Kritik: Masih Relevankah Metode Analogi Bentuk Bagi Arsitektur Sekarang ?

Melati Rahmi Aziza(1*)

(1) Institut Teknologi Sumatera
(*) Corresponding Author

Abstract

Sebuah kritik atas metode rancang analogi bentuk, terkait konteks yang hendak dicapai dalam perancangan arsitektur. Apakah sensasi yang hendak dikejar? bentuk yang berbeda dan ‘unik’? Ataukah ada pendekatan yang lebih kontekstual? Untuk menjawabya, perlu upaya menilik kembali sejarah, utamanya terkait perkembangan arsitektur yang menggunakan pendekatan analogi bentuk. Studi kasus yang dipilih dari masa Arsitektur Tradisional dan Klasik, hingga periode setelah Gerakan Modern sebagai pembanding, ditelusuri perihal penerapan analogi di masanya. Merujuk pada pemikiran Louis I. Khan bahwa arsitektur muncul tidak hanya untuk kebutuhan praktis dan estetika saja, tetapi juga kebutuhan humanisme bagi masyarakat sekitarnya, sehingga tujuan dari tulisan ini untuk mengkaji kembali bagaimana proses analogi baiknya dapat diaplikasikan ke dalam rancang arsitektur. Artikel ini bertujuan sebagai refleksi diri, apakah dibenarkan penganalogian bentuk bangunan serupa dengan bentuk lemari, telur, mahkota (siger), yang berorientasi sekedar pada tiruan bentuk? Tulisan ini pada akhirnya akan menjawab definisi “analogi” yang lebih sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan metode perancangan arsitektur di masa sekarang, dengan meminjam definisi dari Prinsip Louis I. Kahn yang menekankan perwujudan konsep Realization of Form dan Realization of Design menuju tatanan order struktur, order konstruksi, order waktu dan order ruang. Prinsip Kahn dipilih karena penganalogian Kahn yang mengaitkan arsitektur dengan puisi bukanlah sebagai perumpamaan, namun untuk mewakili konsep teoretis. Yang menjadi acuan dapat mewakili konsep teoritis adalah pada kriteria membuat perihal yang tersirat (implicit) menjadi jelas (explicit).

Keywords

analogi bentuk; kritik; penerapan desain

Full Text:

PDF

References

Abel, C. (1988). ANALOGICAL MODELS IN ARCHITECTURE AND URBAN DESIGN l. Metu Jfa, 8(2),

–188. https://www.yumpu.com/en/document/view/18439267/analogical-models-in-architecture andurban-design-l/4

Antoniades, A. C. (1990). Poetics of Architecture. New York: Van Nostrand Reinhold.

Ayiran, N. (2012). The role of metaphors in the formation of architectural identity. A/Z ITU Journal of the Faculty of Architecture, 9(2), 1–21. https://www.researchgate.net/publication/288414782_The_role_of_metaphors_in_the_formation_of_architectural_identity

Bahamon, A., & Perez, P. (2009). Inspired by Nature Animals. Barcelona: W.W.Norton & Company.

Broadbent, G. (1973). Design in architecture:architecture and the human sciences. Chichester: Wiley.

Burry, M. et al. (2007). Gaudi unseen. Berlin, Geman: Jovis Verlag.

Collins, P. (1965). Changing Ideals in Modern Architecture. Faber and Faber, London.

Dwijendra, N. K. A. (2002). Arsitektur Bangunan Suci Hindu Berdasarkan Asta Kosala-Kosali. Bali: Udayana University Press dan CV. Bali Media Adhikarsa.

Frampton, K. (1980). Modern Architecture: a Critical History. Oxford University Press, New York.

Gaudi, A. (2002). Gaudi×Gaudi. Barcelona, Spain: Triangle Postals.

Hawkes, T. (1977). Structuralism and Semiotics. Methuen and Co., London.

Heidari, M., & Rezaei, M. (2016). RESEARCH ARTICLE THE ROLE OF ANATOMICAL AND ECOLOGICAL ANALOGIES IN ANIMAL ARCHITECURAL DESIGN METHOD ( WHERE ANIMAL ARCHITECTURE STANDS Member Faculty of Architecture and Urban Planning , Islamic Azad University ,. 1974. http://www.journalcra.com/article/roleanatomical-and-ecological-analogies-animalarchitectural-design-method-where-animal

Holl, S. (1996). Stretto House. Monacelli Press, New York.

Jencks, C. (1977). The Language of Post-Modern Architecture. Academy Editions, London.

Jencks, C. (2002). The New Paradigm in Architecture. New Haven: Yale University Press.

Jencks, C., & Baird, G. (1969). Meaning in Architecture. George Braziller, New York.

Lawson, B. (1980). How Designers Think: The Design Process Demystified. Oxford: Architectural Press.

Lethaby, W. (1974). Architecture, Mysticism and Myth,. The Architectural Press, London.

Lindekens, J., & Heylighen, A. (2004). Re-Using ReDesign Knowledge. In J. Van Leeuwen, Developments in Design and Decision Support Systems in Architecture and Urban Planning, 209-224.

Liu, P.-H., & Chen, C.-W. (2015). an Exploratory Study of the Geometrical Elements in Gaudi’S Architecture. International Journal of Arts & Sciences, 8(3), 51–58. https://www.researchgate.net/publication/292149595_AN_EXPLORATORY_STUDY_OF_THE_GEOMETRICAL_ELEMENTS_IN_GAUDI’S_ARCHITECTURE

McGinty, T. (1979). Concepts in Architecture. In J.C.Synder, & A.J.Catanese, Introduction to Architecture. New york: Mc Graw-Hill Book Company.

Paxton, J. (1850). Transaction of the Royal Society of Art 57, p.6; quoted in Ersoy, U. (2008) Seeing Through Glass: The Fictive Role of Glass in Shaping Architecture From Joseph Paxton’s Crystal Palaceto Bruno Taut’s Glass House. unpublished Ph.D. Dissertation, University of Pennsylvania.

Pedret, A. (1993). Within the text of Kahn. In Cambridge: Massachusetts Institute of Technology (Vol. 66, Issue 2). https://doi.org/10.3200/EXPL.66.2.91-93

Rezaei, M. (2014). Design Analytica: Reviewing Theories and Concepts in Contemporary Design Process of Form and Space. Tehran, Iran: Islamic Azad University, Central Tehran Branch.

Steadman, P. (1979). The Evolution of Designs. Cambridge University Press, London.

Summerson, J. (1963). The Classical Language of Architecture. MIT Press, Cambridge, Massachusetts.

Wang, Z. (2010). The Reconciliation of Reason and Faith in Gothic Period of Medieval Europe Abstract : 93–109. https://www.repository.cam.ac.uk/bitstream/handle/1810/255469/201004article8.pdf?sequence=1

Zevi, B. (1950). Towards An Organic Architecture. Faber and Faber, London.

Zevi, B. (1978). The Modern Language of Architecture. University of Washington Press, Seattle, Washington.

Article Metrics

Abstract view(s): 620 time(s)
PDF: 710 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.