Implementasi Hasil Road Safety Audit (RSA) di Ruas Jalan Mayjen Sungkono, Blater, Purbalingga, Jawa Tengah

Gito Sugiyanto(1*), Ari Fadli(2), Mina Yumei Santi(3), Suryo Bagus Pratama(4)

(1) Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Jenderal Soedirman University
(2) Universitas Jenderal Soedirman
(3) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
(4) Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengguna jalan yang paling rentan (vulnerable road users) adalah pejalan kaki, pengguna kendaraan tidak bermotor, anak-anak, dan manusia lanjut usia (manula). Masalah keselamatan lalu lintas tidak hanya terbatas bahwa tidak adanya kecelakaan, namun lebih luas yaitu terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi para pengguna jalan. Berdasarkan kesepahaman internasional mengenai keselamatan lalu lintas yang tertuang dalam Global Road Safety Partnership (GRSP), keselamatan lalu lintas telah melibatkan elemenelemen pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan dan menurunkan angka kematian serta luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas secara berkesinambungan terutama pada negara-negara berkembang dan transisi. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan dengan melakukan dan mengimplementasikan hasil audit keselamatan jalan, melalui jalan yang pemaaf yang mampu meminimalisir keparahan korban apabila terjadi tabrakan (forgiving road), jalan yang mampu menjelaskan maksud tanpa komunikasi (self-explaining road), dan jalan yang mampu menciptakan kepatuhan tanpa peringatan (self-regulating road). Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah perilaku kelalaian manusia (human error) dan tingginya kecepatan kendaraan yang melampaui batas kecepatan yang ditetapkan (speeding). Strategi yang dapat diterapkan dalam rangka mengurangi pelanggaran batas kecepatan maksimum (speeding) yaitu dengan cara membatasi kecepatan maksimum kendaraan. Berdasar hasil analisis dari percentile 85th dan probabilitas tingkat fatalitas pejalan kaki saat ditabrak kendaraan, diperoleh nilai batas kecepatan pada jam masuk/pulang sekolah sebesar 30 km/jam dan 50 km/jam untuk di luar jam sekolah pada medan datar dan lurus. Untuk ruas Jalan Mayor Jenderal Sungkono km 5 di depan Kampus Fakultas Teknik Unsoed Blater sepanjang 150 m ditetapkan nilai batas kecepatan maksimum sebesar 40 km/jam. Hasil analisis audit keselamatan jalan selanjutnya diimplementasikan di lapangan dengan memasang rambu lalu lintas. Penentuan titik lokasi pemasangan rambu batas kecepatan maksimum dan rambu petunjuk penyeberangan jalan dikoordinasikan dan melibatkan pihak Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah V, Dinas Perhubungan, Provinsi Jawa Tengah. Terdapat empat buah rambu lalu lintas yang dipasang di ruas Jalan Mayor Jenderal Sungkono km 5, Blater yaitu dua buah rambu batas kecepatan maksimum 40 km/jam dan dua buah rambu petunjuk penyeberangan jalan.

Keywords

Kecepatan maksimum, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, speeding, audit keselamatan jalan

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (2004). Cetak Biru Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2006). Kajian Kebutuhan Pelaksanaan Keselamatan Jalan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DKTD). (2006). Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Naskah Workshop Manajemen Keselamatan Transportasi Darat. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Fadli, A., Sugiyanto, G., & Zulfa, M.I. (2020). Upaya Mereduksi Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Melalui Penggunaan Sistem Informasi Geografis. Warta LPM, 23(2), 115-128. https://doi.org/10.23917/ warta.v23i2.9895.

Global Road Safety Partnership. (2008). Speed management: a road safety manual for decision-makers and practitioners. Geneva.

Gresnews. (2014). Indonesia urutan Kelima Negara dengan Kecelakaan tewas tertinggi. Gresnews (Koran), 26 Januari 2014. www.gresnews.com/berita/hukum/1530261-Indonesia-urutan-kelima-negaradengan-kecelakaan-tewas-tertinggi.

Hughes, B.P., Anund, A., & Falkmer, T. (2015). System theory and safety models in Swedish, UK, Dutch and Australian road safety strategies. Accident Analysis and Prevention, 74, 271-278. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.aap.2014.07.017.

Indrastanti, S.R., Bayu, A.D., Nursiam, Sari, S.P. & Mukharomah, W. (2010). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Warta LPM, 13(2), 120-127. https:// doi.org/10.23917/warta.v19i3.3228.

Kepolisian Resort Purbalingga. (2018). Data Kecelakaan di Kabupaten Purbalingga Tahun 2016-2017. Purbalingga: Polres Purbalingga (Unpublished).

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 67 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2019). Statistik Perhubungan Buku I 2018. Jakarta: Pustikom Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Khisty, C.J. & Kent, B.L. (2003). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi (Transportation Engineering: An Introduction). Jakarta: Erlangga.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. (2019). Polantas dalam Angka 2018. Jakarta: Korlantas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. (2019). Polantas dalam Angka: Grafik Kelompok Umur Korban. Jakarta: Korlantas Kepolisian Negara Republik Indonesia. http://korlantas.polri.go.id/korlantas/ statistik-2/.

