Kajian Arsitektur Kontekstual dalam Studi Rancang Rusunawa pada Wilayah Aglomerasi

Hestin Mulyandari(1), Winda Ayu Febriyanti(2*)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kecamatan Mlati di Kabupaten Sleman merupakan salah satu wilayah aglomerasi di Yogyakarta yang tumbuh pesat, dengan meningkatnya sektor perdagangan dan jasa, sehingga banyak pendatang yang bermukim di wilayah tersebut, namun masih banyak yang belum memiliki hunian atau jarak tempuh ke tempat kerja yang terlalu jauh, untuk itu perlu solusi bagaimana memecahkan masalah permukiman di wilayah aglomerasi yang masih terjangkau. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif yang berupa pengumpulan data dari berbagai instansi yang berkaitan dengan kebijakan penggunaan lahan, studi literatur, standar rusunawa, jurnal, wawancara dan survey, selanjutnya menganalisis data untuk memecahkan permasalahan pada rusunawa tersebut dengan analisis arsitektur kontekstual. Hasil analisis arsitektur kontekstual terbagi menjadi tiga yaitu: (1) skala makro, dari segi pendekatan budaya; (2) skala mezzo, secara struktur fisik kawasan, letak site strategis dan mudah menjangkau dengan prasarana di sekitar site; (3) skala mikro, bentuk bangunan dengan sebaran massa bangunan hunian dengan pola V, untuk merespon pencahayaan alami, penghawaan alami, view dan orientasi bangunan. Penerapan arsitektur bangunan tidaklah harus merubah bentuk bangunan secara keseluruhan dengan konsep baru yang menarik, namun dengan arsitektur konstektual adalah bagaimana dapat menerapkan bentuk bangunan baru yang diselaraskan dengan bangunan sekitar dan lingkungannya.

Keywords

Aglomerasi; Kontekstual; Rusunawa

Full Text:

PDF

References

Alhamdani, M, Ridha. (2010). Strategi dan Aplikasi Pendekatan Kontekstual dalam Perancangan Karya Arsitektural Renzo Piano (Thesis). Tersedia dari Perpustakaan Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada.

Antoniades, Anthony C. (1992), Poetics of Architecture: Theory of Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. (2022) Kepadatan Penduduk Menurut Kecamatan (Jiwa/KM2), 2020-2021.

(https://slemankab.bps.go.id/indicator/12/85/1/kepadatan-penduduk-menurut-kecamatan.html)

Brolin, Brent C. 1980, Architecture in Context: Fitting New Buildings with Old. Van Nostrand Reinhold, Michigan State University.

Bupati Sleman (2012). Peraturan Bupati Sleman Nomor 49 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Bangunan Gedung.

Dakira. (2019). Peta Kota. https://peta-hd.com/peta-kabupaten-sleman.

Kusuma, A. I., Setyaningsih, W., & Iswati, T.Y. (2018). Penerapan Arsitektur Kontekstual Pada Revitalisasi Stasiun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Senthong. Vol 1, No 1 (2018). Universitas Sebelas Maret.

Lambe, Neeta., Dongre, Alpana. (2016). Contextualism: An Approach To Achieve Architectural Identity And Continuity. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS), Volume 3 Issue 2, 34.

Luthfillah M., H. & Soemardiono, B., (2019). Konsep Desain Stasiun Besar Kota Bogor dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Sains dan Seni ITS Volume 8 Nomor 2.

Menteri Pekerjaan Umum. (2007). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 05/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Susun Sederhana Bertingkat Tinggi.

Pemerintah Kabupaten Sleman. 2012. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sleman Tahun 2011 – 2031.

Pertiwi & Purwantiasning. (2021). Kajian Konsep Arsitektur Kontekstual Bentuk pada Bangunan Perkantoran di Kawasan SCBD Sudirman Jakarta Selatan. Jurnal Arsitektur Zonasi. Volume 4 Nomor 3 Oktober 2021. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pramudito, S., Analisa, F. C. K., Mahendarto, T., Atmadji, Utaminingtyas, B. M. (2022). Perancangan Yang Kontekstual: Belajar dari Thomas Karsten. National Academic Journal of Architecture Volume 9 Nomer 2, December 2022. UIN Alaudin Makasar.

Thania, B. M., & Purwantiasning, A.W. (2020). Kajian Konsep Kontekstual Bentuk pada Bangunan di Kawasan Kota Lama Semarang. National Academic Journal of Architecture. Volume 7, Nomor 1, 2020 hlm 66-79. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Article Metrics

Abstract view(s): 125 time(s)
PDF: 209 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.