PERSPEKTIF ISLAM TENTANG TEORI KONEKSIONISME DALAM PEMBELAJARAN

Saifudin Saifudin(1*),

(1) Dosen FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16696

Abstract

Faktor penting keberhasilan belajar seseorang adalah metode belajarnya. Untuk kepentingan tersebut para ahli dan ilmuan mengembangkan pelbagai konsep, bentuk dan model metode belajar. Dalam pelbagai literatur disebutkan bahwa metode-metode belajar yang dikembangkan adalah sebagai berikut, yaitu: Psikologi Klasik, Psikologi Daya, Mental State, Behaviorisme, Koneksionisme, Psikologi Gelstalt, dan Psikologi Filed Theory. Dari tujuh metode tersebut, teori atau metode belajar koneksionisme banyak dikaji dan diaplikasikan oleh orang tua, guru/dosen sebagai pendidik anak-anak didiknya serta masyarakat pada umumnya. Secara empiris, konsep belajar koneksionisme banyak dipraktekkan pada semua tingkat pendidikan, baik pada level pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi.  Konsep atau teori belajar koneksionisme dikembangkan oleh Edward Lee Thorndike (1874-1949). Sebagai pakar psikologi Pendidikan, Thonndike dalam mengembangkan teorinya melakukan pelbagai macam ekspirimen yang mengkombinasikan kajian psikologi dan biologi. Oleh karena itu secara epistemologis, teori dan hasil kajiannya sarat dengan metode-metode ilmiah khas Barat. Kendati demikian, teori belajar koneksionisme tersebut telah banyak dipraktekkan di dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Agar para orang tua dan guru/dosen tidak terjebak pada koneksionisme an sich, diperlukan kajian kritis atas teori tersebut dalam perspektif Islam. Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian adalah apa dan bagaimana konsep/teori koneksionisme dikembangkan dalam pembelajaran dan bagaimana pandangan Islam atas teori tersebut.

 

Keywords

belajar, koneksionisme, dan perspektif Islam.

Full Text:

PDF

References

Badawi, Ahmad Ali, 2000. Imbalan dan Hukuman: Pengaruhnya bagi Pendidikan Anak, Jakarta: Gema Insani Pres.

al-Bukhari, Abi Abdillah Muhammad bin Ismāil bin Ibrāhim bin Mughīrah bin Bardizbah, tth. Shahih Bukhāri, Maktabah al-Tsaqafiyah.

Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamka, 1982. Tafsir Al-Azhar, Juz III, Jakarta: Panjimas.

Harits, A. Busyairi, 2004. Ilmu Laduni dalam Perspektif Teori Belajar Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

al-Hasan, Mushthafa, 2003. Atsar al-Ikhtilâf fi al-Qawâid al-Ushûliyah, Beirut: Muassasah al-Risalah.

Hakim, Lutfi. Metode Pendekatan dalam Proses Belajar Perspektif Imam Al-Ghazali dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 16 No.1 Desember 2018.

Kementerian Agama RI, 2011. Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: PT Adhi Aksara Abadi Indonesia.

Koesma, Rismiyati E., 2000. “Konsep Manusia menurut Psikologi Behavioristik; Kritik dan Kesejalanan dengan Konsep Islam”, dalam Rendra K., (ed), 2000, Metodologi Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchith, M. Saekhan, 2009. Pembelajaran Kontekstual, Semarang: Rasail Media Group.

al-Nahlawi, Abd al-Rahman. 2001. Ushul al -Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuhâ fî al-Bayt wa al-Madrasah wa al Mujtama’, Beirut: Daar al Fikri.

Najati, Muhammad ‘Utsman, 2001. Alqurân wa 'Ilm al-Nafs, Kairo: Dar al-Syurûq.

Nata, Abuddin, 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Nurliasari, Hanifa dan Septi Gumiandari, dalam TIN: Terapan Informatika Nusantara, Vol 1, No 5, Oktober 2020. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjFuKXpoNXwAhUX7HMBHWsOCmwQFjABegQIAhAD&url=https%3A%2F%2Fejurnal.seminar-id.com%2Findex.php%2Ftin%2Farticle%2Fdownload%2F487%2F330&usg=AOvVaw3cX-F_0V6Gb4BOpZ3Aokd4.

Purwanto, Ngalim, 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Posangi, Said Subhan. Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 No. 1 Desember 2019. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2048.

Qowaid, dkk. 2007. Inovasi pembelajaran PAI, Jakarta: Pena Citrasatria.

al-Razi, Abu Abdullah bin Umar bin al-Hasan Fakhruddin (w. 606 H), 1420. Mafâtih al-Ghaib/al-Tafsîr al-Kabîr, Beirut: Dar Ihya al-Turast al-‘Arabi.

Roziqin, Muhammad Zainur, 2007. Moral Pendidikan di Era Global; Pergeseran Pola Interkasi Guru-Murid di Era Global, Malang: Averroes Press.

Santrock, John W., 2011. Educational Psychology, New York: Mc Graw Hill.

Santoso, Fattah, Sudarno S, Muthoifin. 2020. Contribution Boarding Schools for Social Changes in Central Java Indonesia. Int. J. Psychosoc. Rehabil 24 (06), 7851-7859

Suardiman, Siti Partini. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta.

Sudjana, Nana, 1991. Teori Belajar, Jakarta: Lembaga Penerbit F. Ekonomi UI.

Sukmadinata, Nana Syaodi, 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin, 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik; Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Article Metrics

Abstract view(s): 1142 time(s)
PDF: 1589 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.