Pengaruh Fasilitas dan Tata Ruang Co-Working Café terhadap Tingkat Kenyamanan Digital Nomad

Avina Fitri Rizkiani(1*), Suryaning Setyowati(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi covid-19 membawa perubahan terhadap gaya hidup baru yang disebut digital nomad. Digital nomad menjadi istilah bagi orang yang bekerja memanfaatkan teknologi sepenuhnya dan tidak terikat oleh ruang ataupun waktu. Mereka dapat bekerja dimana saja dan kapanpun itu untuk mengerjakan pekerjaanya. Seiring berjalannya waktu, keberadaan digital nomad semakin meningkat sehingga dibutuhkan fasilitas pendukung untuk menunjang kegiatan mereka. Salah satunya dengan adanya co-working café. Konsep baru sebuah café yang menyediakan tempat bekerja bagi digital nomad atau siapapun yang ingin bekerja diluar kantor. Penelitian ini difokuskan pada kajian fasilitas dan tata ruang pada Café Baca Canarisla karena merupakan café yang menggunakan konsep co-working café. Dengan tujuan mengetahui kebutuhan ruang yang dibutuhkan oleh digital nomad saat bekerja di co-working café, serta meningkatkan kualitas dari fasilitas dan tata ruang dengan menyesuaikannya pada standar ruang. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dengan cara melakukan studi kasus, studi pustaka dan observasi lapangan. Data diolah dengan cara analisis dan sintetis sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan. Kesimpulan dari hasil analisa yang dilakukan adalah ruang pada objek penelitian sudah sesuai standar namun dibutuhkan tambahan ruang seperti ruang bekerja solo dan ruang rapat yang merupakan fasilitas penting yang seharusnya ada pada sebuah co-working café.

Keywords

Co-Working Café; Digital Nomad; Pengaruh Fasilitas dan Tata Ruang

Full Text:

PDF

References

Ananda, G. B., Sardiyarso, E. S., Iskandar, J., Immaculata, M., Trisakti, U., & Trisakti, U. (2018). Konsep Tata Ruang Co-Working Space Bagi Perencanaan Fasilitas Kegiatan Mahasiswa Universitas Indonesia. Seminar Nasional Cendekiawan Ke 4 Tahun 2018, 343–349.

Astuti, D. W., & Rakasiwi, D. J. (2023). Perubahan Tuntutan Ruang Pasca Pandemi Covid-19: Studi Kasus Penyesuaian Layout Interior pada Coffee Shop Berkonsep Co-Working Space di Surakarta. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 20(1), 99–106. https://doi.org/10.23917/sinektika.v20i1.21030

Cahyani, E. (2021). Co-living bagi digital nomad dengan pendekatan hedonistic sustainability di kota yogyakarta. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ching, Francis D.K., Architecture: Form, Space, & Order, John Wiley & Sons, Inc., 2007.

Ergin, Duygu, (2013), How to Create a Co-Working Space Handbook, Milan : Politecnico.

Mulyana, C., Sudana, I. P., & Wikanatha Sagita, P. A. (2020). Persepsi Dan Motivasi Digital Nomad Berwisata Di Desa Tibubeneng, Canggu, Kuta Utara. Jurnal IPTA, 8(2), 183. https://doi.org/10.24843/ipta.2020.v08.i02.p03

Neufert, Ernst, (2002), Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi, PT. Erlangga, Jakarta.

Pramedesty, R. D., Murdowo, D., Sudarisman, I., & Handoyo, A. D. (2018). Co-Working Space Sebagai Solusi Kebutuhan Ruang Kerja Berdasarkan Karakteristik Startup Kreatif. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 3(1), 50.

Putri, H. S., & Satiawan, P. R. (2019). Penentuan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lokasi Coworking Space di Kota Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 8(2).

Putri, M. R., & Wilianto, H. (2022). Adaptasi Desain Coworking Space Terhadap Perubahan Perilaku Pengguna Di Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus: Eduplex Coworking Space Bandung. Jurnal Arsitektur ZONASI, 5(1), 40–50.

Roesli, C., Simanjuntak, P. M., & Rachmayanti, S. (2019). Fenomena Co-Working Space Sebagai Desain Kolaborasi Dengan Pendekatan Sibernetik. 2(1), 231–235.

Septianto, M. F. (2022). Mediatisasi Digital Nomaden (Studi Deskriptif Tentang Digital Nomaden Di Yogyakarta).

Surbakti, R. T., & Danil, L. (2020). Analisis Peluang Dan Tantangan Industri Coworking Space Studi Kasus: Co&Co Working Space Bandung. Manners, III(1).

Wijaya, K. R., Honggowidjaja, S. P., & Rizqy, M. T. (2019). Perancangan Interior Café Co-Working Space di Surabaya. Intra, 7(2), 973–983. Retrieved from

Article Metrics

Abstract view(s): 152 time(s)
PDF: 210 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.