Pelatihan Software bagi Komunitas Jurnalisme Warga Semarang

Taruna Budiono(1), Agus Triyono(2*)

(1) Universitas Dian Nuswantoro Semarang
(2) Dian Nuswantoro University
(*) Corresponding Author

Abstract

Jurnalisme Warga telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan jurnalistik sekarang ini. Peristiwa-peristiwa yang biasanya jarang diliput oleh media mainstream sekarang bisa sampai ke masyarakat melalui saluran jurnalisme warga. Perkembangan jurnalisme warga di Indonesia dapat dikatakan menggembirakan yang ditandai dengan banyaknya masyarakat yang membagikan informasi dalam berbagai bentuk, mulai tulisan hingga video melalui media-media sosial. Namun hal ini bukan tanpa masalah, penyebaran informasi oleh masyarakat di media sosial umumnya masih berupa potongan-potongan peristiwa yang tidak utuh, sehingga rawan menimbulkan kesalahpahaman ketika dikonsumsi oleh khalayak. Hal ini disebabkan karena para jurnalis warga tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menyusun berita secara runtut, atau dalam hal berita video mereka tidak memiliki keahlian editing video. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan software bagi para penggiat jurnalisme warga. Kegiatan pengabdian ini melibatkan komunitas jurnalisme warga Semarang sebagai peserta pelatihan. Hasil dari pelatihan ini adalah video berita dengan durasi maksimal 2 menit, yang akan diunggah melalui channel Youtube komunitas citizen journalism Semarang. Dengan pelatihan ini, penggiat jurnalisme warga, khususnya di kota Semarang telah mampu untuk melakukan editing berita sehingga menjadi suatu kesatuan yang runtut sehingga berita yang dihasilkan memenuhi kaidah jurnalistik.

Keywords

Jurnalisme Warga, software, berita

References

Alwi, A. M. (2000). Foto Jurnalistik. Bumi Aksara.

Austerberry, D. (2005). The Technology of Video and Audio Streaming (2nd ed.). Elsevier.

Badjuri, A. (2010). Jurnalistik Televisi. Graha Ilmu.

Dancyger, K. (2007). The Technique of Film and Software (4th ed.). Elsevier.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Fahs, C. (2008). How to do Everything with YouTube. McGraw-Hill.

Radsch, C. & K. D. K. (2012). Adapting Concepts of Media Freedom to a

Changing Media Environment: Incorporating New Media and Citizen Journalism into the Freedom of the Press Index. ESSACHESS Journal for Communication Studies, 5(1).

Sadun, E. (2003). Digital Video Essentials : Shoot, Transfer, Edit, Share. Sybex.

Wahyudi, J. B. (2007). Dasar-Dasar Jurnalistik Radio Dan Televisi. Pustaka Utama Grafiti.

Watkinson, J. (2008). The Art of Digital Video. Elsevier.

Witschge, T. (2009). Street journalists versus “ailing journalists”? http://www.opendemocracy.net/article/street-journalists-as-an-answer-to-ailing-journalism

Article Metrics

Abstract view(s): 331 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 315 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.