Analisis Hubungan Konfigurasi Ruang dengan Penyebaran Pengunjung Pasar Klewer Menggunakan Space Syntax

Dewi Nurhalimah(1*), Dyah Widi Astuti(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pasar Klewer merupakan pasar tradisional yang terkenal sebagai pusat konveksi batik terbesar di Kota Surakarta. Pada tahun 2014 silam Pasar Klewer mengalami kebakaran yang mengakibatkan kerusakan cukup parah, oleh sebab itu Pasar Klewer kini telah mengalami revitalisasi dan renovasi. Kondisi Pasar Klewer kini, banyak pedagang yang menempati bangunan baru mengeluhkan penyebaran pengunjung selama ini belum merata karena pintu yang banyak diakses pengunjung hanya pada bagian sisi utara. Hal itu  disebabkan tidak terbiasanya pengunjung mengakses banyak pintu masuk. Dampak dari hal tersebut adalah belum semua kios mengalami pemerataan perputaran ekonomi di bangunan baru Pasar Klewer. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola gerak pengunjung ditinjau dari konfigurasi ruang, penelitian ini mencoba mengungkapkan dasar pola pergerakan pengunjung dan pengaruhnya terhadap konfigurasi ruang serta pemerataan ekonomi pada setiap kios. Space Syntax digunakan sebagai alat untuk menganalisis layout denah ruang dalam bentuk gambar. Analisis tersebut ditunjukan dengan nilai intelligibility (kejelasan ruang) pada konfigurasi ruang Pasar Klewer, dimana semakin tinggi nilai syntax maka akan semakain mudah dipahami sehingga akan mendorong terjadinya aktivitas di dalamnya. Hasil analisis dideskripsikan apa adanya, kemudian dilakukan perbandingan kesesuaian dengan kondisi ruang pasar secara langsung. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas ruang baik dari rancangan aktivitas maupun peletakan fasilitas yang dibutuhkan oleh Pasar Klewer.

Keywords

pasar klewer; penyebaran pengunjung; konfigurasi ruang

Full Text:

PDF

References

Bafna, S. (2003). Space Syntax: A Brief Introduction to its Logic and Analytical Techniques. Environment and Behavior

Bill Hillier. (2007). Space is the machine: A configurational theory of architecture, Press

Syndicate of the University of Cambridge Barada, W. P. (2013). Analisis Space Syntax Rumah Susun Berbasis Gang Kampung. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri (RAPI).

David Dewar and Vanessa Watson. (1990). Urban Market Developing Informal Retailing, London, Rontledge

Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. Bielefeld: PT Raja Grafindo Persada

Darjosanjoto, E. T. (2006). Penelitian Arsitektur di Bidang Perumahan dan Permukiman.Surabaya: ITS Press.

Hillier, B., & Hanson, J. (1989). The Social Logic of Space. USA: Cambridge University Press.

Nazir, I. R., & Iman, M. Fenomena Pasar Kaget: Hibriditas Sistem Pasar Tradisional Di Ruang Kota. Jurnal SCALE, 5(2), 9-9, 2018.

Rahantoknam, S., Tondobala, L., & Tarore, R. C. (2015). Pemanfaatan Ruang Para Pedagang Di Pasar Tradisional Bahu, Manado Dan Pengaruhnya Terhadap Kondisi Aksesibilitas Kawasan. SPASIAL, 2(3), 131-141.

Romdhoni, M. F. (2018). Analisis Pola Konfigurasi Ruang Terbuka Kota Dengan Penggunaan Metoda Space Syntax Sebagai Spatial Logic Dan

Space Use. NALARs, 17(2), 113-128.

Siregar, J. P. (2014). Metodologi Dasar Space Syntax Dalam Analisis Konfigurasi Ruang. Malang: Universitas Brawijaya.

Turner, A. (2007). UCL Depthmap 7: From Isovist Analysis To Generic Spatial Network Analysis. New Developments In Space Syntax Software, Istanbul Technical University, 43-51.

Widyawati. K. (2016). Pengaruh Konfigurasi Spasial dan Jaringan Sosial terhadap Durasi Aktif Ruang Kota pada Fenomena Pasar Temporer Cijantung. IPLBI, E 097.

Wirawati,. K (2017). Prefrensi Ruang Kios Yang Ideal Berdasarkan Aktivitas Pedagang (Studi Kasus: Pasar Klewer). Seminar Penelitian. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yudhanta, W. C. (2018). Pengaruh Konfigurasi dan Visibilitas Ruang pada Aksesibilitas, Studi Kasus pada Kawasan XT Square YOGYAKARTA. Jurnal Arsitektur KOMPOSISI, Vol 12, No 1 pp. 67-76,

Article Metrics

Abstract view(s): 1856 time(s)
PDF: 1101 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.