ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MATA KULIAH MICROTEACHING
Fadilah Ismiya Niswati(1*), Ika Candra Sayekti(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Hasniyati Gani. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Vol. 6 No. 1 Jurnal Al-Ta’dib http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/288/278
Alwi, Said. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Vol. 8, No. 2, Juli https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
Ariyana, Yoki., Ari Pudjiastuti., Reisky Bestary., Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan http://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf
Emiliasari, Raynesa Noor. (2018). An Analysis of Teachers Pedagogical Competence in Lesson Study of MGMP SMP Majalengka. ELTIN Journal, Volume 6/1, April 2018. Diakses pada tanggal 29 April 2019 http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/eltin/article/view/1030
Hali, Fitriyani. (2018). Analysis of Pedagogic Competency of Mathematical Education Students in Microteaching Course at the Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Journal of Mathematics Education o-ISSN: 2528-2026 p-ISSN: 2528-2468 Vol. 3, No. 2, November 2018. Diakses pada tanggal 29 April 2019 https://www.researchgate.net/publication/329103310_Analysis_of_Pedagogic_Competency_of_Mathematical_Education_Students_in_Microteaching_Course_at_the_Universitas_Sembilanbelas_November_Kolaka
Hasan, Hasmiana. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 1 No. 4, Oktober 2015, Hal 40 - 51 ISSN: 2337-9227 http://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7524/6192
Inah, Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Vol. 8 No. 2, Juli-Desember Jurnal Al-Ta’dib. p-ISSN: 1970-4908 e- ISSN: 2598-3873 http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/416
Indriani, Fitri. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 2, Desember 2015 : 87 – 94. ISSN 2406-8012. Diakses pada tanggal 5 Mei 2019 http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1643/1169
Juliana, Marmawi, R, Halida. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Diakses pada tanggal 24 April 2019 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20855
Mahmudah, Anna Rif’atul. (2014). Pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. http://digilib.uin-suka.ac.id/12842/
Munandar, Aris., Sulistyarini., dan Amrozi Zakso. (2013). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Jawai. Jurnal Untan. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3371
Ningsih, Yunita. (2017). Performance of Learning Processes in a Micro Teaching Class at Ar-Raniry Islamic National University. English Education Journal (EEJ), vol.8 no.4, 553-561, October 2017. Diakses pada tanggal 30 April 2019 http://jurnal.unsyiah.ac.id/EEJ/article/view/9218
Nofrion, Bayu Wijayanto, Ratna Wilis, Rery Novio. (2018). Analysis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi Vol 10 No.2 (105-116). e-ISSN: 2549–7057 p-ISSN: 2085–8167. Diakses pada tanggal 6 Mei 2019 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/view/9070/9430
Noviana, Naning Eko. (2018). Analisis Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Sutojayan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 6 No. 1 Hal 159-170 p-ISSN 2303-324X, e-ISSN 2579-387 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/2837/2076
Nurhamidah, Ilin. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 3, No.1, 2018, 27-38 ISSN 2503-5307. Diakses pada tanggal 13 Mei 2019 http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/3886
Puspaningtyas, Nur Astuti. (2018). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. https://eprints.uny.ac.id/59666/1/Skripsi_Nur%20Astuti%20Puspaningtyas_14804244003.pdf
Ristyantoro, Muhammad Afiff Galang. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA dan SMK Negeri Kota Semarang. Diakses pada tanggal 24 April 2019 https://lib.unnes.ac.id/20737/
Saudah, Siti. (2015). Kesesuaian Kompetensi Pedagogik Guru IPA Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. http://eprints.ums.ac.id/35247/14/2.%20Naskah%20Publikasi.pdf
Soewarno, Hasmiana, dan Faiza. (2016). Kendala-Kendala yang Dihadapi Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 2 No.4, April 2016, hal 28 -39 ISSN: 2337-9227. Diakses pada tanggal 10 Mei 2019. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7530
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunardi, Imam S., Endang W. W., Suryanti. (2017). Modul PLPG 2017 Guru Kelas Sekolah Dasar (SD) Materi Pedagogik dan Bidang Pengembangan SD. Diakses 6 Mei 2019. http://www.beritaguru.com/2017/08/modul-plpg-2017-guru-kelas-sekolah.html
Usman H & Nuryadin ER. (2013). Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan p-ISSN: 0216-1370 e- ISSN: 2442.8620 https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1253
Vianti, Setyana Laspar. (2011). Kesesuaian antara Pengembangan Indikator dan Kompetensi Dasar dalam Silabus KTSP Aspek Membaca di SMP Negeri 3 Batang Tahun Ajaran 2010/2011. https://lib.unnes.ac.id/6069/
Wardani, Winda Kusuma. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta http://eprints.ums.ac.id/50847/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Yurni, Samsila., dan Erwin Bakti. (2016). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/22-Samsila-Yurni-H.-Erwin-Bakti.pdf
Article Metrics
Abstract view(s): 1393 time(s)PDF: 1337 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.