Fungsi dan Tata Letak Ruang dalam Bangunan Etnik pada Kawasan Permukiman Kampung Melayu Semarang

Monaliza Agustina(1*), Endy Agustian(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indo Global Mandiri
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indo Global Mandiri
(*) Corresponding Author

Abstract

Kampung Melayu Semarang merupakan kawasan budaya multietnik antara etnik Arab, Tionghoa, Bugis Banjar dan etnik lainnya dari luar Semarang. Bangunan rumah-rumah yang ada pada kawasan Kampung Melayu Semarang memiliki karakteristik ruang sesuai dengan masing-masing etnik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkomparasi masing-masing fungsi dan tata letak ruang dalam bangunan rumah-rumah berbagai etnik di kawasan Kampung Melayu Semarang. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi rumah dari masing-masing etnik memiliki kesamaan sebagai rumah tinggal atau tempat berlindung bagi masyarakat, namun pada etnik Tionghoa rumah tinggal juga berfungsi sebagai tempat berdagang. serta penataan ruang dalam bangunan rumah tinggal setiap etnik juga berdasarkan pada kebutuhan, aktivitas dan kegiatan masing-masing penghuninya.

Keywords

Kampung Melayu Semarang; Tata Letak Ruang; Fungsi Ruang; Permukiman.

Full Text:

PDF

References

Agustian, E., Rachmawati, R., Rijanta, R., Pitoyo, A.J. (2021). Pola Permukiman Multietnik di Kampung Islam Kepaon Kota Denpasar dan Kawasan Kampung Melayu di Kota Semarang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). 1661-1675.

Agustian, E., Rachmawati, R., Rijanta, R., Pitoyo, A.J. (2021). Sustainability Concept of Multi-ethnic Settlement in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 780, 012036.

Amelia, R., Antariksa., Suryasari, N. (2015). Tata Letak Ruang Hunian-Usaha Pada Rumah Lama Milik Pengusaha Batik Kalangbret Tulungagung. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 3(2).

Anwar, WFF., Amalia, F., Putro, HWS. (2017). Perubahan Layout Ruang Pada Bangunan Limas Palembang. Seminar Nasional AVoER 9.

Creswell, J.W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eriawati, Y. (2017). Pola Tata Ruang Bangunan, Rumah- rumah dan Fungsi di Desa Adat Pengotan Kabupaten Bangli. Jurnal Arkeologi Papua, 9(1). 85-107.

Faisal, G., Wihardyanto, D. (2014). Studi Tata Ruang Rumah Tinggal Suku Talang Mamak. Tesa Arsitektur, 12(2). 97-104.

Fajrina, M.N., Antariksa., Ridjal, A.M. (2017). Pola Ruang Dalam Pada Rumah Tinggal Tradisional Jawa di Desa Brayut, Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 5(1).

Halim. (2010). Perubahan Letak Pintu Utama Pada Rumah Tradisional Muna di Desa Madampi Kecamatan Lawa. Unity Jurnal Arsitektur, 1(1). 44-49.

Madiasworo, T. (2009). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kampung Melayu Semarang Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Local Wisdom: Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal, 1(1). 10-18.

Pujantara, R. (2014). Tata Letak, Konfigurasi dan Interaksi Ruang Pada Rancangan Arsitektur dengan Konseo Superimposisi dan Hibrid Dalam Teori Function Follow Form. Jurnal Forum Bangunan, 12(1).

Puspitasari, M., Antariksa., Astrini, W. (2016). Sumbu Pola Ruang Dalam Rumah Tinggal di Kawasan Pecinan Kota Batu. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 4(4).

Rizky, S.F. (2021). Keberlanjutan Arsitektur Tradisional Aceh Pada Perkembangan Rumah Tinggal: Massa dan Artikulasi Rumoh Aceh. Jurnal Arsitektur Zonasi, 5(1). 29-39.

Sastika, A., Agustina, M., Purnama, N.T. (2022). Arsitektur Rumah Rakit di Muara Sungai Ogan Palembang. Jurnal Ilmiah Tekno Global, 11(1). 15-19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Suprijanto, I. (2002). Rumah Tradisional Osing: Konsep Ruang dan Bentuk. Dimensi Teknik Arsitektur, 30(1). 10-20.

Wahjoerini., Ridho, R. (2021). Identifikasi Morfologi Kawasan Kampung Melayu Kota Semarang. Jurnal Planologi, 18(1). 114-122.

Wihardyanto, D., Ikaputra. (2020). Studi Karakteristik Ruang Pada Bangunan Rumah Tinggal Kolonial di Kawasan Bangirejo Taman Yogyakarta. National Academic Journal of Architecture, 7(2). 220-240.

Article Metrics

Abstract view(s): 296 time(s)
PDF: 319 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.