PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DI PAGUYUBAN PENGAJAR PINGGIRAN SUNGAI CODE (P3S) YOGYAKARTA

M Fachdir Saputra, Rojif Mualim, Muthoifin Muthoifin, Sudarno Shobron, Subhan Subhan

DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14775

Abstract

Globalisasi sekarang ini semakin menjadi-jadi dengan kemajuan teknologi dan perkembangan pengetahuan yang semakin hari semakin memanjakan peserta didik, sehingga menghilangkan khasanak bermain dengan teman-teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, penanaman nilai-nilai karakter di Paguyuban pengajar pinggiran sungai code (P3S) Yogyakarta. Pengamatan yang dilakukan peneliti serta melihat fenomena yang terjadi di kegitan bermain dan belajar yang dilakukan oleh kakak relawan (P3S) ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengamati keadaan dilapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Pengujian ini juga dilakukan dengan cara mengecek kembali data yang didapat dilapangan, jika sudah benar maka dapat dinyatakan datanya sudah valid dan dapat dilanjukan kedalam kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang ditanamkan (P3S) ialah karakter kesederhanaan, karakter kemadirian, karakter bertanggungjawab, karakter budi pekerti, karakter menghargai sesama, karakter rela menolong, karakter kepedulian, karakter kreatif dan karakter inovatif. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan (P3S) dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak-anak pinggiran Sungai Code ialah seperti minggu ceria, hari kreatif, hari membaca, hari bermain dan outbond.

Keywords

Nilai-Nilai Karakter, Pengajar Peguyuban Pinggiran Sungai Code (P3S).

Full Text:

PDF

References

Abu Muhammad Iqbal,2015, “Pemikiran Pendidikan Islam” (Yogyakarta : Pustaka Pelajar).

Adhianty Nurjanah, “Pemberdayaan Masyarakat Urban (Miskin Perkotaan) PT.Sari Husada Yogyakarta Melalui Program Corporate Sicial Responbility CSR)

Anshori, Suryono, M, Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Taḥfīẓ Nurul Iman Karanganyar Dan Madrasah Aliyah Al-Kahfi Surakarta, Profetika: Jurnal Studi Islam 17 (02), 29-35, 2017

Budi P, M, Readiness Towards Halal Tourism in Indonesia Perspective of Reality and Religion, Int. J. Adv. Sci. Technol 29 (8), 862-870, 2019

Dharma Kesuma, Cepi Triatna Dan H Johar Permana,2013, ”Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah”, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya).

Didin, S, A Husaini, M, Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam, Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2), 152-197, 2013Gunawan Heri, 2014, “Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi”,( Bandung: Alfabeta).

Gilang Kartika, 2018, “Manajemen Relawan Dan Pendanaan Oleh Peguyuban Pengajar Pinggir Sungai (P3S) Dalam Menjalankan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan Anak Di Kampung Blunyah Gede”Skripsi,(Yogyakarta:Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Ilmu Kesejahteran Sosial UIN Sunan Kalijaga).

Hujair Ah Sanaky, Dinamika Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara,2016.

Jinan, MA Fattah Santoso, M, Contribution Boarding Schools for Social Changes in Central Java Indonesia, Int. J. Psychosoc. Rehabil 24 (06), 7851-7859, 2019.

Moleong Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya, 2013.

Muthoifin, Sistem Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam, Wahana Akademika: JuSrnal Studi Islam dan Sosial 2 (1), 61-75, 2016

-------------, Standarisasi dan Optimalisasi Pariwisata Syariah Di Jawa Tengah, KNAPPPTMA Ke-8, 1-7, 2018

Nuha, M, Kontekstualisasi Makna Zakat: Studi Kritis Kosep Sabilillah Menurut Masdar Farid Mas’ udi, Urecol STIKES Muhammadiyah Kudus, 185-191, 2016

Paulo Freire, 1972. Pedagogy Of The Oppressed, Terj.Myra Bergman Ramos, New York:Penguin Books, Shoimin Aris. 2014, ”Guru Berkarakter”, yogyakarta :penerbid gava medi.

Rochmawati MU, M. Studi Ayat-Ayat Khafi (Tidak Jelas) Perspektif Al-Adillah Asy-Syar’iyyah, Konferensi Nasional APPPTMA UMM Malang 9 (1), 222-225, 2020

Sugiyono. 2015. ”Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D”, Bandung: Alfabeta, Cetakan Ke-22.

Sangadji Etta Mamang, Sopiah. 2010. “Metodologi Penelitian : Pendekatan Praktis Dalam Penelitian”. Yogyakarta : Cv Andi.

Wahyuni, 2016. “Pemberdayaan Masyarakat Miskin Oleh Tim Advokasi Arus Bawah (TABAAH)”,Skripsi (Yogyakarta:Jurusan PMI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga.

Wachidah, M, M Ali, Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Profetika: Jurnal Studi Islam 18 (1), 36-47, 2017

Wawancara, Faruk, Kepala Sekolah P3S, Wawancara Di Fakultas Usuluddin, Tanggal 11 September 2019.

Article Metrics

Abstract view(s): 62 time(s)
PDF: 50 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.