PEMBUATAN KAMPAS REM MENGGUNAKAN VARIASI BUTIRAN MESH ALUMUNIUM SILICON (Al-Si) 50, 60, 100 DENGAN SERBUK KAYU JATI TERHADAP NILAI TINGKAT KEKERASAN, KEAUSAN DAN KOEFISIEN GESEK

Pramuko Ilmu Purboputro(1*)

(1) (SCOPUS ID: 57202817297) Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti ingin membuat dan meneliti sampel kampas rem sepeda motor, dengan menggunakan bahan komposit yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan alami yaitu serbuk kayu jati dengan variasi ukuran besar butiran atau mesh untuk mengetahui nilai kekerasan, keausan dan koefisien gesek kampas rem tersebut. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Serbuk Kayu Jati, Kalsium Karbonat, Barium Sulfat, Resin Phenolic, Karbon Kayu Sonokeling, dan Alumunium Silicon (Al-Si) dengan variasi Mesh 50,60 dan 100. Kemudian diuji kekerasan menggunakan alat Durometer dengan standar ASTM D2240, dan diuji gesek dengan beban 16 kg selama 3 jam dengan uji kering, uji basah, uji air garam, uji minyak rem, dan uji oli, serta dihitung keausan dan koefisien geseknya. Dari hasil uji kekerasan nilai tertinggi terdapat pada variasi Mesh Alumunium Silicon (Al-Si) Mesh 100 dengan nilai kekerasan 81,60 HD. Hasil pengujian gesek pada semua kondisi nilai keausan terendah terdapat pada variasi Alumunium Silicon (Al-Si) mesh 100 yaitu pengujian kering 253,13 mm3/jam, air 182,29 mm3/jam, oli 352,08 mm3/jam, air garam 243,75 mm3/jam, minyak rem 341,67 mm3/jam, Dan hasil nilai koefisien gesek tertinggi bervariasi nilai koefisien gesek tertinggi saat kondisi kering yaitu pada variasi Mesh 100 dan merk pasaran 0,651, saat kondisi air dan air garam yang tertinggi pada variasi Mesh 50, 0,658 dan 0,614 sedangkan saat kondisi oli dan minyak rem yang tertinggi pada variasi Mesh 60, 0,621 dan 0,613.

Keywords

komposit; serbuk kayu jati; alumunium silicon; variasi butiran mesh

References

Badan Standardisasi Nasional. (1992). Cara Uji Ketahanan Terhadap Air, Larutan Garam, Minyak Pelumas dan Cairan Rem Untuk Kampas Rem Kendaraan Bermotor (SNI 09-2663-1992). Badan Standardisasi Nasional: Jakarta.

Baharuddin. (2005). Pemanfaatan Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis L.) Yang Direndam Dalam Air Dingin Sebagai Media Tumbuh Jamur Tiram (Pleurotus Comunicipae). Laporan Tugas Akhir Jurusan Kehutanan, Universitas Hasanuddin, Kampus Tamalanrea, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Makasar.

Gibson, Ronald F. (1994). Principles Of Composite Material Mecanic. McGraw-Hill International book company: New york.

Hashemi, Javad dan William F, Smith. (2005). Foundation Of Materials science And Engineering. McGraw-Hill International book company: New york.

Irfan, Pramuko I.P, Ngafwan. (2009). Pengaruh Variasdi Tekanan Kompaksi Terhadap Ketahanan Kampas Rem Gesek Sepatu. Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Agustus 2009, Surakarta.

Khoirul. (2017). Pengaruh Ukuran Besar Butir Tembaga (Cu) Terhadap Nilai Kekerasan, Keausan, dan Koefisien Gesek Kampas Rem. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kiswiranti, Desi. (2007). Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif Serat Penguat Bahan Friksi Non-Asbes Pada Pembuatan Kampas Rem Sepeda Motor. Laporan Tugas Akhir Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Pramuko, I.P, Diki Awaludin. (2018). Variasi Ukuran Mesh pada (Al-Si) dan Karbon Tempurung Kelapa Dengan Menggunakan Polyester BQTN 157 Terhadap Nilai Pengujian Kekerasan, Keausan dan Koefisien Gesek Kampas Rem. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Smith, William F. (1990). Principles of Material Science and Engineering, second edition. Mc. Graw Hill Publishing Company: New York.

Utomo, Joko. (2017). Pengaruh Variasi Serbuk Getah Kulit Mete (cnsl) Dengan Matrik Phenolic Resin Terhadap Tingkat Kekerasan, Keausan, dan Koefisien Gesek Sebagai Bahan Alternatif Kampas Rem Non-Asbestos. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 904 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 720 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.