UPAYA MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMINAR TESIS

Almardliyatul Wardatun Nisa A(1*), Nurul Yamin(2), Muhammad Samsudin(3),

(1) Program Studi Magister Studi Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta
(2) Program Studi Magister Studi Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta
(3) Program Studi Magister Studi Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16698

Abstract

Pentingnya mengetahui kecemasan  komunikasi terhadap rekan mahasiswa yang tengah dilanda kecemasan, tentu dalam hal ini tindakan antisipatif tak akan mampu bisa dilakukan tanpa diketahui penyebab serta dampak dari kecemasan komunikasi. Namun pada dasarnya kecemasan komunikasi bisa ditanggulangi oleh beberapa upaya mengurangi kecemasan komunikasi dari faktor internal individu itu sendiri. Dalam proses menghadapi ujian proposal ataupun tesis, karena ujian tesis sendiri adalah hasil yang diujikan dalam sebuah seminar di depan tim penguji dengan tujuan untuk menilai kelayakan penelitian dan kemampuan atau penguasaan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian sesuai bidang kajian/topik yang telah dipilih. Dalam ujian seminar tesis seringkali menghadapi kecemasan seperti perasaan gugup atau rasa ketakutan yang dialami mahasiswa ketika berbicara dengan lawan bicara yang disini adalah dosen penguji, mereka mengalami ketakutan atau kekhawatiran akan gagalnya meyakinkan diri dihadapan dosen penguji. Tujuan penelitian ini adalah menjadapatkan gambaran tentang upaya-upaya dalam mengurangi kecemasan komunikasi mahasiswa dalam menghadapi ujian seminar tesis. Adapun upayanya seperti membuat catatan kecil, berlatih dengan teman, berlatih didepan cermin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek mahasiswa yang akan menghadapi ujian seminar tesis dengan tehnik wawancara secara mendalam dengan menggunakan analisis triangulasi yaitu multi metode untuk saling mendukung dalam memperoleh data dan melakukan memperdalam secara lebih jauh dari seseorang atau beberapa informan dalam aspek yang sama serta terkait.

There has been the urgency of figuring out communication anxiety towards fellow students who are experiencing anxiety. In this case, anticipatory action will not be able to be carried out without knowing the causes and effects of communication anxiety. However, communication anxiety can be basically overcome by several efforts from the individual's own internal factors. In the process of facing a proposal or thesis exam, students often feel the anxiety because it is the test held in front of a team of examiners with the aim of assessing the feasibility of research and the ability or mastery of students in carrying out research according to the chosen field of study/topic. Students often experienced anxiety such as the feelings of nervousness or even fear the thesis examiners, they are concerned about failing to convince themselves in front of the examiner lecturers. The purpose of this study is to obtain an overview of the efforts to reduce students’ communication anxiety in facing the thesis seminar exam. As for the efforts such as making small notes, practicing with friends, practicing in front of a mirror. This research used a qualitative method with students who were about to conduct their thesis seminar examination as the research subjects. In-depth interview was carried out using triangulation analysis, which is the method to obtain data and further seek for the information from the informants

Keywords

communication anxiety, efforts to reduce communication anxiety, thesis seminar, studen.

Full Text:

PDF

References

Amrin, Sudarno, Shoron, Muthoifin (2020) Islamic Education Values in the Tradition of Peta Kapanca of Mbojo Community Tribe in West Nusa Tenggara, International Journal of Advanced Science and Technology 29 (5), 6802 – 6812

Anshori, Suryono, Muthoifin. 2017. Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Taḥfīẓ Nurul Iman Karanganyar dan Madrasah Aliyah Al-Kahfi Surakarta, Profetika: Jurnal Studi Islam 17 (02), 29-35

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Damanhuri, Ari, Anshori, Shobron, Muthoifin.2020. Method for Developing Soft Skills Education for Students, Universal Journal of Educational Research 8 (7), 3155-3159

Ismail, N. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Studi Islam. Yogyakarta: Samudra Biru.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Jakarta : Prenada Media Grup .

Muthoifin. (2016). Sistem Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam, Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 2 (1), 61-75

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis . Yogyakarta: Pt Pustaka Baru Pers .

Nuha, Muthoifin. Politik Otonomi Daerah Dalam Bingkai Islam Dan Keindonesiaan, Prosiding The 3rd University Research Colloquium, 1-10, 2016.

Purnomo, Muthoifin. 2020. Readiness Towards Halal Tourism in Indonesia Perspective of Reality and Religion International Journal of Advanced Science and Technology 29 (8), 862-870

Santoso, MA Fattah, Sudarno, Shobron, Muthoifin. 2020. Contribution Boarding Schools for Social Changes in Central Java Indonesia. Int. J. Psychosoc. Rehabil 24 (06), 7851-7859

Zulkifli, F. &. (2016). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Penggelapan Pajak. Tax Evasion (Doctoral Dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Article Metrics

Abstract view(s): 833 time(s)
PDF: 1028 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.