Pengaruh Pemilihan Jenis dan Warna Pencahayaan pada Suasana Ruang Serta Kesan Pengunjung Kafe

Dewi Ayu Nur Annisa(1*), Kiki K. Lestari(2)

(1) Program Studi Arsitektur Universitas Pancasila
(2) Program Studi Arsitektur Universitas Pancasila
(*) Corresponding Author

Abstract

Kafe saat ini tidak hanya sekedar tempat yang dikunjungi untuk kebutuhan mengisi perut semata, namun juga sudah menjelma menjadi sebuah tempat bagi kaum muda untuk bercengkerama dan bersosialisasi. Didasari oleh hal ini, pemilik dan perancang kafe berusaha membuat ruang kafe menjadi senyaman dan semenarik mungkin. Dalam rangka mewujudkan hal ini ada elemen-elemen terkait salah satunya adalah elemen pencahayaan. Dalam hal ini aspek yang diperhatikan dalam pencahayaan ruang kafe adalah jenis lampu dan warna cahaya digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti tentang bagaimana pemilihan jenis dan warna pencahayaan pada kafe dapat membentuk suatu suasana ruang juga kesan / citra bagi pengunjung kafe. Metode yang digunakan metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai narasumber terkait dan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pengunjung Artivator Cafe untuk menentukan adakah keterkaitan antara jenis dan warna pencahayaan dengan suasana kafe dan kesan yang ditangkap oleh pengunjung berdasarkan pernyataan dari arsitek kafe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa benar pemilihan jenis dan warna pencahayaan yang tepat dapat mempengaruhi kesan yang ditangkap oleh pengunjung. Pada Artivator Cafe pemilihan warna kekuningan (warm white) menimbulkan kesan akrab, santai dan ceria. Namun pemilihan warna cahaya kekuningan dianggap oleh sebagian pengunjung kurang efisien untuk tujuan-tujuan yang lebih dari sekedar makan, minum maupun bersosialisasi, contohnya untuk rapat dan presentasi.

Keywords

interior kafe; jenis lampu; kesan pengunjung; suasana ruang; warna cahaya.

Full Text:

PDF

References

A.W Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Indonesia: Andi Publisher

Ching, Francis D.K, dan Binggeli, Corky. (2011). Interior Desain dengan Ilustrasi, Edisi 2. Jakarta: Indeks Flynn, John E., T.J.Spencer, O.Martynuck dan C.Hendrick. (1975). Interior Report: The Effect of Light on Human Judgment and Behavior. Di dalam : Smith, Fran Kellogg dan Bertolone, Fred J. (ed). (1986) Bringing Interiors to Light, The Principles and Practices of Lighting Design. New York : Whitney Library of Design

Grant-Hays, Brenda dan Kimberley A. Mikula. (2003). Color in Small Spaces. New York: McGraw Hill. Kurniawati, Lia. (2008). Pengaruh Pencahaan LED Terhadap Suasana Ruang Cafe dan Restoran. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Lam, William M.C. (1997). Perception and Lighting as Formgivers for Architecture. New York: Mc Graw-Hill Book Company

Pile, John F. (1980). Interior Design. New York: Harry N. Abrams Inc. Publisher

Quinn, Thomas. (1981). Atmosphere in The Restaurant. Michigan: Michigan State University

Savitri, Mila Andria . (2007). Peran Pencahayaan Buatan dalam Pembentukan Suasana dan Citra Ruang Komersial Studi kasus pada Interior Beberapa Restoran Tematik di Bandung). Jurnal Ambiance, 1 (1) Saputra, Nugraha dan Edwin Widya. (2014). Analisa Tata Pencahayaan Pada Interior Kafe Cocorico di Bandung. Jurnal Rekajiva. 1 (2)

Wardono. Prabu. (1997). Corporate Interiors as the Expression for Corporate Image [Tesis]. Sydney: Faculty of Design, Architecture and Building, University of Technology.

Article Metrics

Abstract view(s): 1401 time(s)
PDF: 1678 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.