Analisis Desain Ornamentasi sebagai Identitas pada Bangunan Pendidikan dan Kesehatan Milik Muhammadiyah

Zida Sabila(1*), Muhammad Siam Priyono Nugroho(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Aktivitas pendidikan (schooling), kesehatan (healing), dan sosial (feeding) yang kemudian disebut Trisula Abad Pertama telah menunjukkan kesuksesan Muhammadiyah. Tiga bidang aktivitas tersebut menghasilkan amal usaha Muhammadiyah yang masih eksis dan membantu perkembangan Indonesia. Banyaknya amal usaha Muhammadiyah berimbas pada pembangunan gedung-gedung yang bertujuan mewadahi kegiatannya. Gedung amal usaha milik Muhammadiyah dengan berbagai bidangnya perlu citra dan karakter yang menunjukkan fungsi dan kepemilikan.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aspek identitas berupa ornamentasi yang umum digunakan pada gedung-gedung milik Muhammadiyah khususnya gedung untuk fungsi pendidikan dan gedung untuk fungsi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang diawali dengan melakukan pengumpulan 50 sampel bangunan pendidikan dan 50 bangunan kesehatan Muhammadiyah yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini ialah identitas atau penanda visual sebagai bangunan pendidikan Muhammadiyah berupa bentuk geometri, dan desain pattern pada fasad bangunan yang khas. Desain geometri  yang menjadi penanda khas bangunan kesehatan Muhammadiyah adalah  bentuk dasar three pointed arch (10%) dan geometri  pattern berdesain segi delapan dengan tiap sisi diberi garis mengikuti pola aksen geometri (4%). Sedangkan bangunan pendidikan Muhammadiyah kebanyakan menerapkan desain geometri bentuk three pointed arch (14%) dan bentuk bintang segi delapan (18%) sebagai focal point dan identitas.  Geometri pattern khas yang digunakan pada bangunan pendidikan Muhammadiyah ialah bentuk dasar bintang segi dua belas (6%).

Keywords

Bangunan Kesehatan; Bangunan Pendidikan; Identitas; Muhammadiyah; Ornamentasi

Full Text:

PDF

References

Caco, A. (2019). Pengembangan Desain Ornamen Berbasis Kearifan Lokal pada Elemen Estetis Masjid Imaduddin Tancung Kabupaten Wajo. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM (pp. 881-886). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kelompok A dan B Kelas Arsitektur Geometri Islam Semester 6. (2020-2021). Ornamentasi pada Bangunan Pendidikan dan Kesehatan Milik Muhammadiyah . Surakarta: Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nirmala, A. P., Violaningtyas, O. A., & Damayanti, R. A. (2019). Ornamen Islam pada Bangunan Arsitektur Masjid DIan Al-Mahri Kubah Emas Depok. Dimensi, Volume 16 No. 1.

Patria, Y. E., & Hosiah, A. (2012). Keindahan dan Ornamentasi dalam Perspektif Arsitektur Islam. Journal of Islamic Architecture Volume 2 Issue 1 June 2012.

Pinhome. (2021). Focal Point. Retrieved from Pinhome.id: https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/focal-point/

Properti, B. (2020, Maret 16). Menangkap Mata : Mencari dan Menemukan Focal Poin. Retrieved from btnproperti.co.id: https://www.btnproperti.co.id/blog/menangkap-mata-mencari-dan-menemukan-focal-point-2141.html

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi / Rosady Ruslan, S.H., M.M. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sabatari, W. (2011). Motif Hias Geometris Sajian Khusus Seni Ornamen Indonesia. Seminar Nasional 2011 “Wonderful Indonesia” (p. 3). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Salim, M. S., & Santoso, M. B. (2018). Prinsip Transendental dalam Seni Visual Islam. Tasfiyah : Jurnal Pemikiran Islam, 271-306.

Salma. (2021, Juni 7). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Retrieved from Penerbit Dee Publish: https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Stryker , S., & Burke, P. (2000). The Past, Present, and Future of an Identity Theory. Social Psychology Quarterly, 284-297.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulum, N. (2017). Ragam Ornamentasi pada Fasad Bangunan Kolonial di Jalan Groote Postweg, Bandung. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 1, B 211-21, 2.

Velishya, A., & Achlisia. (n.d.). Focal Point. Retrieved from pinhome.id: https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/focal-point/

Wikipedia. (n.d.). Image. Retrieved from en.wikipedia.org: https://en.wikipedia.org/wiki/Image

Article Metrics

Abstract view(s): 177 time(s)
PDF: 150 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.