Etika Pelestarian Lingkungan yang dilakukan oleh Komunitas Pecinta Lingkungan Di Bali

Giovani Anggasta(1*), Widiastuti Widiastuti(2)

(1) Magister Program Studi Arsitektur Universitas Udayana
(2) Magister Program Studi Arsitektur Universitas Udayana
(*) Corresponding Author

Abstract

Lingkungan merupakan bagian dari sumber daya alam yang terpenting bagi kehidupan makhluk hidup. Adanya lingkungan yang baik, menjadikan makhluk hidup yang bernaung di dalamnya menjadi baik pula. Adanya etika terhadap kelestarian lingkungan akan sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup baik di darat, laut dan udara. Adanya sekumpulan manusia yang membentuk komunitas, yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, akan mampu menjadikan lingkungan lebih baik lagi. Menjadi menarik untuk diteliti mengenai pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh komunitas pecinta lingkungan dengan tujuan untuk mengetahui masalah sampah yang terjadi di Bali khususnya dan bagaimana upaya komunitas pecinta lingkungan untuk membantu membersihkannya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus mengenai fenomena sampah yang ada di pesisir pantai di Bali khususnya, yang dilakukan melalui analisis terhadap sebuah komunitas, maka melalui penelitian ini diperoleh mengenai dampak positif dari adanya komunitas pecinta lingkungan terhadap lingkungan pesisir, masyarakat sekitar, serta permasalahan sampah plastik yang terjadi, yang kemudian berpengaruh terhadap konsep dari penerapan green city.

Keywords

etika lingkungan; sampah; komunitas pecinta lingkungan

Full Text:

PDF

References

Elyazar, Nita., Mahendra, M. S., & Wardi, I Nyoman

(2007). Dampak Aktivitas Masyarakat Terhadap Tingkat Pencemaran Air Laut di Pantai Kuta Kabupaten Badung Serta Upaya Pelestarian Lingkungan. ECHOROPIC: Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 2, no. 1, tahun 2007. BAPEDAL Kabupaten Badung.

Kristina Rai, Ni Made., Indra, P. D. I Gusti Ketut, &

Ratnaningtyas Heny (2020). Pengelolaan Timbulan Sampah Untuk Menjaga Citra Industri Pariwisata Pada Daya Tarik Wisata di Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata. Vol. 25, no. 3, November 2020. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Putra, Aprizon, & Husein Semerdi (2017)

Kualitas Perairan Pasca Cemaran Sampah Laut di Pantai Kuta Bali. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. Volume 9. No.1. Halaman 57-65. Juni 2017. Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, FPIK-IPB.

Putra, P. Yoga, & Christiawan, Indra. (2019).

Pemetaan Sampah Musiman Di Wilayah Pesisir Kecamatan Kuta. Artikel Jurnal Ilmiah Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. Volume 7, Number 2, Agustus 2019. Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia.

Sutrisnawati, Ni Ketut, & A.A.A Ribeka M. Purwahita

(2018). Fenomena Sampah dan Pariwisata di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management. Volume 9, no. 1, Desember 2018. Akademi Pariwisata Denpasar.

UU Republik Indonesia. no. 18 tahun 2008 – Tentang

Pengelolaan Sampah

Wardi, I Nyoman. (2011). Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya: Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Bali. Jurnal Bumi Lestari. Volume 11, no. 1, hal. 167-177, Februari 2011. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Udayana, Bali.

Wiwik, E. P, Ni Luh (2019)

Komunikasi Sosial Dalam Mensosialisasikan Penetapan Kebijakan Gubernur Bali Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Sekali Pakai. Jurnal Homolesca. Volume 5, no.1, tahun 2019. STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Article Metrics

Abstract view(s): 63 time(s)
PDF: 94 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.