UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BADAH DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yulia Pratanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Minat merupakan suatu modal yang paling meyakinkan demi keberhasilan suatu proses belajar. Seseorang yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dengan sendirinya akan merasa senang dalam mengikuti pelajaran tersebut. Fenomena yang mendasar di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta pada saat pembelajaran berlangsung, guru menyajikan materi ibadah yang menggunakan metode ceramah, membuat siswa kurang bersemangat. Sebagai bukti, ditemukan sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, mereka cenderung melakukan hal-hal yang tidak mendukung proses pembelajaran, seperti ribut dengan teman sebangku, keluar masuk kelas, dan bahkan ada yang buang kertas untuk dilempar ke teman. Oleh karena itu, seorang guru perlu menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas. Dengan demikian, siswa yang tadinya kurang berminat menjadi lebih berminat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar ibadah di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar ibadah di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan pola pikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar ibadah di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, yaitu: (1) Memulai pelajaran menggunakan cerita yang berhubungan dengan materi yang diajarkan; (2) Memberikan perhatian khusus pada siswa yang mulai jenuh berupa pertanyaan spontan; (3) Menggunakan media pembelajaran, seperti: LCD slide power point dan memutarkan film; (4) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, yaitu: metode demonstrasi (praktek) dan diskusi kelas; (5) Melaksanakan pembelajaran di luar kelas, seperti di lingkungan masjid sekolah; dan (6) Memberlakukan reward and punishment, reward yang diberikan berupa tambahan nilai, dan punishment yang diberikan berupa merangkum materi yang belum dipahami

Keywords

Upaya Meningkatkan, Guru, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References

Afandi, Muhammad. 2016. “Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisassi melalui Metode Talking Stick di Kelas V SDN Balerejo 01”, Jurnal Ilmiah, 3 (Januari). 27.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaludin, Andrian Hanatjo, Abduh Harun. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Inti Lebo”, Jurnal Kreatif Tadulako, 6. 15.

Satori, Djam’an. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsu. 2011. “Strategi Guru PAI dalam Konteks Peningkatan Prestasi Belajar”, Jurnal Ulul Albab, 13 (Januari). 53.

Yulianingsih, Eka. 2014. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak Kelas I MIN Ngestiharjo Wates. Skripsi. Yogyakarta: UIN.

Zaki, Khoirul. 2009. Usaha Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PAI di SD Muhammadiyah Ngijon I Turgenen Sumberagung. Skripsi.Yogyakarta: UIN

Article Metrics

Abstract view(s): 700 time(s)
PDF: 211 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.