PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN DIPENGARUHI BUDAYA BELAJAR

Imam Basuki(1*), Dahris Sahab(2), Bias NE(3),

(1) Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(2) Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(3) Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v23i1.16795

Abstract

: This study uses a quantitative research approach that focuses on hypothesis testing to find the truth of the hypothesis which is then carried out by statistical tests to provide information and explanations in the form of accurate data so that it can be analyzed further. Research that aims to investigate behavioral changes that occur in students is influenced by the interaction of lecturers with students and virtual student interactions with students. This study aims to find the right concept of learning methods in fostering achievement motivation and building a student learning culture in the polytechnic education environment, especially in the theoretical subject group. The sample of this study was 135 people who were selected by selecting the sample using proportional sampling and purposive sampling methods. Analysis of the data used is path analysis. The results of testing the third hypothesis (H3) with Path Analysis showed that the online learning variable through the Learning Culture variable as a mediating variable had an effect of 0.617 on Learning Outcomes and was accepted at a significance level of 5% (p<0.05) and from the Sobel test, it was obtained tcount = 3.702 is greater than t table with a significance level of 0.05, which is 2.301, so it can be concluded that the mediation coefficient of 0.617 is significant, so that the hypothesis (H3) is accepted, namely Learning Culture has an effect on the relationship between Online Learning and Learning Outcomes.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memfokuskan pada pengujian hipotesis untuk menemukan kebenaran dari hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik untuk memberikan informasi dan penjelasan berupa data-data yang akurat agar dapat dianalisis lebih lanjut. Penelitian yang bertujuan menyelidiki perubahan perilaku yang terjadi pada mahasiswa dipengaruhi oleh interaksi dosen dengan mahasiswa dan interaksi mahasiswa dengan mahasiswa secara maya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep metode pembelajaran yang tepat dalam menumbuhkan motivasi berprestasi serta membangun budaya belajar mahasiswa di lingkungan pendidikan politeknik khususnya pada kelompok matakuliah teoritik. Sampel penelitian ini adalah 135 orang yang terpilih dengan pemilihan sampel menggunakan metode proporsional sampling dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis ketiga (H3) dengan Path Analysis yang menunjukkan bahwa variabel pembelajaran online melalui variabel Budaya Belajar sebagai variabel mediasi berpengaruh sebesar 0,617 terhadap Capaian Pembelajaran dan diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan dari Sobel test diperoleh thitung = 3,702 lebih besar dari t tabel dengan tingkat signifikansi 0.05 yaitu sebesar 2,301 maka dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,617 adalah signifikan, sehingga hipotesis (H3) dinyatakan diterima yaitu Budaya Belajar berpengaruh 

Keywords

online learning, learning culture, learning achievement.

Full Text:

PDF

References

Amalia. Andina., dan Sa’adah, Nurus., 2020, Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mangajar di Indonesia, Jurnal Psikologi Volume 13 No. 2. Desember 2020. Hal : 214-225. Doi.org/10.35760/psi.2020.v1412.3572

Astuti, Dewi. Eko S, Muthoifin. 2020. Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar Dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Situasi Work From Home (Wfh)

Basar, AM., 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan e.ISSN 2722-7790. pISSN 2722-5194 Vol. 2 No. 1. Hal : 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harjanto, 2005, Perencanaan Pengajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Koentjaraningrat. 1990. Bunga Rampai: Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyadi, A, Eko S, Muthoifin. 2020. Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Dengan Strateg Bauran Pemasaran Untuk Kepuasan Pelanggan Pada Smp Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas Dan Smpit Muhammadiyah An Najah Jatinom Klaten

Moh.Nazir, 2003, Metode Penelitian, Jakarta : Gholia Indonesia,2003

Osco, PS. dkk, 2021, Pengaruh Strategi Pembelajaran Online terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 122358 Pemantangsiantar, Jurnal Imu Aquinas, p-ISSN:2615-7683; e-ISSN: 2714-6472 vol 2 (2) halaman 214-299

Prastianto, RW., dkk. 2019. Peningkatan Budaya Belajar-Mengajar dan Reputasi Sekolah Melalui Penerapan Sistem Monitoring Pembelajaran Online. Jurna Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi (ADIWIDYA). Vol 2(2) November.

Pratama. UN., dan Dewi. GDK, 2020. Implementasi Pembelajaran Online berbasis Edmudo dalam Situasi Pandemik Covid-19 untuk Materi Kependidikan pada Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajaran (PRASI), Vol. 15 No. 02 Desember 2020 pISSN:1693-6124-eISSN:2614-1116. Undiksha DOI: 10.23887/prasi.v15i01. 29578. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI

Sadikin, Ali., dan Hamidah., Afreni, 2020, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic), Jurnal Ilmuah Pendidikan Biologi, ISSN 2580 (online), ISSN 2460-2612 (print)Volume 6, Nomor 02 Tahun 2020, hal:214-224. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Saputra, Mf, Muthoifin. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Di Paguyuban Pengajar Pinggiran Sungai Code (P3s) Yogyakarta

Suharsimi Arikunto, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Trisnawati, 2021, Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pai Di Man 4 Pasaman Barat Pada Masa Covid-19, Jurnal Studi Islam, (Profetika). Vol 22(1) Juni. pISSN-1411-0881, eISSN-2541-4534. Hal 40-52.

Wina Sanjaya, 2009, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada

Article Metrics

Abstract view(s): 269 time(s)
PDF: 281 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.