Keterkaitan Aspek Sense of Place dalam Pembentukan Perilaku Wanita sebagai Pengguna Bangunan

Farah Widya Utami(1*), Fairuz Mutia(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain, UPN “Veteran” Jawa Timur
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain, UPN “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract

Keberadaan bangunan untuk wanita di Indonesia sangat jarang dijumpai, padahal fungsi bangunan tersebut cukup penting dalam pembentukan perilaku masyarakat. Objek yang diteliti pada artikel ini berada di Afrika Tengah, dengan budaya yang sangat berbeda tersebut bangunan pusat edukasi dan pengembangan wanita tetap disediakan untuk masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi maksud dari suatu bangunan dalam penciptaan perilaku pengguna lalu dikaitkan dengan aspek-aspek sense of place. Metode yang diaplikasikan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memberikan penjelasan dengan menganalisa, subjektif, dan berfokus pada pengembangan teori serta data yang telah diobservasi. Pengumpulan data menggunakan telusur pustaka dan observasi untuk mengidentifikasi terkait bangunan, aktivitas pengguna, dan makna pada obyek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat komponen pembentuk sense of place yang berpengaruh membentuk perilaku wanita lokal Rwanda untuk membangkitkan diri dari keterpurukan insiden genosida di waktu yang lalu.

Keywords

Manusia; Pengguna; Perilaku; Sense of Place; Wanita.

Full Text:

PDF

References

Altman, I., & Low, S. M. (Eds.). (2012). Place attachment (Vol. 12). Springer Science & Business Media.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Contribution of sense of place to social-ecological systems research: A review and research agenda.

Creswell, J. W. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ecology and Society, 22(1). https://doi.org/10.5751/ES-08872-220149.

Hashemnezhad, H., Yazdanfar, A., Heidari, A., Behdadfar, N. (2013). Comparison The Concepts of Sense of Place and Attachment to Place in Architectural Studies. Malaysia Journal of Society and Space. 9 (1)

Iriza, N. J. (2015). Women Empowerment and Socio-Economic Development in Rwanda A Case of Women Opportunity Centre in Kayonza District (Doctoral dissertation, Mount Kenya University).

Masterson, V. A., Stedman, R. C., Enqvist, J., Tengö, M., Giusti, M., Wahl, D., & Svedin, U. (2017). The

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.

Montgomery, J. (1998). Making a city: Urbanity, Vitality and Urban Design. Journal of Urban Design Vol. 3.

Nomor, U. U. R. I. (28). Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

Nuzulul, E. N. (2011). Peranan Perempuan Rwanda Dalam Proses Perdamaian Pasca Genosida 1994 (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Perumahan dan Permukiman di Daerah.

Raxworthy, J. (2015). The Women’s Opportunity Centre in Rwanda by Sharon Davis Design Is an Icon to Which Foreign Aid Can Attach.

Raymond, C. M., Kyttä, M., & Stedman, R. (2017). Sense of place, fast and slow: The potential contributions of affordance theory to sense of place. Frontiers in Psychology, 8(SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01674 .

Rostamzadeh, M., Anantharaman, R. N., & Tong, D. Y. K. (2012). Sense of place on expatriate mental health in Malaysia. International Journal of Social Science and Humanity, 2(5), 360.

Setiastari, H. and Purisari, R. (2021). Analisis Desain Arsitektur dalam Membentuk Sense of Place. Seminar Nasional Desain Sosial 2021.

Shamai, Shmuel. (1991). Sense of Place: An Empirical Measurement. Geoforum, vol.22 (3).

Vinnitskaya, I. (2013). "Women’s Opportunity Center / Sharon Davis Design", https://www.archdaily.com/383864/women-s-opportunity-center-in-rwanda-sharon-davis-design?ad_source=search&ad_medium=projects_tab, diakses pada 28 Juni 2022

Wulandari, V. (2022). Perlakuan Pemerintah Myanmar Terhadap Minoritas Muslim Rohingya Persepktif Sejarah Dan Hukum Internasional. Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis, 2(3), 31-58.

Zulestari, Z. (2014). Pengaruh Sebaran Pengunjung Terhadap Sense of Place di Koridor Ujung Selatan Jalan Malioboro Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 170 time(s)
PDF: 359 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.