PEMIKIRAN ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH TENTANG KONSEP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB AL RASULUL MU’ALLIM

Muhammad Asyrofi(1*),

(1) Direktur Ma'had 'Aly Baitul Hikmah Sukoharjo Jl. Raya Solo-Sukoharjo, Ngaglik Sidorejo Bendosari Sukoharjo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8951

Abstract

Kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seroang guru dalam menjalankan fungsi dan tugasnya untuk mentransfer pengetahuan, mendidik, mengembangkan potensi peserta didik sehingga tercapai tujuan pendidikan. Keberadaan guru dalam dunia pendidikan sangat urgen dan signifikan. Keberhasilan atau kegagalan proses pendidikan sangat bergantung pada guru. Seorang guru yang berkompeten akan memberikan dampak yang signifikan terhadap  keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kompetensi guru pendidikan Islam dalam kitab al Rasulul mu’allim wa asaalibuhu fit ta’lim yang ditulis oleh Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah. Pendidikan Islam telah melewati masa yang panjang dalam perjalanannya, diawali dengan diutusnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam sebagai seorang guru sejati yang telah berhasil melahirkan generasi terbaik dari umat Islam ini. Rasul adalah sosok guru yang harus dijadikan suri tauladan dan panutan bagi seluruh guru pendidikan Islam. Keberadaan Rasul sebagai seorang guru sejati dipaparkan oleh Syeikh Abdul Fattah dalam kitabnya al Rasulul mu’allim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pendidikan Islam itu ada enam yaitu kometensi pedagogik religus, kompetensi kepribadian religius , kompetensi professional religius, kompetensi sosial religius, kompetensi global religius dan kompetensi emosional religius.

 

Keywords

Kompetensi, Guru, Kitab, Al Rasulul mu’allim wa asaalibuhu fit ta’lim.

Full Text:

PDF

References

Ghuddah, Abdul Fattah Abu, 1996. Al Rasulul Mu’allim wa Assaliibuhu Fit Ta’lim, Beirut : Darul Basyair Al Islamiyah.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hadi, Sutrisno. 1983. Metode Research 1, Yogyakarta: UGM.

Husaini, Adian. 2018. Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045, Depok : Yayasan Pendidikan Islam At Taqwa.

Ilahi, Fadhl Ilahi. 2003. Bersama Rasulullah Mendidik Generasi Idaman, terj : Ahmad Yunus, Jakarta : Pustaka Imam Syafii.

Imam Al Bukhori, 1999. Shohihul Bukhori, Cet. II. Riyadh : Maktabah Darussalam.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Tanpa Tahun. Al Quran dan Terjemah, Bekasi barat : Sukses Publishing

Majah, Ibnu, 2009. Sunan Ibnu Majah, Riyadh : Darussalam.

Malik, Anas, 2011. Al Muwatho’, Kairo : Dar Ibnul Jauzi.

Muslim,2000. Shohih Muslim, Saudi : Darussalam.

Nata, Abuddin . 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Rajawali Pers.

Pemerintah Republik Indoensia, 2015. Undang Undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005, Jakarta : Sinar Grafika.

Sulaimi, Abdurrahman Habib. Tanpa Tahun. Waqofaat Ma’alsy Syeikh Al ‘Allamah Abdul Fattah Abu Ghuddah, Bahrain : Lajnah Dakwah Jam’iyyah Islamiyah.

Suwaibatul Aslamiyah , Siti. 2003. Dalam Al Hikmah, Jurnal Studi Keislaman, Volume. 3, No. 1 : 73-87.

Article Metrics

Abstract view(s): 1100 time(s)
PDF: 1888 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.