Pengaruh Pencahayaan Alami terhadap Kenyamanan Visual di Ruang Studio Arsitektur Universitas Pancasila

Novia Ragilyani(1*), Atri Prautama Dewi(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila
(*) Corresponding Author

Abstract

Ruang Studio merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar seperti proses menggambar bagi mahasiswa arsitektur dan proses mengajar bagi para dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat iluminasi pada ruang studio gambar yang ditinjau dari pencahayaan alami pada ruang studio gambar dan persepsi mahasiswa dan pendapat mahasiswa terhadap tingkat kenyamanan visual yang dipengaruhi oleh pencahayaan alami pada suatu ruang studio. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan cara menganalisis tingkat iluminasi dari pencahayaan alami pada ruang studio arsitektur di Fakultas Teknik Universitas Pancasila, dengan membagikan kuesioner kepada 30 – 50 mahasiswa yang menggunakan ruangan tersebut. Kuesioner dimaksudkan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tersebut terhadap kenyamanan visual yang dipengaruhi oleh pencahayaan alami pada ruang studio tersebut. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis tingkat iluminasi nya dan dibandingkan dengan persepsi mahasiswa yang menggunakan ruangan tersebut, kemudian dilihat apakah ruangan tersebut sudah memenuhi standar SNI atau belum, sebagai ruang studio gambar. Dari pengukuran tingkat iluminasi tersebut didapat hasil bahwa seluruh ruang studio yang menjadi objek penelitian telah memenuhi standar SNI 03-6575-2001, dan hasil persepsi mahasiswa terkait kenyamanan visual memiliki hasil netral dan nyaman. Hal ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik di Ruang Studio Gambar, walaupun hanya menggunakan pencahayaan alami.

Keywords

Badan Standarisasi Nasional. 2001. Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan. Ben Fauzi Ramadhan. 2009. Gambaran Persepsi Mahasiswa Dora P E dan Nilasari P F. 2011. Pemanfaatan Pencahayaan Alamikenyamanan visual; ruang studio gambar; tingkat iluminasi.

Full Text:

PDF

References

Badan Standarisasi Nasional. 2001. Konservasi Energi Pada Sistem Pencahayaan.

Ben Fauzi Ramadhan. 2009. Gambaran Persepsi Mahasiswa

Dora P E dan Nilasari P F. 2011. Pemanfaatan Pencahayaan Alami pada Rumah Tinggal Tipe Townhouse di Surabaya.

Lam. 1977 dalam M. Mardan Anasiru. 2007 Pencahayaan Alami Pada Bangunan Berkoridor Tengah Dengan Menggunakan Sistem Pencahayaan Tabung Horizontal

Mira Arqista Rahmania. 2013. Evaluasi Tingkat Kenyamanan Visual yang ditinjau dari Aspek Pengoptimalisasi Pencahayaan Alami.

Muzail Qaris. 2014. Studi Literatur Pencahayaan Alami

Nurhani Amin. 2011. Optimasi Sistem Pencahayaan Dengan Memanfaatkan Cahaya Alami. Jurnal Ilmiah Foristek 1 (1).

Pride dan Ferrel. 2013. Dalam Jurnal Pengertian Pencahayaan Alami Menurut Para Ahli.

Samsuddin Amin. 2016. Analisis Pencahayaan Alami pada Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Jurnal Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 1635 time(s)
PDF: 1399 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.