Model Taman Baca sebagai Wisata Literasi di Era Pandemi Covid 19

M. Habib Wahyudi(1*), Dhani Mutiari(2)

(1) Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Masyarakat sekarang berada dalam keadaan normal baru, yaitu bentuk adaptasi tetap beraktivitas dengan mengurangi bentuk kontak fisik dan menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mendisain perpustakaan sebagai penyedia informasi, yang akan kembali dibuka, dan masyarakat dapat kembali mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pendekatan kualitatif diskriptif melalui studi literatur dengan menggunakan metode perancangan volumetric study untuk menemukan bentuk dan masa bangunan yang sesuai. Hasil penelitian adalah perancangan sebuah taman baca yang tetap dirasakan nyaman oleh pengunjung perpustakaan, dengan menyediakan fasilitas seperti buku digital yang dapat mengurangi kontak fisik secara langgsung. Seperti juga taman baca sejenis perpustakaan umum yang bersinergi dengan pengunjungnya dan ditambah memunculkan wisata literasi guna sebagai sarana rekreasi untuk membangun pemikiran bahwa perpustakaan bukan hanya tempat belajar, namun juga menjadi tempat rekreasi. Tetapi tetap harus memperhatikan protokol new normal dengan menerapkan beberapa konsep meliputi antara tempat dan penggunanya. Serta konsep penggolahan dan penekanan arsitektur pada area outdoor dan indoor di taman baca.

Keywords

New Normal, Perpustakaan, Taman Baca, Wisata Literasi

Full Text:

PDF

References

Dany Garjito, (2020), “Arti New Normal, Panduan Lengkap New Normal, dan Kritik dari Politikus”. Jakarta: Suara.com.

Desliana Maulipaksi, (2015), “Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah”. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jawa Timur, (2019), “Profil Kondisi Geografis Kabupaten Bojonegoro”, Bojonegoro: Disperakim.

Dipna Videlia Putsantra (2020) “Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19”. Jakarta: Pers Kantor Kepresidenan.

Hamidulloh Ibda, (2019), “Kampanye Wisata Literasi”. Jakarta: Duta Masyarakat.

Istania Widayati Hidayati, Nurodin Usman, (2020), “Peningkatan Minat Baca Masyarakat Melalui Wisata Literasi”. Jurnal BERDIKARI Vol.8 No.1 Februari 2020 pp. 59-64.

M. Habib Wahyudi (2020), “Taman Baca Kabupaten Bojonegoro Sebagai Wisata Literasi”. Surakarta: Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhamad Qodir Shodiq, (2020), “Pustakawan dan New Normal”. Jakarta: Pusat Pembinaan Pustakawan.

Rifqi Maulana, (2013), “Taman Baca Dan Rekreasi Di Kudus”, Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1034 time(s)
PDF: 863 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.