Kajian Prinsip Arsitektur Ekologi pada Rumah Tinggal di Daerah Panorama Bandung

Pawitra Sari(1*), Desta Promesetiyo Bomo(2)

(1) Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pelita Bangsa
(2) Magister Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Arsitektur ekologis merupakan solusi desain dalam perencanaan arsitektur yang mengedepankan orientasi ekologis dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitar terhadap desain dengan keramahan lingkungan. Aspek yang dikaji adalah konstruksi dan bahan bangunan serta lingkungan dan energi. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka tentang prinsip dasar aspek arsitektur ekologi dan kajian lingkungan bangunan sehingga mendapatkan analisis yang dapat dijadikan acuan. Penelitian ini berlokasi pada rumah tinggal di daerah Panorama Bandung, Jawa Barat. Fungsi penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prinsip-prinsip arsitektur ekologis pada rumah hunian di kawasan Panorama Bandung dan melengkapi literatur meskipun masih ada kekurangan di sisi lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, wawancara, serta observasi lapangan. Hasil penelitian ini, analisis rumah berdasarkan rumah sehat yang perlu diperbaiki adalah aspek desain yaitu kondisi fisik rumah, aspek teknologi yaitu material bangunan, dan aspek fungsi yaitu struktur bangunan. Standar rumah sehat WHO, rumah yang perlu diperbaiki adalah material dan lingkungan rumah berdasarkan standar dan peraturan. Perbaikan ini terkandung dalam eko-arsitektur yaitu teknik bangunan dan dimensi waktu.

Keywords

Arsitektur Ekologi; Lingkungan; Material Bangunan; Rumah

Full Text:

PDF

References

Aditama, T. Y. (1992). Polusi Udara dan Kesehatan. Jakarta: Arcan.

Ching, F. D. (2000). Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Ching, F. D. (2007). Architecture: Form, Space, and Order. Jakarta: Erlangga.

Ditjen Cipta Karya. (1997). Dasar-dasar Rumah Sehat dalam Panduan Pembangunan Perumahan dan Pemukiman Perdesaan.

Egan, D. M., Olgyay, V. W. (1983). Architectural Lighting: Second Edition. New York, USA: Mc. Graw Hill Publication Company.

Firly, K., Setyaningsih, W., & Suparno. (2019). Penerapan Ekologi Arsitektur pada Pengembangan Kawasan Desa Wisata Dukuh Kajongan Kota Tegal. Jurnal Senthong Vol.2, 21-30.

Frick, H. (1998). Dasar-dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta: Kanisius.

GBCI. (2014). Greenship Rating Tools untuk Rumah Tinggal versi 1.0.

Hardinoto. (1996). Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Jakarta: UI Press.

Krieger, J., Higgins, D. L. (2002). Housing and health: Time again for public health action. American Journal of Public Health Vol.92, 758-768.

Kustianingrum, D., Salahudin, F., Yusuf, A., & Mulyana, A. (2012). Kajian Tatanan Massa dan Bentuk Bangunan Terhadap Konsep Ekologi Griyo Tawang Solo. Bandung: Institut Teknologi Nasional.

Lutfi, F. S., Nugrahaini, F. T. (2019). Liability Eksistensi Sampah Untuk Komparasi Lingkungan. Sinektika Vol.16(1), 52-61.

Mahalalita, R., Krisdianto, J., (2017). Sistem Arsitektur Berwawasan Lingkungan. Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol.6(2), 2337-3520.

Muslim, A. A., Ashadi, & Fitri, A. S. (2018). Konsep Arsitektur Ekologi pada Penataan Kawasan Wisata Candi Cangkuang di Garut, Jawa Barat. Jurnal Arsitektur Purwarupa Vol.2, 57-70.

Nazarudin, R., Anisa. (2020). Kajian Konsep Arsitektur Ekologi Pada Kawasan Resort Studi Kasus: Pulau Ayer resort and Cottages. Journal Of Architecutre and Urbanism Research Vol.3(2), 129-139.

Pangarsa, G. W. (2006). Merah Putih Arsitektur Nusantara. Malang: Andi.

Putro, S. A., Ashadi, & Hakim, L. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Ekologi pada Perancangan Kawasan Wisata Air Danau Sunter di Jakarta. Jurnal Arsitektur Purwarupa Vol.2, 19-24.

Rapoport, A. (1980). Cross-Cultural Aspects of Environmental Design. In I. Altman, A. Rapoport, & J. F. Wohlwill (Eds.), Environment and Culture (pp. 7-46). New York: Springer.

Surasetja, R. I. (2007). Fungsi, Ruang, Bentuk dan Ekspresi dalam Arsitektur. Bahan Ajar: TA 110-Pengantar Arsitektur. Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan-FPTK-UPI.

Warsito, B., Tarno, Suparti, Sugito, & Sumiyati, S. (2018). Pengelolaan Data Persampahan pada Bank Sampah Sempulur Asri Gedawang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.9, 262-271.

Widigdo, Wanda, Canadarma, I.K. (2013). Pendekatan Ekologi pada Rancangan Arsitektur, sebagai upaya mengurangi Pemanasan Global. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Yayasan Unilever Indonesia. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah & 10 Kisah Sukses.

Article Metrics

Abstract view(s): 569 time(s)
PDF: 390 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.