STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR CAWAS DAN SD MUHAMMADIYAH PK BAYAT

Sigit Trihariyanto(1*), Eko Supriyanto(2), Muthoifin Muthoifin(3), Zahrotul 'Uyun(4),

(1) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11653

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap, menganalisis dan menjelaskan strategi pembelajaran dan pemanfaatan media powerpoint yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam menyampaikan materi pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Bayat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Bayat telah menerapkan kurikulum 2013. Sehingga guru memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Di antara peranan guru yang ditunjukkan di kedua sekolah tersebut adalah guru sebagai perencana, pengelola, pelaksana dan evaluator. Selain itu, guru juga berperan sebagai pentransfer ilmu, pembina akhlak mulia, mediator dan fasilitator. Dalam penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan media powerpoint di kedua sekolah tersebut mampu memberikan motivasi dan meningkatkan semangat belajar peserta didik serta prestasi belajarnya. Dalam pemanfaatan strategi tersebut mampu menjadikan proses pembelajaran semakin lebih menarik, efektif, efisien dan dapat membantu dalam pengkondisian peserta didik dalam proses pembelajaran serta menambah rasa percaya diri bagi guru pendidikan agama Islam. Adapun untuk materi yang disampaikan dengan memanfaatkan strategi ini, maka lebih mudah dipahami dan penyimpanan filenya lebih praktis.  Faktor pendukung  dalam penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan media powerpoint di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Bayat adalah kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer, ketersediaan sumber media, sarana dan prasarana berbasis komputer di sekolah, dukungan dari kepala sekolah, dan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif serta budaya saling tolong menolong yang terbangun cukup kuat. Adapun untuk faktor penghambatnya adalah kurang terbiasanya guru dalam menggunakan media powerpoint dalam proses pembelajaran, waktu persiapan yang masih terbatas, dan jumlah sarana dan prasarana berbasis komputer yang masih terbatas juga.

Keywords

strategi pembelajaran; media; powerpoint.

Full Text:

PDF

References

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Djumransjah, M. 2005. Dimensi-Dimensi Filsafat Pendidikan Islam. Malang: Kutub Minar.

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Wadya.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Peneletian Kualitatif. Badung: Rosda.

Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asnil Aidah Ritonga dan Muhammad Basri. 2016. Potret Buram Pendidikan Nasional, dalam, Tazkiya, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. V, No. 1:. 54.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural, dalam Al Murabbi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1: 72.

Muthoifin. 2015. Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara, dalam Jurnal Intizar, Vol. 21, No. 2: 299.

Muthoifin. 2015. Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam: Studi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Perspektif Islam, dalam Jurnal Wahana Akademika, Vol. 2, No. 1: 69-72.

Supriyanto, Eko. 2017. Pemenuhan Kebutuhan Stakeholder Melalui Pendesainan Kurikulum Madrasah Berbasis SKS, dalam Edukasi, Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, Vol. 9, No. 2: 35-46.

Sutarno, Gurniman. 2018. Efektivitas Pembelajaran PAI Menggunakan Media Power Point Dengan Video Muhasabah Di Kelas 5 SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu, dalam al-Bahtsu, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2: 183.

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). dalam Cendikia, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 13, No. 2: 300.

Penjelasan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan., https://www.unm.ac.id/files/surat/pp-19-tahun-2005-ttg-snp.pdf (diakses pada 5 Agustus 2019 pukul 10.10).

Nurhidayati. 2019. Media Powerpoint dan Pemanfaatannya Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Makalah disajikan dalam Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V di Malang, Malang, 5 Oktober.

Article Metrics

Abstract view(s): 1606 time(s)
PDF: 1179 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.