Penerapan Esensi Dasar Filosofi Huma Betang Pada Desain Interior Perpustakaan Universitas Palangkaraya

David Ricardo(1*)

(1) Institut Teknologi Sumatera
(*) Corresponding Author

Abstract

Pentingnya perolehan pengetahuan adalah dasar dari penelitian ini. Adanya perbedaan budaya tiap daerah akan menentukan tumbuh kembangnya tingkat pengetahuan tidak terkecuali Kota Palangkaraya. Pengetahuan yang baik perlu ditunjang dengan fasilitas yang baik salah satunya perpustakaan. Lokalitas kedaerahan akan menjadi tolak ukur karakteristik yang terbentuk. Filosofi huma betang merupakan esensi dasar lokalitas yang ada di Kota Palangkaraya. Nilai filosofi tersebut mengajarkan tentang kebersamaan, transfer ilmu, dan kesetaraan. Universitas Palangkaraya merupakan Universitas Negeri pertama di Palangkaraya sedikit banyak telah menyumbangkan fasilitas tersebut terbukti dengan dibangunnya Perpustakaan Universitas. Tetapi permasalahan yang didapat adalah bagaimana penerapan filosofi huma betang yang mampu mewadahi aktivitas pengguna perpustakaan khususnya Perpustakaan Universitas Palangkaraya dengan kondisi yang ada pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dan studi literatur yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan beberapa alternatif desain yang akan digunakan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan desain interior yang berlandaskan esensi dasar filosofi huma betang yang mampu mentransfer nilai-nilai yang baik pada masyarakat khususnya pengguna perpustakaan.

Keywords

filosofi huma betang; interior; perpustakaan Universitas Palangkaraya

Full Text:

PDF

References

Asteria. 2008. Perkembangan Penataan Interior Rumah Betang Suku Dayak DiTinjau Dari Sudut Budaya. Dimensi Interior, Vol. 1, No. 2: 134148.

Astuti, Susi Budi & Satriani, Sari. 2011. Komposisi Warna Etnik Dayak Sebagai Pembentuk Image Budaya Pada Olahan Desain Interior. Surabaya: Institut Teknologi Surabaya

Ching D.K, Francis. 2008. Arsitektur: Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Neufert, Ernst. 2002. Data Arsitek Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Panero, Julius & Zelnik, Martin. 1979. Dimensi Manusia & Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2006. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Khusus. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2011. Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Siyok, Damianus. dan Etika, Tiwi. (2014). Mutiara Isen Mulang, Sinar Bagawan Khatulistiwa, Palangkaraya

Suptandar, Pramudji. 1999. Disain Interior: Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Swasty, Wirania. 2010. Merancang Rak Buku Kreatif. Jakarta: Griya Kreasi

Usop, Tari Budayanti. 2014. Pelestarian Arsitektur Tradisional Dayak Pada Pengenalan Ragam Bentuk Konstruksi Dan Teknologi Tradisional Dayak Di Kalimantan Tengah. Jurnal Perspektif Arsitektur, Vol. 9, No. 2: 24-46.

Article Metrics

Abstract view(s): 232 time(s)
PDF: 260 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.