Pengaruh Penggunaan Warna Ruang terhadap Psikologis Pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak

Adinda Larasati Darmawan(1*), Azkia Avenzoar(2)

(1) UPN "Veteran" Jawa Timur
(2) UPN "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract

Rumah Sakit Ibu dan Anak atau RSIA termasuk fasilitas kesehatan yang berfokus untuk melayani ibu dan anak. Dalam RSIA dibutuhkan perhatian khusus dalam penggunaan warnanya guna memenuhi karakter masing-masing. Warna merupakan aspek visual yang cepat ditangkap oleh manusia dan memiliki efek psikologis yang berbeda di setiap warna. Rumah sakit kerap kali memiliki citra menyeramkan dan membosankan bagi penggunanya karena pemilihan warna yang monoton. Oleh karena itu, warna memiliki pengaruh yang besar dalam membangun suasana dan mempengaruhi psikologis pengguna dalam sebuah ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu dalam pemilihan warna yang tepat pada RSIA sehingga bisa memenuhi kebutuhan psikologis bagi penggunanya untuk bisa lebih beradaptasi dengan ruangan yang digunakan dan membantu proses pemulihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif guna mengembangkan dan menggambarkan fenomena yang ada pada RSIA dengan cara melakukan analisis terhadap penelitian yang telah ada lalu membandingkan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penggunaan warna yang memberikan efek tenang pada pasien RSIA antara lain adalah hijau, biru, dan putih. Selain itu, ketersediaan fasilitas bermain dan pemberian gambar yang menarik juga membantu dalam proses pemulihan pasien anak.

Keywords

Psikologis, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Penggunaan Warna

Full Text:

PDF

References

Ardini, Endy Nahya dan Titihan Sarihati. (2017). Pengaruh Warna Pada Elemen Interior Ruang Tunggu Rumah Sakit Ibu dan Anak Terhadap Psikologis Pengunjung (Studi Kasus Rumah Sakit Ibu dan Anak Melinda Bandung), 2(3), 330 – 342.

Aprisandityas, Annie, dan Diana Elfida. (2012). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil, 8(2), 80 – 89.

Alkathiri, Azizah T. B., dan Yeptadian Sari. (2019). Pengaruh Warna Terhadap Produktivitas Karyawan Kantor, 3(3), 187- 192.

Budianto, Caesario Ari, Syifa Anggraeni, Audra Theo Kusuma, dan Nafis Sirin Wasiska. (2018). Studi Pengaruh Warna Interior Ruang Rawat Inap Terhadap Tingkat Stress Pasien (Studi Kasus RSIA di Surabaya), 3(2), 59 – 64.

Chaerudin, Abdul Rauf, dan Wahyu Widodo. (2021). Pelaksanaan Tata Ruang (Tata Letak, Tata Udara, Tata Warna, dan Tata Cahaya) Terhadap Efektivitas Kerja (Ukuran Waktu, Biaya, & Ketelitian) Pada Ruang Rekam Medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budiasih Serang, 14(02), 316 – 322.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Bumi Aksara.

Harini, Novita. (2013). Terapi Warna Untuk Mengurangi Kecemasan, 1(3), 291 – 303.

Kosasih, Ahmad. (2018). Pendekatan Grounded Teori (Grounded Theory Approach) Sebuah Kajian Sejarah, Teori, Prinsip dan Strategi Metodenya, Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dosen, Jakarta: 5 Juli 2018. Hal. 122–132.

Marysa I. H., dan A. W. Anggraita. (2016). Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X, 1(1), 41 – 50.

Munir, Rajil, Irfandi, dan Cut Dewi. (2020). Penerapan Healing Envronment pada Perancangan Rumah Sakit Otak Aceh, 4(3), 15 – 19.

Satata, Dian Bagus Mitreka, Dyah Ayusa Cendana, dan Harijono. (2020). Kesejahteraan Psikologi (Psychological Wellbeing) Ditinjau Dari Teknik Desain Arsitektur Ruang, 14(2), 16 – 21.

Utary, Latifah, Setiamurti Raharadjo, dan Doddy Friestya Asharsinyo. (2018). Aplikasi Tema Desain Rumah Sakit Ibu dan Anak Berdasarkan Karakter Pengguna Ruang, 3(1), 23 – 35.

Article Metrics

Abstract view(s): 284 time(s)
PDF: 457 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.