Evaluasi Jalur Sirkulasi Terminal Bus terhadap Kenyamanan Penumpang di Terminal Mangkang, Semarang

Nur Fakhrun Nisa(1*), Satriya Wahyu Firmandhani(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang perubahan jalur sirkulasi penumpang di Terminal Mangkang setelah adanya revitalisasi pada tahun 2020. Dengan perubahan ini, perlu adanya kajian mengenai evaluasi jalur sirkulasi dengan tujuan mengkaji secara teoritis mengenai jalur sirkulasi penumpang bus Terminal Mangkang setelah revitalisasi. Dasar teori yang digunakan adalah teori tentang kebutuhan sirkulasi perpindahan oleh penumpang di suatu fasilitas terminal bus. Metode kualitatif digunakan dalam mengolah data penelitian dan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Hasil yang didapat dari penelitian ini dari beberapa aspek teori yang digunakan antara lain, sebagian besarnya sudah ditemukan di jalur sirkulasi penumpang Terminal Mangkang seperti manajemen sirkulasi yang baik, adanya pos pelayanan informasi, dan ruang tunggu yang nyaman. Selain itu, masih terdapat beberapa aspek kebutuhan sirkulasi penumpang yang belum sesuai dengan dasar teori yang digunakan seperti belum adanya papan informasi yang jelas dan mudah dipahami, persilangan antara jalur penumpang dan kendaraan, tidak adanya pos kesehatan, serta CCTV yang masih belum tersebar.

Keywords

Jalur Sirkulasi; Penumpang Bus; Terminal Mangkang.

Full Text:

PDF

References

Abubakar, I. (1995). Menuju lalu lintas dan angkutan jalan yang tertib: kumpulan materi petunjuk mempersiapkan sistem lalu lintas dan angkutan jalan. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Adisasmita, S. A. (2011). Perencanaan Pembangunan Transportasi. Graha Ilmu.

Akbar, K. Y., Purwanto, E., & Suprapti, A. (2014). Terminal Bus Tipe A Di Kota Bogor. Imaji, 827–836.

Assa, V. A., & Pangemanan, S. (2021). Perencanaan Terminal Penumpang Akdp Pada Terminal Tumatenden Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) ke-VII , 7(1).

Fadel, E. H., Khodeir, L. M., & Nessim, A. A. (2023). Design guidelines for pedestrian circulation requirements of multi-modal hub stations. Ain Shams Engineering Journal, 14(6). https://doi.org/10.1016/j.asej.2023.102118

Farida, I., Teguh, R., Sidik, P., Zhafirah, A., Garut, I. T., Mayor, J., No, S., & Garut, J. (2022). Evaluasi Penataan Terminal Angkutan Darat Pameungpeuk Kabupaten Garut. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 3(2), 31–43.

Krisdiyanto, A., Dewi, K., & Palupi, Y. A. (2021). Studi Kelayakan Terminal Bus Sisemut Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Teknik Sipil, 87–100.

Neufert, E. (1996). Data Arsitek Jilid 1 (S. Tjahjadi & P. Wahyu, Ed.; 33 ed.). Erlangga.

Nursetyo, G. (2016). Kajian Manajemen Sirkulasi Terminal Bus ( Studi Kasus : Terminal Bus Tirtonadi Surakarta ). Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur.

Nuurrika, A., Dina, A., & Setiawan, W. (2015). Evaluasi Purna Huni Sirkulasi dan Fasilitas Terminal Kartasura. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 14(1), 165–171.

Octaviana, Y. (2017). Studi Tentang Pengelolaan Terminal Bus Antar Kota Dalam Provinsi Di Kota Balikpapan. eJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 241–254.

Panguriseng, Mahmuda, A. F., & Ramli, M. I. (2015). Analisis Karakteristik Perjalanan Penumpang Bus Damri Bandara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2013, (2013).

Saif, M. A., Zefreh, M. M., & Torok, A. (2019). Public transport accessibility: A literature review. Dalam Periodica Polytechnica Transportation Engineering (Vol. 47, Nomor 1, hlm. 36–43). Budapest University of Technology and Economics. https://doi.org/10.3311/PPtr.12072

Sedayu, A., Sulistio, H., Soehardjono, A., & Wicaksono, A. (2014). Standar Pelayanan Minimal Terminal Bus Tipe A. Universitas Brawijaya Press.

Smith, R. L. (1983). Accessible Public Transit Alternatives. Journal of Transportation Engineering, 109(1). https://doi.org/https://doi-org.proxy.undip.ac.id/10.1061/(ASCE)0733-947X(1983)109:1(16)

Article Metrics

Abstract view(s): 316 time(s)
PDF: 300 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.