EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Nurhidayati Roisyah(1*), Nurul Latifatul Inayati(2), Saifudin Saifudin(3)(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, I. 2003. ‘’Teknik Pengumpulan dan Analisis Data”, Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian. Bogor
Amelia, Hijriana Rahmah. “Urgensi Bahasa Arab dalam Pedidikan Islam dan Hambatannya dimasa Covid-19”, https://www.academia.edu/ 43897271/Urgensi_pendidikan_bahasa_Arab_dalam_pendidikan_Islam_dan_hambatannya_di_masa_Covid_19. diakses 03 November 2021.
Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Sukabumi: CV Jejak.
Asmawi sujud. 1989. “Matra Fungsional Administrasi Pendidikan.” Yogyakarta: Purbasari.
Bachri, Bactiar S. 2010. “Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif” Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 10 Nomor 1
Choirunnisya. 2011. “Pola Pembelajaran PAI di Sekolah Islam Madrasah dan Pesantren”, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 11 Nomor 1.
Devianti, Rinai. 2017. “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayan.” Jurnal Tarbiyah, Volume 24 Nomor 2.
Effendy, Ahmad Fuad. 2012. “Metodologi Pengajaran bahasa Arab.” Malang. Misykat.
Eli. 2016. “Efektivitas Pembelajaran bahasa Arab Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Menggunakan Metode Tariqah al Intiqaiyyah Pada Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun 2015.”Jurnal Pendidikan Islam. Volume 2 Nomor 1
Fathurrohman, M & Sulistyorini. 2012. “Belajar Dan Pembelajaran: Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional”. Yogyakarta: Teras.
Gani, Saida & Beti A. 2018. “Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Semantik)”, Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, Volume 7 Nomor 1.
Hadi, Sumasno. 2016 “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 22 Nomor 1
Hermawan, Acep. 2011. “Metodologi Pembelajaran bahasa Arab”. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Hifni, Ahmad & Kamil Ramma Oensyar. 2015. “Pengantar Metodologi Pembelajaran bahasa Arab”. Yogyakarta. IAIN Antasari Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online. https://kbbi.web.id/, diakses 03 November 2021.
Mardianto.2012. “Psikologi Pendidikan”. Medan: Perdana Publising.
Muhammad Rifa’I. 2009. “Efektivitas Pembelajaran bahasa Arab dengan Metode The Power of Two di Kelas XA MAN Maguwoharjo Yogyakarta.” Skripsi. Kearsipan Fakultas Tarbiyah. UIN SUKA.
Muradi, Ahmad. 2013. “Tujuan Pembelajara Bahasa Asing di Indonesia”, Jurnal Al Maqoyis, Volume 1 Nomor 1.
Musa A, Muhammad, Ahmad N, & Darul Q. 2019. “Interferensi Fonologis Dan Gramatikal Siswa Kelas Vii Mts N 1 Kudus Dalam Pembelajaran bahasa Arab (Kajian Sosiolinguistik)”, Journal of Arabic Learning and Teaching,Volume 8 Nomor 1
Nasution, Sahkholid. 2017. “Pengantar Lingustik bahasa Arab”. Sidoarjo: Lisan Arabi.
Ninoersy, Tarmizi, Tabrani ZA & Najmul W. 2019. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 pada SMA N 1 Aceh Barat”, Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 5 Nomor 1
Nova Yanti. 2018. “Efektivitas Pembelajaran bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung di SDS Hubulwathan Duri.” ‘Jurnal Al Ishlah. Volume 10 Nomor 2.
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
P.Stephen Robbin. 1995. “Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi.” diterjemahkan oleh Yusuf Udaya. Jakarta: Arcan. Subini, Nini, Dkk. 2012. ” Psikologi Pembelajaran.” Yogyakarta. Mentari Pustaka.
Radliyah Zaenuddin. 2005. “Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran bahasa Arab”. Cirebon: Pustaka Rihlah Grup.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitaty Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sar’an. 2019. “Problematika Pembelajaran bahasa Arab dan Solusinya”, Jurnal At Tasiri’iy. Volume 2 Nomor 2.
Satrio. 2018. “Urgensi Penguasaan Bahasa Arab dalam Studi Islam di Indonesia”, Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, Volume. 1 Nomor. 2
Sawendra, Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Agama. Bali: Nilacakra.
Suriansyah, Ahmad. 2015. “Profesi Kependidikan: Prespektif guru profesional”. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutrisno, “Efektifitas Metode Herbart dan Metode Resitasi dalam Pengajaran bahasa Arab Di MTs Ma’arif NU Bojongsari Purbalingga (Studi Deskriptif Analisis),” Skripsi, Kearsipan Fakutlas bahasa Arab, IAIN Purwokerto, tahun 2003
Syakur, Nazri. 2009. “Kognitivisme Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa”. Yogyakarta. PT.Pustaka Insan Madani.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 20
Uswatun Khasanah. 2016. “Efektivitas Penggunaan Media Scramble untuk Keterampilam Membaca Mata Pelajaran bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang.” Skripsi, Kearsipan Fakultas Bahasa dan Seni. UNNES.
Wahab Risyidi, Abdul & Umi Machmudah. 2008. “Acitive Lerning”. Yogyakarta. UIN Malang Press.
Wulandari, Rindyani Putri,, Urgensi Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam, https://osf.io/2trba/download/?format=pdf, diakses 03 November 2021
Yanti, Nova. 2018. “Efektivitas Pembelajaran bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung di SDS Hubulwathan Duri”. Jurnal Pendidikan. Volume 10 Nomor 2.
Yuliana. 2020. “Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur.” Jurnal Wellnessand Healthy Magazine. Volume 2 Nomor 1.
Yusuf P, Muhammad. 2015. “Efektivitas Pembelajaran Bhasa Arab pada Sistem Asrama (Ma’had Aliy’) di Perguruan Tinggi Islam”, Jurnal Thariqah Ilmiah, Volume 2 Nomor 1
Yusuf, Muri. 2014. “Metode Penelitian: Kuantitaf, Kualitatif dan Metode Gabungan” .Jakarta: Kencana.
Article Metrics
Abstract view(s): 389 time(s)PDF: 163 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.