Rebranding Koperasi Intako Melalui Program Redecor Showroom dan Pemberdayaan Digital Marketing

Fitria Widiyani Roosinda(1*), Farah Aulia Salshabila(2)

(1) Universitas Bhayangkara Surabaya
(2) Universitas Bhayangkara Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Koperasi INTAKO (Industri Tas dan Koper) merupakan industri kecil yang juga rumah bagi para perajin kulit di Tanggulangin. Sejak terjadinya lumpur Lapindo tahun 2006, industri ini sempat gulung tikar. Banyak perajin yang beralih menjadi buruh pabrik. Kondisi INTAKO mengalami krisis, dikarenakan berkurangnya jumlah perajin dan sedikitnya pembeli. Tak hanya itu, rintangan juga datang dari semakin ketatnya persaingan pasar, terutama pada industri tas. Rintangan dari gelombang barang impor yang murah menjadi pesaing utama bagi perajin di kawasan selatan Sidoarjo ini. Awal tahun 2017, INTAKO mulai berkembang kembali. Para pengurus membuat program yang menarik jumlah pembeli dan membenahi internal. Guna mendukung usaha ini, Universitas Bhayangkara melakukan KKN Tematik di INTAKO. Program yang dilakukan adalah melakukan rebranding berupa mendekor ulang showroom tas, penambahan komponen pendukung untuk display produk serta memberdayakan digital marketing melalui pembuatan akun Instagram beserta konten foto produk. Program ini bertujuan agar meningkatkat branding INTAKO dengan menghasilkan showroom disertai spot foto yang iconic dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada pengurus serta karyawan INTAKO tentang pentingnya penggunaan sosial media sebagai platform untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk. Ada 3 tahap yang dilakukan, yaitu mendekorasi penempatan produk unggulan dari perajin, mengoptimalkan digital marketing melalui pengambilan foto produk, dan pembuatan akun Instagram. Hasil yang didapat, saat ini INTAKO sudah memiliki showroom khusus produk baru dan produk unggulan dan memiliki database digital mengenai foto-foto produk. Media promosi digital ini akan menambah peningkatan jumlah penjualan produk tas kulit dan membuat masyarakat lebih mengenal industri tas dan koper di Tanggulangin, Sidoarjo ini.

Keywords

Rebranding, INTAKO, Digital marketing, Instagram

References

Aini, Q. N. (2016). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Shopping dan Pembelian Tidak Terencana (Survei terhadap Konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 37(1), 164–170.

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2018. Internet Penetration and Behaviour Survey 2018. APJII.

Bate’e MM. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Kaosnias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2 No 2.

Banat, A., & Wandebori, H. S. T. (2012). Store Design and Store Atmosphere Effect on Customer Sales per Visit Economics, Management and Behavioral Sciences.

Banjaransari, Yudhi Gumbiro. 2018. Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Page Down Cloth Maker. Naskah Publikasi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaffey, Dave & Smith, PR. 2013. E-Marketing: Exellence. UK: Butterworth-Heinemann.

Dewi Kurniawati dan Nugraha Arifin, Strategi Pemasaran melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa, Jurnal Simbolika Vol. 1 No. 2, September 2015, hlm. 194.

Hadi Noviono dan Dyah Pelitawati. 2019. Pengaruh Modal Kerja, Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) di Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis Vol. 5 No 2.

Hussain, R., dan Ali, M. (2015). Effect of Store Atmosphere on Customer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies. Vol. 7, No. 2, 35-42.

Isnawati. 2020. Pengaruh Atmosfer Toko terhadap Tanggapan Emosional dan Niat Pembelian Ulang Di Luwes Gading Surakarta.

Kata Data. 2018. Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia? Kata Data. Pranala: https://databoks.katadata.co.i d/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagramdari-indonesia.

Kurniawan, Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pemasaran Modern pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi, Vol 11, No 2, Oktober 2017.

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Mershon, P. 2011. Small Businesses Moving Toward Social Media. Retrieved March 2012, 7 From Social Media Examiner.

Miranda, Sofia. 2017. Pengaruh Instagram sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal JOM FISIP Vol. 4 No.1 –Februari 2017.

M. Hafidz Wahyu A & Eko Agus Basuki Oemar. 2016. Perancangan Desain Grafis Promosi Intako Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 04 Nomor 03.

Muwaffaq, Abid & Hadi, Musthofa. 2018. Pengaruh Desain Interior dan Desain Eksterior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tasya Fashion Malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis Volume:4 Nomor:1, Juni 2018.

Novita Sari. 2018. Analisis Brand Image The Coffee Cafe Bandar Lampung . Stie Gentiaras

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM).

Pramatatya, V., Najib, M., dan Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, Vol. 12, No. 2, 126-136.

Ramadhan, Fadli Harisa. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal. JOM FISIP Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017.

Rifianita, Renata Dini & R.Sugeng Basoeki. 2019. Pengaruh Store Layout dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Seamart Swalayan Malang). J A B Jurnal Aplikasi Bisnis Volume:5 Nomor:3.

Hartono, Rudi., Arifin, Rois & Hufron, Moh. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma.

Setiawati, A. A Diah DanSukawati, Tjok. Gde Raka. 2017. Pengaruh Merchandise dan Atmosfer Gerai terhadap Nilai Hedonik dan Perilaku Pembelian Impulsif di Lippo Mall Kuta. E-Jurnal Manajemen Unud,6(9), pp.5205-523.

Suhartanto, Dwi, Tjetjep Djatnika, Ruhadi & Ni Nyoman Triyuni. 2017. Ritel. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. Sobri. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Utami, Christina Widya. 2012. Manajemen Ritel. Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Vita Dhameria, S. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusitivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIII(1), 1–44.

Wardhana, H. W. K., & Rochmaniah, A. (2008). Pengaruh Display Product Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Ace Hardware Sidoarjo. Jurnal Kanal, 1(1), 1–101.

We Are Social. 2018. 2018 Digital Yearbook: Headline Internet, Social Media, and Mobile Use Data for Every Country in The World. We Are Social.

Wibowo, Bambang Setia & Haryokusumo, Diaz. 2020. Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi Ecommerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Vol 3 No 2.

Article Metrics

Abstract view(s): 1251 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 544 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.