ACEH DAN KONFLIK AGAMA: KONSTRUKSI PADA HARIAN REPUBLIKA

Agus Triyono, Ahmad Joko Setyawan

DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14773

Abstract

Media memiliki ideologi masing-masing dalam memahami suatu peristiwa atau isu tertentu. Dengan perbedaan tersebut, satu fakta yang sama dapat dijadikan berita yang berbeda. Penelitian ini berfokus pada pemberitaan mengenai pembakaran gereja yang terjadi pada tanggal 13 oktober 2015, di Aceh Singkil pada surat kabar harian Republika. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana framing (pembingkaian) pemberitaan di Surat Kabar Harian Republika pada bulan Oktober sampai dengan November 2015 mengenai konflik Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari studi dokumentasi dengan menggabungkan teknik analisis data menggunakan empat perangkat analisis framing Entman, yaitu pendefinisian masalah (define problem), perkiraan masalah (diagnose causes), penilaian moral (make moral judgement), dan penyelesaian masalah (treatment recommendation). Temuan peneliti menunjukan bahwa Surat Kabar Republika membingkai konflik Aceh Singkil adanya pelanggaran regulasi tempat ibadah yang memicu terjadi pembakaran dan kurang responsifnya aparat untuk mencegah terjadinya konflik hingga menewaskan satu orang warga.

 

Keywords

Media Massa, Framing, Konflik Sosial

Full Text:

PDF

References

Anggoro, A. D. (2014). MEDIA, POLITIK dan KEKUASAAN (Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang pemberitaan hasil pemilihan Presiden, 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV ). Jurnal Aristo, 2.

Bartholomé, G., Lecheler, S., & de Vreese, C. (2015). Manufacturing Conflict? How Journalists Intervene in the Conflict Frame Building Process. International Journal of Press/Politics, 20(4), 438–457. https://doi.org/10.1177/1940161215595514

Budi P, M, Readiness Towards Halal Tourism in Indonesia Perspective of Reality and Religion, Int. J. Adv. Sci. Technol 29 (8), 862-870, 2019

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann (Cetakan I). Jakarta: Kencana.

Eriyanto. (2005). Analisis framing : konstruksi, ideologi, dan politik media. LKiS.

F.U Akpan, S.O Ering, & A. ., & Adeoye. (2013). The Media And Conflicts In Nigeria. International Journal of Asian Social Science, Asian Economic and Social Society, 3.

Kholiq, M. A. (2005). Pemberlakuan Syari’at Islam Di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). HUKUM, 12.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahdi, A. (2015). Berita Sebagai Representasi Ideologi Media (Sebuah Telaah Kritis ).

McQuail, D. (2000). Mass Communication Theory, 4th Edition. London: Sage Publication.

Morissan. (2013). TEORI KOMUNIKASI: Individu Hingga Massa. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Muslich, M. (2008). Kekuasaan media massa mengonstruksi realitas. 36(2), 150–159.

Nuha, M, Politik Otonomi Daerah Dalam Bingkai Islam Dan Keindonesiaan, Prosiding The 3rd University Research Colloquium, 1-10, 2016

Nurdin, A. (2016). INTEGRASI AGAMA DAN BUDAYA: Kajian Tentang Tradisi Maulod dalam Masyarakat Aceh. El Harakah, Vol.18.

Nuswantoro, A. R. (2013). Media Massa dalam Situasi Konflik : dari Bandwagon Effect Sampai Peace Narrative. Jurnal Komunikasi, 1.

Nusyur, R. (2017). JURNALISME DAMAI DALAM PEMBERITAAN PEMBAKARAN GEREJA DI ACEH SINGKIL PADA HARIAN WASPADA. Jurnal Komunikasi Global.

Plavšić, V. N. & D. (2014). Th e role of media in the construction of social reality. Sociological Discourse, 7.

Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Instrans Publishing.

Rahman, M, Sudarno, Humanist Islam in Indonesia Ahmad Syafii Maarif Perspective, Humanities & Social Sciences Reviews 7 (6), 780-786, 2019

Rachmavina, K. (2012). Representasi Konflik Intra Kelompok Penganut Agama Islam Di Indonesia Dalam Film Bergenre Biopik: Analisis Framing Film Sang Pencerah.

Santosa, B. A. (2017). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENCEGAH KONFLIK. Jurnal ASPIKOM, Volume 3 N.

Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framming (PT Remaja). Bandung.

Steele, J. (2018). Mediating Islam: Jurnalisme Kosmopolitan di Negara-negara Muslim Asia Tenggara. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Triyono, A. (2012). PRODUKSI TEKS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI POLITIK MEDIA. Komuniti, III(1).

Vladimir Bratic, & L. S. (2008). Why and When to Use the Media for Conflict Prevention and Peacebuilding.

Wirawan. (2010). KONFLIK DAN MANAJEMEN KONFLIK: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Article Metrics

Abstract view(s): 266 time(s)
PDF: 155 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.