Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak dalam Mengakses Gadget
Wisnu Sri Hertinjung(1*), Adinda Ratna Dwi Septianingrum(2), Yuliana Pratiwi Sumarno Putri(3)(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Delima, Rosa, Nevi Kurnia Arianti, dan Bramasti Pramudyawardani. 2015. Identifikasi Kebutuhan Pengguna untuk Aplikasi Permainan Edukasi bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun.” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi 1(April):2443–2229.
Elfiadi. 2018. Dampak Gadget terhadap Perkembangan. Itqan 9(2):97–110.
Herodotou, C. 2018. “Effects on Learning and Development Open Research Online.
Ichsan, B., Wibowo, B. H., & Sidiq, M. N. (2015). Penyuluhan Pentignya Sayuran bagi Anak-Anak di TK Aisyiyah Kwadung, Trowangsan,
Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Warta,18(1) 29-35.
Imanda, Aulia Nur. 2018. “Pengaruh Intervensi Psikoedukasi Interaktif.”
Mulyadi, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.
Novindra, Nina Kurniah, and Yulidesni. 2017. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):61–80.
Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):1.
Ramadhani, Ria Fatma, Iswinarti Iswinarti, dan Uun Zulfiana. 2019. “Pelatihan Kontrol Diri untuk Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 7(1):81.
Ramanda, Azalia Putri. 2018. “Parent-Child Games untuk Mengurangi Smartphone Addiction Pada Anak Usia 8-10 Tahun.” 1–58.
Santrock, J. W. (2012). Life span development jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sari, Tria Puspita dan Amy Asma Mitsalia. 2016. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin.” Profesi 13(Maret):72–78.
Setianingsih, S., Amila Wahyuni Ardani, dan Fitriana Noor Khayati. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah dapat Meningkatan Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas.” Gaster 16(2):191.
Zaini, Muhammad dan Soenarto Soenarto. 2019. “Persepsi Orang Tua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):254.
Article Metrics
Abstract view(s): 1644 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 1305 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.