Pilar Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah

Eko Harianto(1*)

(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract

Jurnal ini memberikan ikhtisar tentang pilar-pilar pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah. Pendidikan Muhammadiyah memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pendidikan pada umumnya. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa pilar-pilar Pendidikan Dasar Muhammadiyah merupakan respons terhadap kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan kurikulum yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pilar-pilar Pendidikan Dasar Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang meneliti sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui pilar-pilar Pendidikan Dasar Muhammadiyah dengan karakteristik yang dibangun dan menjadi landasan utama institusi pendidikan Muhammadiyah pada umumnya. Ciri-ciri Pendidikan Dasar Muhammadiyah adalah pilar keberlanjutan lembaga pendidikan Muhammadiyah, yaitu: Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), model kepemimpinan kolegial-kolegial, peran kader Muhammadiyah, keterlibatan siswa dan orang tua, dan kemandirian

Keywords

Pilar, Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Tahun Muhammadiyah Menyinari Negeri, Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013.

A. B. Raharjo, “Pelibatan Masyarakat dan Orangtua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Muhammadiyah”, Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta, Vol. I, No. 1, Januari 2009.

A. Mu’thi,. Pembaharuan Pendidikan KH. Ahmad Dahlan, Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional dalam 107 Tahun Kebangkitan Nasional Edisi K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923), 2015.

A. Setyawan & Wantini. “Optimalisasi Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Sekolah Muhammadiyah”, Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, 2018.

A. R. Fakhruddin, Muhammadiyah Menuju Masa Mendatang, Yogyakarta: Persatuan, 1985.

F. Setiawan and H.K. Tjahjono, “Collective-Collegial: Leadership Model of Muhammadiyah Education”, The 28th International Business Information Management Association Conference Proceedings, 3595-3599, 2016.

F. Setiawan, “Pendidikan Muhammadiyah; Antara Cita dan Fakta”, Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta, Vol. I, No. 1, Januari 2009.

H. J. Sada, “Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan

Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I 2017.

H. S. Prodjokusumo, Collegial System and Tradition of Muhammadiyah, Jakarta: Yayasan Amal Bakti Masyarakat, 1992.

H. Nashir, Leadership in Muhammadiyah: the System and Challenge, Suara Muhammadiyah Magazine. 03/96/Feb, 12-13, 2011.

H. Nashir, Revitalisasi Gerakan Muhammadiyah, Yogyakarta: BIGRAF Publishing, 2000.

J. Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

M. Ali, “Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah”, Profetika: Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 1, Juni 2016.

M. D. Hamid, M. Y. Asrofie, dkk. Kader Persyarikatan dalam Persoalan, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2002

M. K. Pasha dan A. A. Darban, Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dalam Perspektif Historis dan Ideologis, Yogyakarta: LPPI UMY, 2000

M. Lutfiyah, Peran Masyarakat Dalam Memajukan Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyyah Selopajang 02 Desa Selopajang Timur Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.

Muhammadiyah, M. P. T. P., Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Pergururan Tinggi Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013.

R. Ariyanti, Pendidikan Muhammadiyah Sebagai Strategi Pembaharuan Sosial di Surakarta 1930-1970, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2011.

S. Abdurrahman, Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

S. Shobron, dkk., Studi Kemuhammadiyahan, Surakarta: LPIK UMS, 2014.

T. Hamami, “Membangkitkan Kembali Ruh Pendidikan Muhammadiyah”, Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM D.I. Yogyakarta, Vol. I, No. 1, Januari 2009.

Article Metrics

Abstract view(s): 864 time(s)
PDF: 314 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.