Analisa Penyebab Vandalisme pada Pedestrian di Surabaya (Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Rungkut Madya)

Ariq Bentar Wiekojatiwana(1*), Alvian Indra Ainur R(2), Fandy Ardiansyah Buamona(3)

(1) UPN Veteran Jawa Timur
(2) UPN Veteran Jawa Timur
(3) UPN Veteran Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui penyebab vandalisme pada pedestrian di Surabaya. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena banyaknya vandalisme yang ditemukan di Jalan DR.Ir.H.SoekarnoHatta. Tulisan ini merupakan penelitian yang bertujuan menganalisa penyebab terjadinya vandalisme pada pedestrian di Jalan DR.Ir.H.SoekarnoHatta. Analisa ini dilakukan dengan cara membandingkan vandalisme di Jalan DR.Ir.H.Soekarnoa-Hatta dengan Jalan Rungkut Madya. Kedua jalan tersebut terpilih karena memiliki perbedaan pada kerapatan antar bangunannya. Kerapatan bangunan ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya tindakan vandalisme karena dengan kerapatan bangunan ini menimbulkan ada dan tidak adanya kesempatan dalam melakukan aksi vandalisme. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan metode observasi dengan cara membandingan tingkat vandalisme yang ada di pedestrian Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Rungkut Madya dengan batasan vandalisme berupa coretan hingga penempelan poster. Dari hasil perbandingan tersebut dapat diketahui bahwa ada 2 faktor yang menyebabkan terjadinya vandalisme yaitu ada tidak adanya kesempatan dan kerapatan antar bangunan.

Keywords

kerapatan; kesempatan; pedestrian; vandalisme; wajah kota

Full Text:

PDF

References

Cohen, S (1973). Property destruction: Motives and meanings. In C. Word (ed).

Dorothy L. Taylor, etc. “Family Factors, Theft, Vandalism, And Major Deviance Among A Multiracial Or Multiethnic Sample Of Adolescent Girls”. Journal Of Social Distress and The Homeless. Vol. 6, No. 1. (Florida: University Of Miami 1997). Diane Schaefer . “Perceptual Biases, Graffiti, And Fraternity Crime: Points of Deflection That Distort Social Justice”. Journal of Kluwer Law International. (Netherlands: Eastern Illinois University 2004).

Fabiola Chrisma Kirana, 2018. Dampak Revitalisasi Terhadap Aktivitas Vandalisme Di Kawasan Kota Lama Semarang. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jl. Babarsari 44 Yogyakarta.

http://trtb.pemkomedan.go.id/artikel-699pengertian-klasifikasi-dan-fungsi-ruang-terbukahijau-.html. “Klasifikasi dan Fungsi Ruang Terbuka Hijau”. Diakses tangggal 10 oktober 2019.

Kim. Israel, & Bruchman, Avi, (2005). Juvenile vandalism & parents watch: A new approach towards the eradiction of the vandalism phenomena. Beit-Berl College

Mauliani Lily, Purwantiasning Ari Widyati, Aqli Wafirul. 2013. Kajian Jalur Pedestrian Sebagai Ruang Terbuka Pada Area Kampus. Jurnal Arsitektur NALARs Volume 12 No 2. Jakarta.

Simanjutak, Natanael. (2012). Kemunculan Vandalisme dan Seni Graffiti di Ruang Bawah Jalan Layang. Universitas Indonesia.

Article Metrics

Abstract view(s): 996 time(s)
PDF: 777 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.