Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Qaryah Tayyibah pada Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

Makhrus Makhrus(1*), Wage Wage(2), A Sulaeman(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemberdayaan masyarakat pedesaan umumnya bertujuan dalam meningkatkkan taraf hidup masyarakat desa. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pelaksana adalah pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan qaryah thayyibah yang mampu memberikan dampak edukatif multi perspektif kepada masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat. Mitra dalam kegiatan ini adalah Desa Datar, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini memfokuskan tig program yakni keagamaan, kepemudaan, dan kesehatan dan ekonomi masyarakat dalam bentuk pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan (advokasi). Hasil dalam proses kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pendampingan keagamaan dilakukan dengan pelatihan pengelolaan zakat. Materi dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian yakni hukum zakat dan manajemen pengelolaan zakat. Pendampingan kepemudaan yang termanifestasi dalam bentuk sosialisasi penyakit menular dan bahaya narkoba bagi remaja dan pengembangan minat dan bakat yang dilakukan cara diskusi dengan pengurus tim kesebelasan Garuda Datar yang diakhiri pemberian perangkat sepak bola. Sementara pendampingan kesehatan dan ekonomi masyarakat yang termanifestasi dalam bentuk adanya kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu, sedangkan untuk peningkatan kesejahteraan taraf hidup masyarakat dilakukan dengan pelatihan diversifikasi pangan yang bertujuan menjadi sumber pangan alternatif diluar bahan pangan utama.

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat; Qaryah Thayyibah; Pelatihan: Multi Perspektif

References

Abulias, MN. Utarini, SR. Winarti, E. (2014). Manajemen Kualitas Media Pendederan Lele pada Lahan Terbatas dengan Teknik Bioflok. Jurnal MIPA, 37(1), 16–21.

Adawiah, R. (2013). Aisyiyah dan Kiprahnya dalam Pembinaan Keluarga Sakinah. Mu’adalah; Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2).

Alwi, S. (1995). Konsep dan Strategi Pemberdayaan Umat Pendekatan Sosial Ekonomi. Majalah Ilmiah Unisia.

Bahrudin, A. (2007). Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. LKIS PELANGI AKSARA.

Ciptaningsih, R., & Nurcahyanto, H. (2018). Kolaborasi Stakeholders dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang). Journal of Public Policy and Management Review, 8(1), 97–112.

Dahl, R. A. (1989). Democracy and its Critics. Yale University Press.

Dardjito, Endo. Nurcahyo, P. J. (2010). Studi tentang Usaha-Usaha Peningkatan Taraf Kesehatan Masyarakat di Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2009. Jurnal Kesmas Indonesia, 3(1), 76–185. https://doi.org/10.18860/ling.v5i1.609

Darwis, V., & Rusastra, I. W. (2016). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Sinergi Program Puap dengan Desa Mandiri Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(2), 125–142.

Hartini, S., Sudrajat, T., & Pratama, T. S. (2018). Pendidikan Narkoba terhadap Pelajar untuk Mewujudkan Generasi Bebas Narkoba. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 359–365. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/viewFile/735/673

jateng.antaranews.com. (n.d.). Dua kurir dan bandar sabu-sabu di Banyumas terancam hukuman mati. https://jateng.antaranews.com/berita/268872/dua-kurir-dan-bandar-sabu-sabu-di-banyumas-terancam-hukuman-mati

Latief, H. (2010). Melayani Umat Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis. In Gramedia Pustaka Utama.

Makhrus. (2018). Dinamika dan Aktivisme Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat. Litera.

Muhammadiyah, D. S. L. (2004). Pedoman Zakat Praktis. Suara Muhammadiyah, Yogyakarta.

PP Aisyiyah. (2012). Panduan Teknis Pelaksanaan Program Qaryah Thayibah. PP Aisyiyah.

Puspita, H. (2016). Aisyiyah dan Ekonomi Kreatif: Usaha Pemberdayaan Perempuan melalui Pengembangan Kewirausahaan Keluarga di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 383–393.

Salman, I. (1995). Peran Organisasi Aisyiyah dalam mewujudkan Keluarga Sakinah di Kalangan Anggota. 27182.

Sodiq, A., & Yuwono, P. (2016). Pola Pengembangan dan Produktivitas Sapi Potong Program Kemitraan Bina Lingkungan di Kabupaten Banyumas dan Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Agripet, 16(1), 56. https://doi.org/10.17969/agripet.v16i1.3861

Subagyo, W., & Wahyuningsih, D. (2015). Peran Kader dalam Memotivasi Ibu Balita Berkunjung ke Posyandu. Soedirman Journal of Nursing, 10(3), 158–166.

Article Metrics

Abstract view(s): 445 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 381 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.