PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERAT

Muchlis Muchlis(1*),

(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053

Abstract

Pada beberapa institusi pendidikan sering tidak disadari telah melahirkan peserta didik / siswa yang memiliki sikap menutup diri dari kebenaran yang disampaikan oleh pihak lain, kecenderungan kepada pemahaman dan sikap ekstrim. Konsep Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan moderat hadir untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga dalam memahami nilai-nilai pokok multikultural mulai dari sikap inklusif terhadap perbedaan-perbedaan, menghormati, demokrasi, toleransi, menghargai hasil karya orang lain, sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam suatu komunitas atau masyarakat yang berbeda latar belakang suku, budaya, bahasa, agama, dan lain-lain, sehingga pada akhirnya siswa diharapkan mampu mempraktekkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan moderat yang dimaksud dalam tulisan ini adalah terfokuskan pada tiga hal; yaitu strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran.

Keywords

Pembelajaran, PAI, moderat.

Full Text:

PDF

References

Ali, Muhammad. Teologi Pluralis Multikultural, Menghargai Kemajemujan, Menjalin Kebersamaan, cet. I. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. 2003.

Al-Ashfahani, ar-Ragib. Kamus al-Qur’an: Jilid 3 (terjemah: Ahmad Zaini Dahlan). Depok: Pustaka Khazanah Fawaid. 2017.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani. 1995.

Andang, dkk. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. 2017.

Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama. Cet. I. Jakarta: Kementrian Agama Ri. 2019.

Djamarah, Dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rineka Cipta. 2006.

Fahruozi dan Muthoifn, Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kisah Ashabul Ukhdud Surat Al-Buruj Perspektif Ibn Katsir dan Hamka, Jurnal Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No. 2, Desember 2018

Mashudi. Pengelolaan, Penyampaian, dan Pengorganisasian Isi Pembelajaran dalam Variabel Pembelajaran. Jurnal Al-‘Adalah. Volume IX Edisi 26 Nomor 2 April-Agustus 2006.

M. Hanafi, Muchlis. Moderasi Islam: Menangkal Radikalisasi Berbasis Agama. Jakarta: Ikatan Alumni al-Azhar dan Pusat Studi al-Qur‘an. 2013.

Muhaimin, M. A., & Ali, N. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya. 2002.

Muthoifin. Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara, dalam Jurnal Intizar, Vol. 21, No. 2: 299. 2015.

Nur, Afrizal dan Mukhlis Lubis, Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir dan Aisar At-Tafasir. Jurnal An-Nur, Vol. 4 No. 2, 2015.

O Mandagi, Mieke & I Nyoman Sudana Degeng. Model dan Rancangan Pembelajaran. Malang: CV. Seribu Bintang. 2019.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qura’an. Volume 1. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Shihab, M. Quraish, dkk. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata, Jilid III. Jakarta: Lentera Hati. 2007.

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/05/26/o7s4s3394-kabah-ternyata-terletak-tepat-di-pusat-bumi. Diakses pada 15 Februari 2020.

Article Metrics

Abstract view(s): 1428 time(s)
PDF: 3569 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.