STUDI PENGARUH KEKASARAN PERMUKAAN PADA MATERIAL BAJA KARBON RENDAH TERHADAP KEKUATAN SAMBUNGAN HASIL LAS TITIK

Muhammad Alfatih Hendrawan(1*), Febri Yanto(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Studi yang akan dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kekasaran permukaan benda kerja pada pengelasan spot welding. Percobaan yang telah dilakukan menggunakan material baja karbon rendah dengan ketebalan 0,8 mm. Material tersebut di-treatment dalam 3 kondisi permukaan, yaitu kondisi permukaan asli, permukaan yang diamplas dan permukaan yang di-sand blasting. Parameter pengelasan yang dilakukan adalah menggunakan dua variasi yaitu arus pengelasan sebesar 3000, 4000, 5000 A, dan waktu las (welding time) selama 0,3 , 0,4 dan 0,5 detik. Selain dari itu, tekanan elektroda yang diberikan adalah konstan 150 kg.

              Untuk mendukung fenomena pengelasan yang terjadi, maka dilakukan juga pengukuran hambatan listrik yang terjadi diantara sambungan las. Pengujian sambungan las yang dilakukan adalah pengujian kekuatan geser sambungan dengan standar AWS D8.9-97, serta pengujian sifat fisik sambungan las dengan uji foto mikro dan makro.

              Dari hasil percobaan menunjukkan bahwa variasi arus, waktu, dan kekasaran permukaan berpengaruh signifikan terhadap kekuatan sambungan las. Sedangkan, Hasil pengamatan foto makro menunjukkan bahwa lebar logam las semakin besar seiring peningkatan arus, waktu, dan kekasaran permukaan yang berbeda.Selanjutnya, hasil uji foto mikro logam induk baja karbon rendah memiliki fasa ferit dan perlit. Pada hasil uji foto mikro daerah HAZ tetap yaitu ferit dan perlit namun dalam ukuran lebih halus dibandingkan pada logam induk. Sedangkan fasa logam las yang terbentuk adalah martensit.

Full Text:

PDF

References

Amsted, B.H., Ostwald, Philip, Djaprie S., 2005.Teknologi Mekanik. (Penerjemah Sriati Djaprie Edisi ke-7 jilid 1). Erlangga, Jakarta

AWS D8-9, 1997, Recommended Practice for Test Metods for Evaluating the Resistance Spot Welding Behavior of Automatic Sheet Steel Material, American National Standart Institute (17 April, 1997)

Ioan, C.M., Marius, U., Eugen, A., Dragos, A. 2013, Researches About The Influence Of Surface Roughness On Resistance Spot Welding (RSW) Result, Internasional Journal of Management, It and Engineering (IJMIE) Volume 3, Issue 6, ISSN : 2249-0558.

Munadi, S. 1988. Dasar-Dasar Metrologi Industri. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Pouranvari, M., Marashi, P., 2009.Failure Behavior of Resistance Spot Welded Low CarbonSteel In Tensile-Shear And Coach-Peel Tests A Comparative Study. Journal of Materials Science and Metalurgical Engineers, Vol. 15(3) 2009 p, 149-157.

Rhasid, M. 2010. Some Tribological Influences On The Electrode-Worksheet Interface During Resistance Spot Welding Of Aluminium Alloys. Journal Of Material Enginering And Performance, (20): 456-462.

Ruukki, 2007, Resistance Welding Manual, Rautaruukki Corporation, Finlandia.

Wiryosumarto H., Okumura T. 2004. Teknologi Pengelasan Logam. Pradnya Paramita, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 814 time(s)
PDF: 488 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.