Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak dalam Mengakses Gadget

Wisnu Sri Hertinjung(1*), Adinda Ratna Dwi Septianingrum(2), Yuliana Pratiwi Sumarno Putri(3)

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Gadget menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, sekalipun pada anak prasekolah. Anak prasekolah (Taman Kanak-kanak), merupakan generasi Alfa yang sejak lahir telah berinteraksi dengan teknologi. Namun sebagaimana perangkat teknologi yang lain, gadget selain memiliki manfaat juga memiliki dampak negatif. Penggunaan gadget yang tidak dipantau, dapat membawa dampak yang merugikan bagi tumbuh kembang anak. Peran orang tua dalam mendampingi anak saat menggunakan gadget  menjadi hal yang penting. Hanya saja, masih terdapat  kendala, seperti kurangnya pemahaman orang tua mengenai tumbuh kembang anak prasekolah, dampak positif dan negatif gadget, serta keterbatasan keterampilan orang tua untuk menerapkan aturan yang konsisten terkait penggunaan gadget. Kendala-kendala ini perlu diatasi agar orang tua dapat berperan optimal dan gadget yang digunakan dapat mendukung perkembangan pengetahuan anak.  Dengan demikian, penyuluhan tentang pendampingan penggunaan gadget untuk anak prasekolah perlu dilakukan. Peserta penyuluhan terdiri dari orang tua siswa Baithul Athfal Aisyiah Trangsan 01, guru, dan pengurus Aisyiyah Ranting Trangsan berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi kelompok. Efektivitas penyuluhan ini diketahui dari kuesioner yang diisi sebelum dan sesudah penyuluhan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, diperoleh Z=-3,134 dengan p=0,002 (p<0,05), artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah penyuluhan. Secara kualitatif, mayoritas ibu merasa khawatir ketika anaknya bermain gadget; ibu berharap anak dapat mengurangi kebiasaannya bermain gadget dan menggunakannya sebatas untuk fasilitas belajar. Hal yang mayoritas akan ibu lakukan adalah memberikan batasan waktu, jenis tontonan, dan berusaha dapat mendampingi anak saat bermain gadget.

References

Delima, Rosa, Nevi Kurnia Arianti, dan Bramasti Pramudyawardani. 2015. Identifikasi Kebutuhan Pengguna untuk Aplikasi Permainan Edukasi bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun.” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi 1(April):2443–2229.

Elfiadi. 2018. Dampak Gadget terhadap Perkembangan. Itqan 9(2):97–110.

Herodotou, C. 2018. “Effects on Learning and Development Open Research Online.

Ichsan, B., Wibowo, B. H., & Sidiq, M. N. (2015). Penyuluhan Pentignya Sayuran bagi Anak-Anak di TK Aisyiyah Kwadung, Trowangsan,

Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Warta,18(1) 29-35.

Imanda, Aulia Nur. 2018. “Pengaruh Intervensi Psikoedukasi Interaktif.”

Mulyadi, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Novindra, Nina Kurniah, and Yulidesni. 2017. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):61–80.

Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):1.

Ramadhani, Ria Fatma, Iswinarti Iswinarti, dan Uun Zulfiana. 2019. “Pelatihan Kontrol Diri untuk Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 7(1):81.

Ramanda, Azalia Putri. 2018. “Parent-Child Games untuk Mengurangi Smartphone Addiction Pada Anak Usia 8-10 Tahun.” 1–58.

Santrock, J. W. (2012). Life span development jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sari, Tria Puspita dan Amy Asma Mitsalia. 2016. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin.” Profesi 13(Maret):72–78.

Setianingsih, S., Amila Wahyuni Ardani, dan Fitriana Noor Khayati. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah dapat Meningkatan Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas.” Gaster 16(2):191.

Zaini, Muhammad dan Soenarto Soenarto. 2019. “Persepsi Orang Tua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):254.

Article Metrics

Abstract view(s): 1333 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1087 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.