Jakarta.

Wahab, Solichin Abdul, 1990, Pengantar Kebijaksanaan Analisis Kebijaksanaan Negara, ctk.1, Rineka Cipta, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1998 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil

---------, 1999, Laporan Akhir Kegiatan Pendampingan dan Pembianaan, Pengembangan Pengusaha Kecil di Kabupaten Dati II Jayapura, Jayawijaya dan Merauke (revisi) : Kerjasama Biro Bina Perekonomian Pemda Tingkat I Papua dengan STIE Ottow dan Geissler Jayapura.

---------, 1999, Laporan Lanjutan Pendampingan Pendampingan dan Pembinaan Pengusaha Kecil Asli Papua di Kabupaten Dati II Jayapura, Merauke dan Jayawijaya oleh Lembaga Penelitian Universitas Cenderawasih Jayapura.

-----------, 2000, Laporan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura, Tahun 1999/2000.

-----------, 2000, Papua Dalam Angka 1999: Kerjasama BAPPEDA Provinsi Papua dengan Biro Pusat Statistik Provinsi Papua.

----------, 2000, Kota Jayapura Dalam Angka Tahun 1999: Kerjasama BAPPEDA Kota Jayapura dengan Badan Pusat Statistik Kota Jayapura.

Article Metrics

Abstract view(s): 684 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2516 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.