PENGKADERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DI MUHAMMADIYAH: STUDI PADA KELUARGA DI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH CAKRU JEMBER

Safrizal Muhammad Arifin(1*),

(1) Magister Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16672

Abstract

Meskipun peran kader orang tua terhadap anak sangat strategis dalam membentuk manusia yang baik dan berkualitas, penelitian tentang kader orang tua terhadap anak dalam organisasi Muhammadiyah sampai saat ini masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengkaderan orang tua terhadap anak dalam organisasi Muhammadiyah, tujuan pengkaderan dalam keluarga, hubungan pola asuh dalam keluarga dengan proses pengkaderan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis dengan orang tua dan anak dari 3 keluarga di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cabang Cakru Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan diskusi kelompok terfokus yang dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkaderan yang dilakukan oleh orang tua bervariasi bahkan dalam menerapkan pola asuh yang ditemukan bersifat lunak dimana orang tua menggunakan salah satu dari dua gaya asuh (gaya asuh campuran). Dengan kata lain, orang tua tidak semata-mata menerapkan salah satu pola asuh dalam mendidik anaknya menjadi kader aktif organisasi otonom Muhammadiyah. Tidak semua pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya bersifat negatif. Dalam situasi dan kondisi yang sama di mana orang tua ingin menunjukkan otoritasnya, gaya pengasuhan otoriter atau permisif dapat diterapkan. Dalam penelitian ini, partisipan berbagi pengalaman dalam proses pengkaderan Muhammadiyah dalam lingkup keluarga dan hambatan yang dialami keluarga selama terlibat aktif di Muhammadiyah. Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi yang berguna dalam bidang Psikologi Pendidikan Islam dalam memahami peran orang tua sebagai faktor penting kader keluarga dalam organisasi Muhammadiyah.

 

 

Keywords

Pengkaderan, Keluarga, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References

Anshori, Suryono, Muthoifin. 2017. Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Taḥfīẓ Nurul Iman Karanganyar dan Madrasah Aliyah Al-Kahfi Surakarta, Profetika: Jurnal Studi Islam 17 (02), 29-35

Nashir, Haedar. 2000. Revitalisasi Gerakan Muhammadiyah.Yogyakarta:Bigraf Publising.

Tamimy, H.M. Djinjar.1978. “Pokok-pokok Pemikiran Tentang Agama Islam” PP Muhammadiyah, Yogyakarta.

KH. AR. Fakhruddin.1990 “Amalan Muhammadiyah dan Pemikiran Masa Depan”, dalam Sujarwanto & Haidar Nashir, “Muhammadiyah dan Tantangan Masa Depan: Dialog Intelektual”. Yogyakarta:Tiara Wacana,.

Basyir, H. Ahmad Azhar, MA.1992. “Misi Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam”. Yogyakarta: PP Muhammadiyah BPK

M Yusron Asrofie.1983.Kyai Haji Ahmad Dahlan dan Kepemimpinannya.Yogyakarta:

Yogyakarta Ofset.

Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke 44 Tahun 2000 di Jakarta, h. 68

Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke 44 Tahun 2000 di Jakarta, h. 68

Santoso, Fattah, Sudarno, Muthoifin. 2020. Contribution Boarding Schools for Social Changes in Central Java Indonesia. Int. J. Psychosoc. Rehabil 24 (06), 7851-7859

Sistem Perkaderan Muhammadiyah, Tim Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah, Yogyakarta, 2015.

Tim Bidang Pendidikan dan Kaderisasi PWPM Jatim, Pedoman Perkaderan Pemuda Muhammadiyah, h. 4

PP Muhammadiyah, Pedoman Bermuhammadiyah”, PP Muhammadiyah BPK, Yogyakarta, 1992,

Article Metrics

Abstract view(s): 246 time(s)
PDF: 693 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.