KONTRIBUSI DAN TIPOLOGI PEMIKIRAN HADIS MUHAMMAD DAILAMY DALAM BIDANG HADIS DI JAWA TENGAH

Diyan Faturahman(1*), Nur Kholis(2),

(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11055

Abstract

Research on hadith figures has not been done much, even though their contribution in preserving the source of the second Islamic law is very much. Muhammad Dailamy is one of the most influential hadith figures in Central Java. In this research, it will be explained about the contribution and typology of thought of his hadith. This research is a type of qualitative research. In collecting data, researchers used the interview method with a semi-structured interview technique. The data obtained is processed and analyzed using descriptive-analytical methods. In addition, tShe data sources used also include Dailamy's own intellectual work and other literature relating to research objects, both from books, journals, and internet media. Furthermore, to find out the typology of thought of his hadith, researchers used a theory built by M. Syuhudi Ismail about the typology of thought and understanding of textual-contextual hadith. The results showed that Muhammad Dailamy's contributions in the field of hadith were among others preachers who had considerable influence in the community, especially in the Purbalingga, Purwokerto, Banyumas, Banjarnegara and surrounding areas. Since 1990 he has been active as a presenter of the Mutiara Pagi program at RRI Purwokerto station. In addition, he is also productive in making of books in the form of study series. Then in understanding the traditions of Muhammad Dailamy it can be classified as a typology of contextual flow. This can be marked by his statement that the understanding of Muslim hadith number 106 about isbal must know the existing context

Penelitian tentang tokoh hadis belum banyak dilakukan, padahal kontribusi mereka dalam menjaga dan melestarikan sumber hukum Islam yang kedua ini sangat banyak. Muhammad Dailamy merupakan salah satu tokoh hadis yang cukup berpengaruh di Jawa Tengah. Dalam penelitian ini akan dijelaskan tentang kontribusi dan tipologi pemikiran hadisnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara dengan teknik wawancara semistruktur. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitis. Sumber data yang digunakan juga meliputi karya intelektual Dailamy sendiri dan juga literatur lain yang berhubungan dengan objek penelitian, baik dari buku, jurnal, maupun media internet. Selanjutnya, untuk mengetahui tipologi pemikiran hadisnya, peneliti menggunakan teori yang dibangun oleh M. Syuhudi Ismail tentang tipologi pemikiran dan pemahaman hadis tekstual-kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Muhammad Dailamy dalam bidang hadis antara lain sebagai mubalig yang memiliki pengaruh cukup luas di lingkungan masyarakat khususnya daerah Purbalingga, Purwokerto, Banyumas, Banjarnegara dan sekitarnya. Sejak tahun 1990 aktif menjadi pemateri acara Mutiara Pagi di stasiun RRI Purwokerto. Selain itu, ia juga produktif dalam membuat karya tulis berupa buku dalam bentuk seri kajian. Kemudian dalam memahami hadis Muhammad Dailamy dapat digolongkan kepada tipologi aliran kontekstual. Hal tersebut dapat ditandai dengan pernyataannya bahwa pemahaman hadis Muslim nomor 106 tentang isbal harus mengetahui konteks yang ada.

Keywords

hadith, Muhammad Dailamy, typology of thought; Central Java

Full Text:

PDF

References

Al-Bukhârî, Abû ‘Abdillâh Muhammad bin Ismâ’îl. (2014). Sahîh al-Bukhârî (Beirut: Dâr al-Ma’rifah), hlm. 1409

Al-Naisâbûrî, Muslim bin al-Hajjâj al-Qusyairî. (2012). Sahîh Muslim (Kairo: Zâduka ilâ al-Ma’rifah), hlm. 44

BPS, Sensus Penduduk 2010 (SP 2010): update tanggal 14 Agustus 2018, dalam https://jateng.bps.go.id/statictable/2015/02/09/791/penduduk-menurut-agama-jenis-kelamin-dan-kabupaten-kota-hasil-sensus-penduduk-tahun-2010.html (Diakses: 11 Januari 2020)

Dailamy, Muhammad. (2010). Hadis Semenjak Disabdakan Sampai Dibukukan (Purwokerto: STAIN Purwokerto Press), hlm. 395.

