REKAYASA BAHAN KOMPOSIT SANDWICH HIBRID UNTUK STRUKTUR SISTEM PANEL

Agus Hariyanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh ketebalan core terhadap peningkatan kekuatan bending komposit sandwich hibrid berpenguat kombinasi serat rami woven dan serat gelas woven bermatrix polyester dengan core berpenguat kombinasi serbuk kayu jati dan mahoni bermatrix polyester. Mekanisme perpatahan diamati dengan foto makro. Bahan yang digunakan untuk skin adalah serat rami (woven), serat E-Glass (woven), resin unsaturated polyester 157 BQTN (UPRs). Bahan yang digunakan untuk core adalah serbuk kayu jati dan mahoni dengan mesh 30 pada fraksi volume 50%, resin unsaturated polyester 157 BQTN. Hardener yang digunakan adalah MEKPO dengan konsentrasi 1%. Komposit dibuat dengan metode cetak tekan. Komposit  sandwich  hibrid tersusun  terdiri  dari dua skin komposit hibrid dengan core hibrid di tengahnya. Skin komposit hibrid sebagai lamina terdiri  dari dua lamina serat gelas anyam dan satu lamina serat rami (woven - woven – woven). Fraksi volume serat komposit skin hibrid adalah 30%. Komposit core hibrid yang digunakan adalah serbuk kayu jati dan mahoni dengan mesh 30 pada fraksi volume 50% dengan resin unsaturated polyester 157 BQTN. Variabel utama penelitian yaitu tebal core (10, 20, 30, 40, dan 50 mm). Spesimen dan prosedur pengujian bending mengacu pada standard ASTM C 393. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ketebalan core mampu meningkatkan momen bending. Namun, menurunkan kekuatan bending, facing bending dan tegangan geser core komposit sandwich hibrid. Mekanisme patahan diawali oleh kegagalan komposit skin bagian tarik, core gagal geser, dan diakhiri oleh kegagalan skin sisi tekan. Pada bagian daerah batas core dan komposit skin menunjukkan adanya kegagalan delaminasi.

References

Febrianto, B, Diharjo, K, 2004, Kekuatan Bending Dan Impak Komposit Hibrid Sandwich Kombinasi Serat Karung Goni Dan Serat Gelas Polyester Dengan Core Kayu Sengon Laut, Skripsi, UNS, Surakarta.

Hariyanto, A.,. 2006, Studi Perlakuan Alkali dan Tebal Core Terhadap Sifat Bending dan Impak Komposit Hybrid Sandwich Serat Kenaf dan Gelas Bermatrik Polyester dengan Core Kayu Sengon Laut, Tesis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Wahyanto, B, Diharjo, K, 2004, Karakterisasi Uji Bending Dan Impak Komposit Sandwich GRFP Dengan Core Kayu Sengon Laut, Skripsi, UNS, Surakarta.

Gibson, O. F., 1994, Principle of Composite Materials Mechanics, McGraw-Hill Inc., New York, USA.

Shackelford, 1992, Introduction to Materials Science for Engineer, Third Edition, MacMillan Publishing Company, New York, USA.

Annual Book of Standards, Section 8, D 790-02, 2002, Standard Test Methods for Flexural Properties of Unreinforced and Reinforced Plastics and Electrical Insulating Materials 1, ASTM.

Annual Book of Standards, Section 15, C 393-00, 1994, Standard Test Methods for Flexural Properties of Sandwich Constructions, ASTM.

Allen, H.G., 1969, Analisis and design of structural sandwich Panels, Pergamon press.

Annual Book of Standards, Section 8, D 4761-94, 1994, Standard Test Methods for Flexural Properties of Core Constructions, ASTM.

Article Metrics

Abstract view(s): 582 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 834 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.