KOMODIFIKASI NILAI ISLAM DALAM FASHION MUSLIM DI INSTAGRAM

Khairul Syafaruddin(1*), Ni'matul Mahfiroh(2),

(1) Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada
(2) 2Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11644

Abstract

One effect of the development of internet technology is the birth of social media. Instagram is a social media that is currently used by more than 61 million people in Indonesia. The number shows that Instagram has become an effective tool for an industry in the context of political economy practices, one of which is in the Muslim fashion industry. One of the Muslim fashion industries engaged in the digital world is santun.inv. This account has compared him to being a producer of the hijrah shirt. Based on its branding and products sold through its Instagram account, it can be seen in this account that has carried out the commodification of Islamic values through commodity tools. That way it can be seen, now the value of Islam can not only be operated at the level of scientific review and da'wah. But the function has shifted to become an economic tool.

Salah satu efek dari munculnya teknologi internet adalah lahirnya media sosial. Instagram menjadi media sosial yang hingga saat ini digunakan oleh lebih dari 61 juta orang di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan  bahwa Instagram telah menjadi alat yang efektif bagi sebuah industri dalam rangka praktik ekonomi politik, salah satunya dalam industri fashion muslim.  Salah satu industri fashion muslim yang bergerak di dunia digital adalah santun.inv. Akun tersebut telah membranding dirinya sebagai produsen dari kaos hijrah. Berdasarkan brandingnya serta produk yang dijual melalui akun instagramnya, dapat dilihat bahwa akun tersebut telah melakukan komodifikasi nilai islam melalui alat komoditi fashion. Dengan begitu dapat dilihat, kini nilai islam tidak hanya beroperasi di tataran kajian keilmuan dan dakwah. Namun telah bergeser fungsi menjadi alat ekonomi.

Keywords

Commodification, Fashion, Instagram, Islam

Full Text:

PDF

References

R. Nasrullah, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

tekno.kompas.com, “Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?,” 2019. .

santun.inv, “SANTUN.INV | Kaos Hijrah,” 2019. .

R. T. Arianti and H. Purnama, “Komodifikasi Kata Halal pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal,” J. Lingk. Stud. Komun., vol. 4, no. 2, pp. 160–169, 2018.

K. Syafuddin and R. Andreas, “Komodifikasi Nasionalisme Dalam Iklan Sirup,” in The 7th Urecol, 2018, vol. 7, pp. 245–258.

M. Barnard, Fashion Sebagai Komunikasi Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender, 2nd ed. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

H. Baharun and H. Niswa, “Syariah Branding; Komodifikasi Agama dalam Bisnis Waralaba di Era Revolusi Industri 4.0,” INFERENSI J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 13, no. 1, pp. 75–98, 2019.

A. B. A. Aryasatya, “Komodifikasi Agama Melalui Iklan Televisi (Studi Kasus Iklan Televisi Berlabel Halal),” J. Pustaka Ilm., vol. 4, no. 1, pp. 515–523, 2018.

S. shobron Muthoifin and S. A. Rahman, “Humanist islam in indonesia ahmad syafii maarif perspective,” Humanit. Soc. Sci. Rev., vol. 7, no. 6, pp. 780–786, 2019, [Online]. Available: https://giapjournals.com/index.php/hssr/article/view/hssr.2019.76118/2384.

M. Sudarno Shobron, Amrin, Imron Rosyadi, “Islamic Education Values in the Tradition of Peta Kapanca of Mbojo Community Tribe in West Nusa Tenggara,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 5, pp. 6802–6812, 2020.

A. Sobur, Semiotika Komunikasi, 5th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Muthoifin, “Shariah hotel and mission religion in surakarta indonesia,” Humanit. Soc. Sci. Rev., vol. 7, no. 4, pp. 973–979, 2019, doi: 10.18510/hssr.2019.74133.

A. S. Sudarno Shobron, Mutohharun Jinan, MA Fattah Santoso, Muthoifin, “Contribution Boarding Schools For Social Changes In Central,” Int. J. Psychosoc. Rehabil., vol. 24, no. 06, pp. 7851–7859, 2020, [Online]. Available: https://www.psychosocial.com/article/PR260794/19358/.

www.mocoo.id, “10 Merk Baju Muslim yang Terkenal di Indonesia,” 2019. .

B. P. Muthoifin, “Readiness Towards Halal Tourism in Indonesia Perspective of Reality and Religion,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 8, pp. 862–870, 2020.

Article Metrics

Abstract view(s): 863 time(s)
PDF: 1074 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.