__________________. (2015). Ilmu Hadis (Purwokerto), hlm. 152

__________________. (2015). Validitas Hadis “Man Shâma Ramadhâna Wa Atba’ahu Sittân Min Syawâlin Kâna ka Shiyâmid Dahri” dalam JURNAL DIDAKTIKA ISLAMIKA Volume 6, Nomor 2- (Agustus)

Fariadi, Ruslan. (2017). Metode Praktis Penelitian Hadis, Panduan bagi Pemula untuk Mentakhrij Hadis dan Membumikan Nilai Universal Matan Hadis. Yogyakarta: Mumtaz Publishing. hlm. 68

Fatih, M. (2013). “Hadis dalam Perspektif Ahmad Hassan” dalam Mutawâtir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis Volume 3, Nomor 2. (Desember), hlm. 325

Febriyeni. (2015). “Studi Pemikiran Tokoh Hadis Sumatera Barat: Prof. H. Mahmud Yunus dan H. Mawardi Muhammad”, Tesis: Konsentrasi Ilmu Hadis Program Studi Pengkajian Islam Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang dalam http://repository.uinib.ac.id/63/, diakses 21 Desember 2017

Fidin, Fadlilah Wakhikmatu. (2017). “Pemikiran Hadis Syamsul Anwar: Studi Interkoneksi Ilmu Hadis dengan Astronomiâ” dalam skripsi (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan).

Hackett, C., Grim, B. J., Stonawski, M., Skirbekk, V., Potančoková, M., & Abel, G. J. (2012). The Global Religious Landscape A Report on the Size and Distribution of the World’s Major Religious Groups as of 2010. (December), 1--81. https://doi.org/10.13140/2.1.4573.8884

Hanifahridads. (2017). Pesan Islam Melalui Radio: Analisis Resepsi Pendengar Mutiara Pagi RRI Purwokerto dalam Tesis (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto). Hlm. 65

Hemawati. (2014). “Kontribusi dan Pemikiran Ramli Abdul Wahid Sebagai Tokoh dalam Bidang Hadis di Sumatera Utara (2005-2010)”, dalam Wahana Inovasi Volume 3 No.2. (Juli-Des), hlm. 287

http://www.beritakebumen.info/2013/11/din-syamsuddin-resmikan-gedung-rektorat.html. Diakses Jumat, 13 April 2018 pukul 21.46 WIB.

https://pwmjateng.com/profil-pimpinan/, diakses pada Jumat, 13 April 2018. Pukul 22.55 WIB

https://tarjih.or.id/hukum-memakai-sarungcelana-di-bawah-mata-kaki/. Diakses Selasa, 24 April 2018 pukul 21.07 WIB.

https://wongpwt.wordpress.com/2009/03/18/guru-besar-pertama-stain-purwokerto/. Diakses pada hari Kamis, 11 Januari 2018.

https://www.uii.ac.id/sejarah-kami/ diakses Kamis, 11 Januari 2018.

Ilyas, Fithriady dan Ishak bin Hj. Suliaman. (2017). “Muhammad Syuhudi Ismail (1943-1995); Tokoh Hadis Prolifik, Ensklopedik dan Ijtihad”, dalam Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA. Vol. 17. No. 1. (Agustus), hlm. 1

Kanwil. Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Banyaknya Pondok Pesantren, Kyai Ustadz dan Santri Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, 2014-2015 dalam https://jateng.bps.go.id/dynamictable/2019/01/ 23/61/banyaknya-pondok-pesantren-kyai-ustadz-dan-santri-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-tengah-2014-2015.html (Diakses: 11 Januari 2020)

