Transformasi Digital dalam Perancangan Arsitektur: Studi Kasus Perkuliahan Daring STUPA 2 Arsitektur UMS

Nur Rahmawati Syamsiyah(1*), Hafizhah Winda Putri(2), Nadiifa Firsty Laksana(3)

(1) Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Dunia dikejutkan dengan wabah pandemic Covid-19, yang mengacaukan seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Semua sekolah ditutup dan dianjurkan belajar di rumah, dengan metode pembelajaran online atau daring. Tujuan tulisan ini adalah menyampaikan hasil penelitian tentang pendapat mahasiswa peserta Studio Perancangan Arsitektur (STUPA)2 terhadap perkuliahan daring meliputi tingkat kesulitan dalam memahami materi dan kemanfaatan teknologi transformasi digital dalam menunjang pembelajaran STUPA2. Metode penelitian adalah diskriptif kualitatif dan kuantitatif, dilakukan dengan menyaring pendapat mahasiswa melalui kuesioner dalam googleform. Sejumlah 137 responden adalah mahasiswa peserta STUPA 2, sejumlah 44% sulit memahami materi, sehingga memerlukan pendampingan intensif terutama saat mendisain denah. Mahasiswa merasa belum berpengalaman dalam merancang, sehingga ada ketakutan saat membuat disain, terutama saat membuat gambar potongan (41%), namun percaya diri saat membuat gambar tampak (28%). Literasi digital yang didukung platform Schoology sangat diperlukan dalam memahami transformasi gambar secara digital menjadi cetak, berkolaborasi dengan emosi mahasiswa untuk menghasilkan disain kreatif dan mampu bereksplorasi disain. Tanpa literasi digital kemajuan teknologi tidak sepenuhnya dapat digunakan sebagai alat komunikasi disain, terutama bagi mahasiswa yang baru sepertiga bagian mengenal STUPA.

Keywords

literasi digital; pembelajaran daring; STUPA 2; transformasi digital

Full Text:

PDF

References

Marajari, R. (2020, September 14). Medan Pos Online. Retrieved from Literasi digital, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring tatanan normal baru.

Marlinda, E. S., Barliana, M., & E.Krisnanto. (2013). Hubungan Pengalaman Berarsitektur dengan Kreatifitas Desain Mahasiswa. Jurnal Invotec Vol. 9 No. 1, 1-16.

Mulyanto, A. (2020, November 20). Studio Belajar. Retrieved from Transformasi Geometri: https://www.studiobelajar.com/transformasigeometri/

NN. (2020, Agustus 12). Pusat Data dan Teknologi Informasi-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Menuju Transformasi Digital Pendidikan Indonesia: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/menujutransformasi-digital-pendidikan-indonesia/

NN. (2020, November 24). Republika. Retrieved from Mendongkrak Literasi Digital: https://www.republika.id/posts/124/mendongkrak-literasi-digital

Nurdiani, N. (2012). Evaluasi Proses Penelusuran Literatur dan Penerapan Topik-Tema dalam Perancangan Arsitektur. Jurnal ComTech Vol. 3 No. 1, 15-22.

Paryoko, V. G. (2019). Efektifitas Metode Eksplorasi Konsep dalam Studio Perancangan Arsitektur Tematik Bagi Mahasiswa. Studi Kasus: Universitas Merdeka Surabaya. Jurnal Arsitektura Vol 17 Issue 2 ISSN: 1693-3680, 249260.

Purwantiasning, A. W. (2014). Eksplorasi Arsitektur Sebagai Salah Satu Metode Dalam Proses Belajar Mengajar Mahasiswa Aktif di Jurusan Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta. Seminar Nasional Sains dan Teknologi ISSN: 2407-1846 (pp. 1-7). Jakarta: Fakultas Teknik UMJ.

Purwantiasning, A., & Djuha, A. (2016). Transformasi Musik dalam Bentuk Arsitektur. Nalars Jurnal Arsitektur Vol 15 No 2, 149-158.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 16 No 2, 146-156.

Wing, J. (2011, March 22). Computing Education Reserch. Retrieved from A Definition of Computational Thinking from Jeannette Wing: https://computinged.wordpress.com/2011/03/22/a-definition-of-computational-thinking-fromjeanette-wing/

Article Metrics

Abstract view(s): 452 time(s)
PDF: 759 time(s)