Majid, A. & Mehrzad, M. (2013). Geometric Design Consistency Model Based on Speed and Safety in Rural Highways in Some European Countries: A Review. International Journal of Structural and Civil Engineering Research.

Pratama, S.B. (2019). Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Sekolah Kabupaten Purbalingga. (Unpublished Skripsi). Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Pusat Litbang Prasarana Transportasi. (2005). Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas: Pd.T- 09-2004-B. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Schepers, P., Hagenzieker, M., Methorst, R., Wee, B.V., & Wegman, F. (2014). A conceptual framework for road safety and mobility applied to cycling safety. Accident Analysis and Prevention, 62, 331-340. http://dx.doi.org/10.1016/j.aap.2013.03.032.

Sendow, T. (2004). Analisa Jarak Pandangan di Lengkung Horisontal dan Lengkung Vertikal. (Unpublished Tesis). Program Magister Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Sugiyanto, G. (2008). Biaya kemacetan (congestion charging) mobil pribadi di central business district (studi kasus Kawasan Malioboro Jogjakarta). Media Teknik Sipil, 8(1), 59-66. http://media.sipil. ft.uns.ac.id/index.php/mts/article/view/63/63.

Sugiyanto, G., Malkhamah, S., Munawar, A., & Sutomo, H. (2011). Estimation of congestion cost of motorcycles users in Malioboro, Yogyakarta, Indonesia. International Journal of Civil & Environmental Engineering (IJCEE), 11(1), 56-63. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/ download?doi=10.1.1.207.5872&rep=rep1&type=pdf.

Sugiyanto, G. & Santi, M.Y. (2015). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Pendidikan Keselamatan Berlalulintas Sejak Usia Dini (Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga). Semesta Teknika, 18(1), 65-75. http://journal.umy. ac.id/index.php/st/article/view/707.

Sugiyanto, G. (2016). The impact of congestion pricing scheme on the generalized cost and speed of motorcycle to the city of Yogyakarta, Indonesia. Journal of Engineering and Applied Sciences, 11(8), 1740-1746. http:// medwelljournals.com/abstract/?doi=jeasci.2016.1740.1746.

Sugiyanto, G., Fadli, A., & Santi, M.Y. (2017). Identification of black spot and equivalent accident number using upper control limit method. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 528-535. http://www. arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_0117_5650.pdf

Sugiyanto, G. (2017). Characterization of asphalt concrete produced from scrapped tire rubber. Engineering Journal, 21(4), 193-206. https://doi.org/10.4186/ej.2017.21.4.193.

Sugiyanto, G. (2017). The cost of traffic accident and equivalent accident number in developing countries (case study in Indonesia). ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 389-397. http://www. arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_0117_5631.pdf.

Sugiyanto, G. & Santi, M.Y. (2017). Road traffic accident cost using human capital method (Case study in Purbalingga, Central Java, Indonesia). Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 79(2), 107-116. https:// doi.org/10.11113/jt.v79.5375.

Sugiyanto, G. (2018). The effect of congestion pricing scheme on the generalized cost and speed of motorcycle. Walailak Journal of Science and Technology (WJST), 15(1), 95-106. http://wjst.wu.ac.th/index.php/wjst/ article/view/2347.

Sugiyanto, G. & Malkhamah, S. (2018). Determining the maximum speed limit in urban road to increase traffic safety. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 80(5), 67-77. https://doi.org/10.11113/jt.v80.10489.

Sugiyanto, G., Jajang, & Santi, M.Y. (2019a). The impact of lowering speed limit on mobility and the environment. The 1st International Conference on Material Science and Engineering for Sustainable Rural Development in AIP Conference Proceeding 2094(1) 020019, 1-8. https://doi.org/10.1063/1.5097488.

Sugiyanto, G., Fadli, A., Suciningtyas, R., Indriyati, E.W., & Santi, M.Y. (2019b). Road safety audit at black spot area (Case study in Tlahab Lor, Karangreja, Purbalingga), The 1st International Conference on Material Science and Engineering for Sustainable Rural Development in AIP Conference Proceeding 2094(1) 020020. https:// doi.org/10.1063/1.5097489.

The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME). (2018). Findings from the Global Burden of Disease Study 2017. http://www.healthdata.org/sites/default/files/files/policy_report /2019/GBD_2017_Booklet.pdf.

Treat, J.R., Tumbas, N.S., McDonald, S.T., Shinar, D., Hume, R.D., & Meyer, R.E. (1977). Tri-Level Study of the Causes of Traffic Accidents. Washington: NTHSA.

Wang, X., Yuan, J., Schultz, G.G., & Fang, S. (2018). Investigating the safety impact of roadway network features of suburban arterials in Shanghai. Accident Analysis and Prevention, 113, 137-148. https://doi.org/10.1016/j. aap.2018.01.029.

Article Metrics

Abstract view(s): 528 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 523 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.