Khafidz, Md. bin Soroni & Md. Norzi bin Nasir. (2011). “Ketokohan Syeikh Muhammad Yasin Al Fadani dan Sumbangannya dalam Disiplin Periwayatan Sanad”, sebuah makalah dalam https://archive.org/_stream/Ke tokohanSyeikhMuhammadYasinAlFadani/Ketokohan%20Syeikh%20Muhammad%20Yasin%20al-Fadani_djvu.txt, diakses 21 Desember 2017

Monady, Hanief. (2015). “Syeikh Mahfûż al Tirmasî (Biografi dan Kontribusinya dalam Studi Hadis)”, makalah dalam https://www.academia.edu/20310409/ Syeikh_Mahfudz_ThermasBiografi_dan_Kontribusi_di_Bidang_Hadis_?auto=download, diakses pada 21 Desember 2017.

Mukhtar, Mukhlis. (2011). Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Pakar Hadis dan Pakar Fikih Seputar Sunnah Nabi, dalam Jurnal Hukum Diktum, Vol. 9 No. 1, Januari 2011, hlm. 82

Muthoifin, Mengungkap Isi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 1-3, Proseding the 7th University Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Muthoifin, Kontekstualisasi Makna Zakat: Studi Kritis Kosep Sabilillah Menurut Masdar Farid Mas’udi, Proseding the 3rd University Research Colloquium 2016.

Nuar, Jannatul Husna bin Ali dan Fauzi Deraman. (2011). “Syeikh Yasin Padang dan Hadith Arba’in: Sebuah Ulasan dan Takhrij” dalam Sunnah Nabi, Realiti dan Cabaran Semasa (Kuala Lumpur: Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya), h. 161.

Nuar, Jannatul Husna bin Ali. (2016) “Kaedah Pengkaryaan Hadis Arba‘in oleh Syeikh Fādānī dan Buya Mawardi”.

Putra, Afriadi. (2016). “Pemikiran Hadis KH. Hasyim Asy’ari dan Kontribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia” dalam Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, 1 (Januari): 46-55

Supian, Aan. (2014). “Kontribusi Pemikiran Hasbi Ashiddieqy dalam Kajian Ilmu Hadis”, dalam Mutawâtir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis Volume 4, Nomor 2. (Desember), hlm. 271

Suryadilaga, M. Al-Fatih. (2012). Metodologi Syarah Hadis Era Klasik Hingga Kontemporer Potret Konstruksi Metodologi Syarah Hadis (Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga), hlm. 18.

Thahân, Mahmûd. (1995). Taisîr Mustalah al-Hadîs, (Iskandariyah: Markaz al-Huda li al-Dirâsât), hlm. 51

Wawancara:

Wawancara dengan Ibnu Athailah, kakak ipar M. Dailamy di Imogiri, Yogyakarta pada hari Jum'at, 15 Desember 2017 pukul 14:00 WIB

Wawancara dengan Jefry Lisaldi, salah satu murid Dailamy di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Senin, 1 Januari 2018 di Purbalingga dan Masjid Ahmad Dahlan UMP

Wawancara dengan Muhammad Dailamy di rumahnya, Purwokerto pada Sabtu, 7 April 2018 pukul 09.30 WIB

Wawancara dengan Sri Rejeki, istri M. Dailamy, di rumahnya Purwokerto pada Senin, 1 Januari 2018 pukul 13.00 WIB

Wawancara dengan Wahyu, RRI Purwokerto melalui pesan Whatsapp pada Rabu, 11 April 2018

Wawancara selengkapnya dapat diakses pada hasil rekaman wawancara Studi Tokoh Hadis di Indonesia, Tipologi Pemikiran Hadis Muhammad Dailamy dan Kontribusinya dalam Bidang Hadis oleh Diyan Faturahman tahun 2018, dapat diakses di bit.ly/wawancaraskripsi

Article Metrics

Abstract view(s): 717 time(s)
PDF: 636 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.